Skip to main content

Pengertian Sistem Operasi Multi User

Pengertian sistem operasi multi user – Dalam sebuah komputer, sistem operasi merupakan program utama yang menghubungkan antara software dengan hardware. Berdasarkan dari jumlah penggunanya, sistem operasi dibedakan menjadi sistem operasi single user dan sistem opoerasi multi user. Untuk yang single user sebelumnya sudah kami bahas, silahkan baca: Pengertian Sistem Operasi Single User. Sedangkan dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tentang apa itu sistem operasi multi user. Seperti apa yang dimaksud sistem operasi multi user? Mari simak penjelasannya tentang pengertian multi user dalam sistem operasi dalam artikel ini. Oh ya di sini juga kami sertakan jenis sistem operasi multi user, dan juga contoh sistem operasi multi user.
Pengertian Sistem Operasi Multi User

Pengertian Sistem Operasi Multi User

Sistem operasi yang dikenal dengan multi user adalah sistem operasi yang dapat memungkinkan beberapa pengguna pada komputer yang berbeda atau terminal untuk mengakses sistem tunggal dengan satu sistem operasi di atasnya. Program-program ini terbilang rumit dan dibutuhkan orang yang dapat melakukan pengelolaan tugas-tugas yang dibutuhkan oleh pengguna yang berbeda.

Sistem operasi multi-user yaitu sebuah sistem di mana lebih dari satu pengguna menggunakan secara bersama satu atau lebih perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan data atau informasi, orang dan prosedur melalui workstation atau masing-masing komputer. Biasanya para pengguna akan berada di terminal atau komputer yang memberikan sebuah akses ke sistem melalui jaringan dan mesin lain pada sistem seperti printer. Sistem operasi multi user sangatlah berbeda dengan sistem operasi single user, di mana setiap pengguna bisa mengakses sistem operasi yang sama pada mesin yang berbeda.

Jadi sistem operasi multi-user memungkinkan lebih dari satu pengguna mengakses sistem komputer pada waktu yang bersamaan. Dimana akses komputer umumnya melalui jaringan, sehingga para user dapat mengakses komputer dari jarak jauh menggunakan terminal atau komputer lain. Dewasa ini bentuk terminal umumnya dibangun dari PC biasa dan menggunakan jaringan untuk mengirim dan menerima informasi dari sistem komputer multi-user. Contoh sistem operasi multi-user diantaranya adalah UNIX, Linux, IBMAS400, Windows NT Server, dll.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis Sistem Operasi Multi User

  • Sistem operasi multi user single tasking adalah satu komputer bisa digunakan oleh banyak pengguna tetapi setiap pengguna hanya dapat menjalankan 1 aplikasi (program) di satu waktu.
  • Sistem operasi multi user multi tasking adalah satu komputer digunakan secara bersamaan oleh banyak pengguna yang bisa menjalan banyak program (aplikasi) di satu waktu.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Sistem Operasi Multi User

  • Contoh multi user single tasking adalah Novell Netware yang menjalankan SO Network berbasis DR-DOS.
  • Contoh sistem operasi multi user dan multi tasking adalah Linux, Unix, FreeBSD (SO turunan Unix), Windows dengan aplikasi Citrix Metaframe dan lain-lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Seperti itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian sistem operasi multi user. Semoga apa yang kami jelaskan di dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar