Skip to main content

Pengertian Extraneous Variable (Luar Biasa) dan Contohnya

Pengertian Extraneous Variable (Variabel Luar Biasa) - Variabel merupakan karakteristik yang akan diobservasi dari satuan pengamatan dalam sebuah penelitian. Jadi variabel merupakan sesuatu yang sangat penting dalam penelitian. Variabel sendiri ada beraneka macam jenisnya salah satunya yaitu extraneous variable (Variabel Luar Biasa). Nah dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang arti extraneous variables beserta degnan contoh extraneous variable. Langsung saja, berikut ini adalah pembahasannya.

Pengertian Extraneous Variable

Pengertian Extraneous Variable (Variabel Luar Biasa)

Variabel Luar Biasa atau yang disebut dengan extraneous variable adalah variabel yang jumlahnya hampir tidak terbatas dan dapat mempengaruhi hubungan tertentu. Extraneous variable merupakan variabel tambahan yang terkadang perlu untuk ditinjau ulang untuk memahami dan menjelaskan suatu hubungan antara variabel yang sudah ada. Terkadang juga variabel extraneous diambahkan oleh seorang peneliti sebagai “teks faktor” yang berfungsi untuk membantu sebuah analisis antara 2 faktor lain (variabel independen dan variabel dependen).

Bisa juga di definisikan bahwa extraneous variabel adalah variabel yang diabaikan pengaruhnya variabel terkait, dikarenakan pengaruhnya dianggap tidak signifikan. Variabel luar biasa merupakan faktor-faktor dalam lingkungan penelitian yang mungkin mempunyai efek terhadap variabel dependen/ terkait, namun tidak diketahui keberadaannya. Variabel luar biasa (Extraneous) sangat berbahaya karena bisa merusak validitas sebuah penelitian. Apabila memang tidak bisa dikendalikan, variabel ini setidaknya harus dipertimbangkan pada saat menafsirkan hasil.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Extraneous Variable (Variabel Luar Biasa)

Contoh variabel extraneous adalah sebagai berikut ini:

  • Dalam kerja rutin (Pengendali), pemberlakukan 4 hari kerja dalam seminggu (variabel Independen/ bebas), akan meningkatkan produktifitas lebih tinggi (variabel dependen/ tergantung), khususnya para pekerja yang masih muda.
  • “Hubungan jumlah nelayan dengan jumlah ikan yang ditangkap”. Keberadaan hubungan tersebut bisa diuji terhadap variabel extraneous seperti iklim pada saat itu, modernisasi alat penangkapan yang digunakan oleh nelayan dan lain-lain.
  • “Nilai yang dicapai oleh Mahasiswa dalam Perkuliahan Metodologi Penelitian” (Variabel dependen), di duga dipengaruhi IQ-nya (variabel independen),maka variabel lainnya yang diduga berpengaruh terhadap “nilai” dimaksud tetapi pengaruhnya dianggap kecil (negligible) sehingga tidak berarti (nonsignificant) seperti “Penggunaan Ruangan yang ber-AC”, itu diabaikan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang sudah kami tulis tentang pengertian extraneous variable (Variabel Luar Biasa) dan contohnya. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar