Skip to main content

Pengertian Upload dan Contohnya - Tujuan Manfaat Cara Upload

Pengertian upload dan contohnya – Berbicara tentang internet, pasti tidak akan luput dari yang namanya kegiatan upload. Apa yang dimaksud dengan upload? Seperti apakah upload itu? Kami yakin pasti teman-teman sudah sering melakukan apa itu upload. Nah bagi teman-tamn yang ingin tahu seperti apa definisi dari upload, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang arti upload. Pembahasan ini tidak hanya berfokus pada pengertian upload saja tetapi juga membahas contoh upload, tujuan upload, manfaat upload dan cara upload file di internet. Nah berikut ini adalah penjelasan tentang upload tersebut.

Pengertian Upload dan Contohnya

Pengertian Upload

Upload dapat juga disebut dengan Unggah, Upload merupakan kebalikan dari Download. Pengertian Upload adalah proses mengirim file yang tersimpan dari komputer lokal ke komputer sistem jaringan Internet. Secara umum upload dapat diartikan sebagai proses transmisi data dari pemakai komputer/komputer client ke jaringan internet.

Atau upload adalah mengunggah file atau data (bisa berupa dokumen, foto, audio, video) dari komputer pribadi ke sebuah sistem server, dan file atau data tersebut akan dipublikasikan di internet, sehingga data yang telah diupload tersebut dapat dilihat, di download (diambil) oleh orang lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Upload

Contoh Upload yang biasa kita lakukan pada facebook kita sering memasang /mempublikasikan foto, nah proses memasang foto itu namanya upload/ mengunggah, file yang di upload itu bisa di download dan disimpan oleh pengguna komputer lain yang sedang terkoneksi Internet dengan catatan file yang di upload tidak diproteksi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan Upload

Tujuan dari upload adalah supaya pengguna internet yang berada di dunia bisa melihat, memanfaatkan atau menggunakan file yang kita upload. Hal tersebut dapat kita contohkan orang lain yang dapat menikmati karya tulisan dalam bentuk data atau file yang kita pajang pada blog, media sosial atau media lainnya. Selain itu tujuan upload yaitu untuk menyimpan data pada sebuah server agar apabila kita kehilangan data tersebut pada komputer kita, kita bisa mencarinya kembali pada server tersebut.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Upload

Manfaat upload file yaitu kita bisa menghemat memori yang diperlukan untuk menyimpan sebuah file karena file kita pindahkan dengan cara upload ke dalam sebuah server yang menyediakan penyimpanan data atau file. Selain itu file yang telah kita upload sewaktu-waktu bisa kita ambil lagi dengan cara mendownloadnya. Manfaat lainnya yaitu kita tidak perlu khawatir jika file yang kita simpan pada komputer atau flash disk atau penyimpanan lain terhapus/ rusak karena file yang kita upload tersebut akan lebih aman dan bisa kita dowload sewaktu-waktu.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Upload File di Internet

Apabila kita ingin mengupload, terlebih dahulu kita hubungkan perangkat komputer atau handphone ke internet, kemudian pilih penyimpanan server yang kamu sukai, seperti google drive, drop box, 4shared, onedrive, mediafire, media sosial dan masih banyak yang lainnya. Setelah memilih server yang kamu sukai, kamu harus membuat akun dengan menggunakan email kamu. Setelah kamu mempunyai akun, kamu dapat mengupload file ke server tersebut.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan dari kami tentang pengertian upload, bagaimana sekarang kamu sudah mengerti kan? Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian tersebut bisa memberikan manfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar