Skip to main content

Pengertian Login dan Contoh Login

Pengertian login - Ketika kita berinteraksi dengan komputer atau internet, terkadang kita dihadapkan dengan yang namanya login. Misalnya ketika kita akan mengecek email yang masuk, kita harus login terlebih dahulu ke akun email. Ketika kita akan menggunakan sosial media untuk berinteraksi kita juga harus login ke akun media sosial tersebut. Lalu apa itu login? Bisakah kamu menjelaskan definisi login atau arti dari login? Bagi kamu yang belum tahu seperiti apakah login itu, maka kamu bisa menyimak pembahasan ini agar bisa paham seperti apa yang dimaksud dengan login. Untuk menambah pemahaman di sini juga kami tamahakan contoh login.

Pengertian Login
Menu Pembahasan

Pengertian Login

Arti login adalah adalah log masuk. Login biasanya disebut sebagai log in, logon, log on, signin, sign in. Lalu apa pengertian dari login? Pengertian login adalah proses masuk ke jaringan komputer dengan memasukkan identitas akun minimal terdiri dari username/akun pengguna dan password untuk mendapatkan hak akses. Antara username dan password keduanya saat digunakan untuk login harus tepat jangan sampai salah ketik, karena keduanya saling terkait dan tidak bisa dipisahkan. Biasanya username/akun pengguna tidak pernah diubah karena merupakan identitas unik, tetapi password/ kata sandi dapat diubah sesuai keperluan untuk menjaga keamanan akun.

Atau definisi login adalah menu yang digunakan untuk masuk ke dalam sebuah aplikasi atau sebuah web. Jika kamu sudah melakukan proses sign up pada sebuah aplikasi atau web, maka kamu bisa masuk ke aplikasi atau web tersebut dengan cara memasukan email atau username pada kolom username, dan memasukan password pada kolom password.

Dapat pula dikatakan pengertian dari login adalah sistem keamanan komputer yang berupa proses pintu masuk bagi pengguna untuk dapat mengakses sistem komputer. Login dimaksudkan untuk mengatur proses identifikasi. Proses login membutuhkan hal yang spesifik tertentu, yaitu username dan password. Selain itu semakin majunya teknologi, maka proses login dapat diperketat dengan enkripsi secara hardware, misalnya dengan penggunaan sidik jari, retina mata, dan deteksi wajah.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Login

Ketika kamu ingin membuka dan menggunakan sebuah akun gmail, kamu harus login terlebih dahulu dengan cara memasukan alamat gmail dan password yang sebelumnya telah kamu daftarkan, lalu tekan masuk/ login. Jika alamat gmail dan password yang kamu masukan benar dan sesuai, maka kamu berhasil login dan bisa menggunakan akun gmail tersebut untuk berbagai keperluan.

Ketika kamu ingin menggunakan sosial media misalnya facebook, twitter, instagram untuk berkomunikasi dengan teman-temanmu di sosial media, maka kamu harus login dengan cara memasukan username (dapat juga berupa alamat email atau no hp) dan memasukan pasword yang seblumnya telah kamu daftarkan, kemudian klik masuk/ log in. Jika username dan password yang kamu masukan benar maka kamu akan berhasil login ke akun yang kamu miliki dan kamu bisa menggunakannya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang pengertian login dan contoh login. Semoga apa yang sudah kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini bisa menambah pengetahuan kita.

Buka Komentar
Tutup Komentar