Skip to main content

Pengertian Variabel Kontrol dan Contohnya dan Macam-macamnya

Pengertian variabel kontrol dan contohnya – Variabel merupakan sesuatu yang sangat penting dalam penelitian. Dengan adanya variabel maka dapat mempermudah dalam menganalisis suatu permasalahan dalam penelitian. Variabel sendiri ada beragam jenisnya salah satunya yaitu variabel kontrol. Lalu apa itu variabel kontrol dalam penelitian? Seperti apakah variabel kontrol itu? Nah arti dari variabel kontrol inilah yang akan kami bahas agar teman-teman bisa tahu seperti apa yang dimaksud variabel kontrol itu. Selain itu di sini juga kami tambahkan penjelasan tentang definisi variabel kontrol menurut para ahli, contoh variabel kontrol juga macam macam variabel kontrol. Oke langsung saja berikut ini adalah definisi variabel kontrol dan contohnya beserta macam-macamnya.

Pengertian Variabel Kontrol dan Contohnya

Pengertian Variabel Kontrol

Pengertian variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan/ dibuat konstan sehingga pengaruh variabel Independen/ variabel bebas terhadap variabel dependen/ variabel tergantung, tidak dapat dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Jika akan melakukan penelitian yang sifatnya perbandingan/ komparatif biasanya peneliti menggunakan variabel kontrol.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Variabel Kontrol Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi variabel kontrol menurut para ahli yang perlu kita ketahui. Berikut ini adalah beberapa pengertian variabel kontrol menurut ahli:

  • Pengertian variabel kontrol menurut Sugiyono (2014 :41), bahwa variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak sedang diteliti.
  • Pengertian variabel kontrol menurut Statistic How to, variabel kontrol itu mengacu pada variabel/ faktor yang berkonstribusi yang dihilangkan atau diperbaiki untuk secara jelas mengidentifikasi hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.
  • Pengertian variabel kontrol menurut Business Dictionary, bahwa variabel kontrol yaitu sebuah variabel yang konstan untuk memperjelas dan menilai hubungan antara 2 variabel lain. Variabel kontrol tidak dapat disamakan dengan variabel yang dikontrol (variabel independen).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Variabel Kontrol

Terdapat beberapa contoh variabel kontrol dalam penelitian yang telah kami tuliskan di sini. Contoh variabel kontrol adalah sebagai berikut ini:

  • Pada situasi kerja tertentu (variabel kontrol), pelaksanaan 6 hari kerja per minggu (variabel bebas), akan mendorong peningkatan produktifitas kerja karayawan per jam kerja, terutama karyawan yang masih muda (variabel tergantung).
  • Pengaruh banyaknya pupuk yang digunakan terhadap hasil produksi jagung manis. Pada penelitian tersebut, maka yang menjadi variabel kontrol yaitu tanah, air dan cahaya matahari.
  • Perbedaan sales force (tenaga penjual) yang lulusan D3 dengan S1. Maka harus ditetapkan variabel kontrolnya terlebih dahulu. Variabel kontrolnya bisa berupa lingkungan kerja yang sama, peralatan yang sama, dan gaji yang sama. Jadi variabel kontrol ini untuk memudahkan dalam menentukan perbedaan.
  • Perbedaan hasil belajar siswa SD Negeri dengan siswa SD Swasta. Maka dibutuhkan variael kontrol: kelas siswa, usia, dan pada materi pelajaran apa. Jadi variabel kontrol ini untuk mempermudah dalam menentukan perbedaan dan berfokus pada hasil belajar.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam macam Variabel Kontrol

Jenis jenis variabel kontrol itu ada 4 macam, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Variabel Pendahulu (Antecendent Variable)

Variabel pendahulu adalah variabel yang memiliki kedudukan sebagai variabel yang mendahului terjadinya variabel bebas. Variabel jenis ini merupakan variabel yang dapat mengakibatkan perubahan variabel bebas. Jika jenis variabel ini dihilangkan, maka hubungan antara variabel independen (bebas) dengan variabel dependen (terkait) tidak akan berubah atau tidak akan hilang.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Variabel Antara (Intervening Variable)

Variabel antara adalah variabel yang memiliki kedudukan sebagai variabel yang berbeda di antara variabel independen dan variabel dependen. Hubungan antara variabel independen dengan dependen bergantung pada variabel ini karena variabel independen harus mempengaruhi variabel intervening terlebih dahulu baru setelah itu variabel intervening bisa mengakibatkan terjadinya perubahan pada variabel dependen.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

3. Variabel Penekan (Suppressor Variable)

Variabel penekan adalah sebuah variabel yang bisa mengubah hubungan. Mulanya variabel independen dan variabel dependen tidak ada hubungan, namun setelah adanya variabel ketiga, maka hubungan antara variabel independen dengan dependen menjadi terlihat.

Contohnya, sebenarnya hubungan antara variabel jarak rumah dengan puskesmas dengan variabel frekuensi kunjungan ke puskesmas itu tidak ada. Namun setelah adanya variabel ketersediaan sarana kesehatan alternatif akan terlihat adanya hubungan antara jarak rumah dengan puskesmas dengan variabel frekuensi kunjungan ke puskesmas.

Wilayah yang memiliki berbagai sarana kesehatan alternatif, menyebabkan frekuensi kunjungan ke puskesmas akan menjadi lebih kecil, walaupun jarak rumah dengan puskesmas tidak begitu jauh, begitu pula sebaliknya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

4. Variabel Pengganggu (Distorter Variable)

Variabel pengganggu adalah variabel yang dapat menyebabkan hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen menjadi negatif, yang mulanya hubungan antara variabel independen dan dependen adalah hubungan yang positif.

Apabila minat terhadap tugas meningkat, maka kinerja dalam mengerjakan tugas akan semakin meningkat.

  • Minat terhadap tugas (variabel independen/ bebas).
  • Kinerja dalam mengerjakan tugas (variabel dependen/ terkait).
  • Proses belajar (variabel distorter/ pengganggu).

Penjelasan: Apabila mahasiswa tertarik dengan tugas yang diberikan dosen, maka hasilnya akan semakin baik. Besar kecilnya kinerja dipengaruhi oleh minat, begitupula hasil akhir pengerjaan tugas dipengaruhi oleh faktor mahasiswa mau belajar terlebih dahulu atau tidak sebelum mengerjakan tugas tersebut. Dengan mempunyai minat yang tinggi dan juga persiapan yang baik, maka kinerja akan semakin meningkat.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang cukup singkat tentang pengertian variabel kontrol dan contohnya beserta jenisnya. Semoga pembahasan pengertian variabel kontrol beserta contohnya di atas dalam blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar