Skip to main content

Pengertian Homepage dan Fungsinya pada sebuah Website

Pengertian homepage dan fungsinya – Biskah kamu menjelaskan apa itu homepage? Bagi kamu yang sering browsing dan membuka sebuah website di internet tentunya sudah tidak asing lagi dengan apa itu yang dimaksud dengan homepage, dan pastinya sudah tahu seperti apa pengertian tentang homepage tersebut. Namun bagi kamu yang masih awam dengan internet tentunya belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan homepage. Untuk itulah pada kesempatan ini kami akan membahas tentang pengertian dan fungsi homepage dalam web. Pembahasan ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari pengertian homepage. Oke langsung saja silahkan simak pengertian dan fungsi dari homepage berikut ini.

Pengertian Homepage dan Fungsinya

Pengertian Homepage

Pengertian homepage adalah halaman utama, halaman pertama, halaman pembuka dari suatu Website/ situs web. Hompage merupakan halman yang paling penting pada suatu website karena merupakan halaman utama dan halaman yang di index terlebih dahulu oleh search engine sebelum halaman-halaman yang lain pada suatu website. Atau definisi dari homepage yaitu halaman utama atau bagian depan dari sebuah web yang dapat memudahkan navigasi ke halaman-halaman lain dalam web tersebut.

Pada saat mengakses halaman homepage sebuah website, biasanya kita bisa memilih ke halaman mana yang akan kita tuju. Halaman homepage biasanya merupakan website pada domain utama dan terdapat informasi selanjutnya pada sub-domain sub-domain yang sudah dibuat secara lebih spesifik. Tujuannya yaitu untuk mengorganisir content dalam website agar mudah ditemukan dan dilihat oleh pengunjung website.

Namun ada pula beberapa website yang memang dibuat dengan menggunakan CMS (Content Management System) hampir setiap halamannya seperti homepage, sebab pada setiap halaman terdapat tombol navigasi khusus yang dapat mengarahkan kita menuju ke halaman yang ingin kita akses.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Homepage Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian homepage menurut para ahli.

  • Pengertian homepage menurut Ivan, homepage merupakan web page, tetapi mempunyai keistimewaan yaitu diletakkan sebagai web page pembuka (yang pertama kali tampil pada saat pengunjung mengunjungi alamat web).
  • Pengertian homepage menurut sunarto, bahwa homepage adalah halaman pertama/ pembuka dari sekian banyak halaman web yang terdapat dalam suatu website.
  • Pengertian homepage menurut Yuhefizar, homepage ialah halaman awal sebuah domain.
  • Pengertian homepage menurut Adhi Prasetio, bahwa homepage yaitu halaman utama yang terdapat pada website yang kamu bangun.
  • Pengertian homepage menurut MADCOMS, homepage yaitu halaman utama suatu website yang di dalamnya memuat informasi singkat tentang apa isi dari website tersebut.
  • Pengertian homepage menurut Erima Oneta & Yosep. S, homepage merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut halaman pertama web yang berisi daftar isi dari sebuah web, yang akan tampil apabila situs web tersebut diakses.
  • Pengertian homepage menurut Lia Kuswayanto, bahwa homepage merupakan halaman awal dari sebuah website atau webpage yang isinya informasi dari website tersebut.
  • Pengertian homepage menurut Juharis Raul, homepage adalah halaman yang tampil pertama dari sebuah situs web ketika situs web tersebut diakses.
  • Pengertian homepage menurut Rahmat Putra, hompage ialah website yang secara otomatis akan di load begitu kita menjalankan browser pertama kali.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Homepage

Fungsi dari sebuah homepage adalah sebagai berikut ini:

  • Sebagai halaman utama dari sebuah website/ situs web.
  • Untuk menampilkan dan mengakses halaman awal sebuah website.
  • Untuk menampilkan topik fitur.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah pembahasan tentang pengertian homepage dan fungsinya yang dapat kami tuliskan. Semoga pengertian singkat homepage dan fungsinya yang kami bahas dalam blog temukan pengertian tersebut dapat memberikan manfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar