Skip to main content

Pengertian Kreativitas dan Contohnya serta Ciri-cirinya

Pengertian kreativitas dan contohnya – Dalam kehidupan ini kreativitas merupakan sesuatu yang sangat penting, karena kreativitas itu sangat berarti sekali dalam proses kehidupan manusia. Setiap manusia pasti mempunyai potensi kreativitas, lalu apa itu kreativitas? Nah bagi teman-teman yang belum tahu tentang apa yang dimaksud kreativitas, maka di sini bisa kalian temukan tentang definisi kreativitas, selain itu di sini juga kami bahas tentang pengertian kreativitas menurut para ahli, ciri ciri kreativitas dan juga contoh kreativitas.

Pengertian Kreativitas dan Contohnya

Pengertian Kreativitas

Pengertian kreativitas adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh individu/ seseorang untuk memahami keadaan/dunia, dalam menginterprestasikan pengalaman dan memecahkan masalah dengan cara yang baru dan asli (membuat/ menciptakan suatu hal yang baru yang bermanfaat ).

Atau arti kreativitas adalah sebuah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, untuk memberi ide kreatif dalam memecahkan masalah atau suatu kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan yang baru antara unsur-unsur yang sebelumnya sudah ada. Karena kreativitas merupakan hasil dari proses berpikir kreatif yang dilakukan oleh seseorang, sehingga Berpikir kreatif sangat erat hubungannya dengan kreativitas.

Jadi intinya kreativitas adalah kemampuan menciptakan sesuatu yang baru, baik itu gagasan maupun karya yang nyata yang relatif berbeda dengan apa yang sudah ada sebelumnya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli

Terdapat arti kreativitas menurut para ahli, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Pengertian Kreativitas Menurut Widayatun

Bahwa kreativitas menurut widayatun adalah sebuah kemampuan untuk memecahkan suatu masalah, yang memberikan seorang individu menciptakan ide-ide asli atau adaptif fungsi kegunaannya untuk berkembang secara penuh.

Pengertian Kreativitas Menurut Conny R Semiawan

Bahwa kreativitas menurut semiawan yaitu suatu kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan yang baru dan menerapkannya ke dalam pemecahan masalah. Kreativitas itu meliputi ciri-ciri aptitude maupun ciri-ciri non aptitude. Ciri-ciri aptitude yaitu fluency (kelancaran), flexibility (keluwesan), originality (keaslian) dalam pemikiran. Sedangkan ciri-ciri non aptitude yaitu rasa ingin tahu, suka mengajukan pertanyaan dan selalu mencari pengalaman yang baru.

Pengertian Kreativitas Menurut Baron

Kreativitas menurut baron adalah kemampuan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru. Maksud dari sesuatu yang baru di sini yaitu bukan harus sama yang baru, akan tetapi bisa juga sebagai kombinasi baru atau melihat hubungan-hubungan baru antar unsur-unsur data atau hal-hal yang sebelumnya telah ada.

Pengertian Kreativitas Menurut James

Kreativitas menurut james r evans yaitu sebuah keterampilan untuk menentukan pertalian baru, melihat suatu subjek perspektif baru, dan membentuk kombinasi-kombinasi yang baru dari dua ataupun lebih konsep yang sudah tercetak dalam pikiran.

Pengertian Kreativitas Menurut Santrock

Kreativitas menurut santrock ialah sebuah kemampuan untuk memikirkan sesuatu dengan cara yang baru dan tidak biasa serta menemukan solusi-solusi yang unik.

Pengertian Kreativitas Menurut Munandar

Bahwa kreativitas menurut munandar adalah sebuah kemampuan untuk mengkombinasikan, menjawab atau memecahkan masalah, dan cerminan kemampuan operasional anak yang kreatif.

Pengertian Kreativitas Menurut Hurlock

Kreativitas menurut hurlock yaitu sebuah kemampuan seseorang untuk dapat menghasilkan komposisi, produk maupun gagasan apa saja yang pada dasarnya merupakan sesuatu yang baru, yang sebelumnya tidak dikenal oleh pembuatnya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri ciri Kreativitas

Adapun ciri ciri kreativitas adalah sebagai berikut ini:

  • Sensitivity to problems, yaitu kreativitas dilihat dari kepekaan terhadap masalah yang muncul.
  • Originality, yaitu pemecahan masalah dengan cara baru, bukan meniru pemecahan masalah orang lain.
  • Breadth, yaitu ketepatan dalam pemecahan masalah dan berguna.
  • Ingenuity, yaitu adanya kecerdikan dalam pemecahan masalah.
  • Recognity by peers, yaitu adanya pengakuan dari kelompoknya tentang penemuannya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Kreativitas

Beberapa contoh kreativitas adalah sebagai berikut:

  1. Mengubah barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang bisa dipakai. Contohnya yaitu: mendaur ulang sampah.
  2. Mengubah barang yang telah rusak menjadi barang baru. Contohnya yaitu barang yang telah rusak dikombinasikan dengan barang lain sehingga menjadi barang baru.
  3. Mengubah barang alami menjadi barang yang dapat dipakai. Contohnya yaitu daun kering dapat digunakan sebagai bahan dalam membuat tas.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan singkat yang dapat kami tulis tentang pengertian kreativitas dan contohnya. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian di atas dapat memberikan manfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar