--> Skip to main content

Pengertian Hoax dan Ciri cirinya, Cara Nngecek & Contoh Hoax

Pengertian hoax dan ciri cirinya - Kegiatan berselancar di internet tentunya sering kita lakukan untuk mencari sebuah informasi. Namun ada hal yang perlu dihindari dalam mencari informasi di internet yaitu informasi yang hoax. Apa itu hoax? Seperti apakah hoax itu? Bagi kamu yang belum tahu tentang apa yang dimaksud hoax, maka pada pembahasan ini kamu bisa menemukan jawaban tentang apa yang dimaksud dengan hoax. Karena di sini akan kami bahas arti dari hoax atau definisi hoax secara umum juga pengertian hoax menurut para ahli. Tidak hanya itu di sini juga kami sertakan ciri-ciri hoax dan tentang bagaimana cara mengecek hoax beserta contoh hoax.

Pengertian Hoax dan Ciri cirinya

Pengertian Hoax

Pengertian hoax dan asal usulnya - Pengertian hoax adalah adalah suatu pemberitaan palsu / pemberitahuan yang tidak jelas sumbernya dan biasanya isinya tidak benar. Hoax merupakan suatu usaha untuk menipu pembaca untuk mempercayai sesuatu tujuan tertentu, padahal yang membuat berita palsu tersebut mengetahui bahwa berita tersebut adalah palsu.

Secara bahasa arti hoax adalah cerita bohong, lelucon kenakalan, olokan, kenakalan, menipu, membohongi, mempermainkan, memperdaya dan memperdayakan. Jadi secara singkatnya definisi hoax adalah berita bohong, informasi palsu atau fakta yang direkayasa atau diplintir untuk tujuan lelucon hingga serius (politis).

Umumnya hoax bertujuan untuk having fung atau humor. Tetapi, hoax juga dapat digunakan sebagai alat propaganda untuk tujuan politis, misalnya yaitu untuk melakukan sebuah pencitraan atau sebalinya,, membuat menjadi buruk citra seseorang atau suatu kelompok tertentu.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Hoax dapat dengan cepat tumbuh dan berkembang seiring dengan popularitas media sosial. Dengan media sosial semua orang bisa menjadi publisher atau penyebar sebuah berita, bahkan bertia yang dia buat sendiri, hingga berita-berita hoax. Misalnya menyebarkan sebuah berita hoax melalui media internet dengan menggunakan media facebook,  twitter, blog, e-mail, , di forum dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Hoax Menurut Para Ahli

Beberapa definisi hoax menurut para ahli adalah sebagai berikut ini.

  • Pengertian hoax menurut wikipedia adalah informasi yang sesungguhnya tidaklah benar, namun dibuat seakan-akan benar adanya.
  • Pengertian hoax menurut kbbi (Kamus Besar Bahasa Indonesia), hoax diterjemahkan menjadi hoaks yang artinya “berita bohong”.
  • Pengertian hoax menurut kamus jurnalistik, hoax merupakan berita yang tidak benar, yang menyesatkan dan dapat menyebabkan pencemaran nama baik kepada pihak yang terkait.
  • Pengertian hoax menurut Werme, hoax yaitu sebuah berita yang di dalamnya mengandung unsur kebohongan dalam menyampaikan informasi, melakukan penyesatan kepada orang dalam menyebarkan informasi dengan tujuan dan maksud tertentu, yang disajikan dalam bentuk yang seolah-olah nyata dan terbukti.
  • Pengertian hoax menurut Silverman, bahwa hoax adalah runtutan informasi yang mempunyai unsur kesengajaan dalam melakukan penyesatan dan penyebaran informasi, tetapi dianggap benar dan dijual atas nama kebenaran.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri-ciri Hoax

Ciri ciri informasi hoax adalah sebagai berikut ini:

  • Tidak memiliki sumber berita yang jelas. Hoax di media sosial umumnya pemberitaan media yang tidak terverifikasi, tidak berimbang serta lebih cenderung menyudutkan pihak tertentu.
  • Dapat mengakibatkan kecemasan, kebencian bahkan permusuhan.
  • Bermuatan fasisme atas nama ideologi, judul, pengantarnya bersifat provokatif, memberikan penghukuman serta menyembunyikan fakta maupun data yang sebenarnya.
  • Terlihat konyol dan meragukan.
  • Ciri khas lainnya yaitu adanya huruf tebal (Bold), HURUF KAPITAL, terdapat banyak tanda seru, dan tidak menyebutkan sumber informasi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Mengecek Hoax

Cara mengecek foto hoax cukup mudah terutama apabila berupa gambar atau foto. Untuk melakukannya bisa dengan cara mengecek foto hoax di google  yaitu dengan membuka Google Image. Kemudian klik icon kamera dan uploadlah gambar yang akan kamu cek atau copy paste url/ link gambar yang akan kamu cek kebenarannya.

Cara mengecek berita itu hoax atau bukan jika berupa link, kamu cek URL-nya dan cek kredibilitas situsnya dengan cara mengidentifikasi pemilik situs atau admin dari website tersebut pada menu atau halaman “Tentang Kami atau “About Us”.

Cara mengecek video hoax yang beredar di youtube bisa dengan menggunakan YouTube DataViewer, merupakan sebuah perangkat bantuan yang dapat kamu akses melalui situs organisasi Amnesty International. Cara menggunakannya cukup mudah tinggal memasukkan url video yang akan dicek, maka perangkat tersebut bisa memberikan informasi terkait dengan waktu upload video dan semua gambar thumbnail yang digunakan. Uniknya informasi tersebut tidak akan mudah ditemukan, bahkan dengan mencarinya melalui YouTube sendiri.

Selain itu untuk melacak foto atau video hoax bisa dengan melihat data EXIF foto dan video. Data EXIF (Exchangeable Image File) adalah data yang mencakup metadata jenis kamera yang digunakan untuk mengambil, tanggal, waktu serta lokasi dibuatnya. Cara mengetahui data EXIF yaitu bisa dengan memanfaatkan Jeffrey’s Exif Viewer yang merupakan sebuah perangkat pembaca data EXIF berbasis website.

Apabila informasi yang diduga hoax diperoleh dari WA (WhatsApp), kamu tanyakan kepada pengirimnya, dari mana dia mendapatkan informasi tersebut. Apabila jawabannya, “copas dari grup sebelah” ata “kiriman dari teman” perlu diwaspadai juga kalau itu hoax, jadi jangan langsung percaya perlu diselidiki terlebih dahulu.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Hoax

Contoh pemberitaan palsu (hoax) yang paling umum salah satunya yaitu mengklaim sesuatu kejadian atau barang dengan suatu sebutan yang berbeda dengan kejadian/ barang yang sebenarnya.

  • Contoh hoax dalam pemilu misalnya perhitungan hasil Quick Count yang dimenangkan oleh salah satu capres, yang sebenarnya capres tersebut kalah.
  • Contoh hoax politik misalnya isu bahwa presiden Indonesia yang sekarang tidak pernah mengutamakan kepentingan masyarakat.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian hoax dan ciri cirinya beserta cara mengecek hoax dan contoh hoax. Semoga apa yang sudah kami bagikan di blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar