Skip to main content

Pengertian Variabel Moderator dan Contohnya serta Tujuannya

Pengertian variabel moderator dan contohnya – Sebuah penelitian akan bisa berjalan jika ada sebuah variabel. Variabel sendiri ada banyak jenisnya. Nah pada pembahasan ini yang akan kami bahas adalah tentang apa itu variabel moderator. Sebelumnya teman-teman sudah tahukah kamu dengan apa yang dimaksud variabel moderator? Jika belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan variabel moderator, maka teman-teman bisa membaca penjelasan tentang definisi variabel moderator di sini. Di sini selain kami jelaskan arti variabel moderator, juga kami berikan contoh variabel moderator dan juga tujuan variabel moderating untuk memperdalam pengetahuan kita tentang variabel moderator. Oke bagi yang penasaran silahkan baca pengertian variabel moderating dan contohnya serta tujuannya berikut ini.

Pengertian Variabel Moderator dan Contohnya

Pengertian Variabel Moderator

Variabel Moderator adalah hubungan antara variabel Independen (bebas) dengan variabel dependen (terkait). Terkadang dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya yang tidak dimasukkan dalam model statistic yang kita pakai. Variabel moderator dapat digunakan untuk memperkuat hubungan antar variable, selain itu juga dapat untuk memperlemah hubungan antara satu atau beberapa variabel bebas dan variabel terkait.

Dengan kata lain variabel moderator dalam penelitian adalah variabel pihak ketiga yang memodifikasi hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Atau dapat pula di definisikan bahwa, variabel moderator atau variabel moderating adalah variabel yang dapat mempengaruhi (memperkuat dan memperlemah) hubungan antara variabel independen dan variabel dependen.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Variabel Moderator

Contoh variabel moderator adalah sebagai berikut:

  • Apabila suku bunga simpanan dinaikkan, maka masyarakat akan banyak yang menabung. Masyarakat tidak mempunyai sisa uang untuk ditabung atau masyarakat kurang percaya pada bank.
  • Jika harga emas turun, maka masyarakat akan banyak yang membeli emas. Masyarakat tidak mempunyai emas atau masyarakat tidak ingin membeli emas jika harganya mahal.
  • Hubungan motivasi dan prestasi belajar akan semakin kuat jika peran guru dalam menciptakan lingkugnan belajar sangat baik. Hubungan akan semakin rendah jika peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar kurang baik.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan Variabel Moderating (Moderator/ Moderasi)

Tujuan variabel moderasi adalah untuk mengukur kekuatan hubungan antara Variabel independen dengan variabel dependen. Misalnya, jika umur adalah (variabel moderator) antara gaji (variabel independen) dan biaya pemeriksaan kesehatan (variabel dependen), maka hubungan antara gaji dengan biaya pemeriksaan kesehatan akan lebih besar untuk orang yang lebih tua dibanding dengan orang yang lebih muda.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan tentang pengertian variabel moderator dan contohnya serta tujuannya. Semoga apa yang kami tulis tentang pengertian variabel moderasi dan contohnya di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar