--> Skip to main content

Pengertian Wirausaha dan Ciri cirinya serta Tujuan Wirausaha

Pengertian wirausaha dan ciri cirinya – Dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin sudah mengenal bahkan sering mendengar istilah “Wirausaha”. Biasanya wirausaha itu identik dengan pekerjaan seseorang. Nah lalu apa itu wirausaha? Seperti apakah wirausaha itu? Nah pada pembahasan ini kami akan mengulas tentang definisi wirausaha agar teman-teman bisa paham seperti apa yang dimaksud wirausaha. Di sini selain kami bahas pengertian wirausaha secara etimologi juga kami bahas tentang pengertian wirausaha menurut para phli. Tidak hanya itu di sini juga kami tuliskan apa saja ciri ciri wirausaha dan juga untuk apa tujuan wirausaha itu.

Pengertian Wirausaha dan Ciri cirinya

Pengertian Wirausaha

Pengertian wirausaha adalah orang yang memiliki kemampuan melihat serta menilai peluang-peluang bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk mengambil sebuah tindakan yang tepat guna untuk meraih kesuksesan. Wirausaha biasa disebut Entrepreneur, seorang yang yang membangun sumber daya kerja, orang yang membawa perubahan, inovasi yang mampu meningkatkan suatu nilai yang lebih besar dari sebelumnya.

Atau definisi wirausaha adalah orang yang berani untuk berusaha secara mandiri dengan mengerahkan seluruh sumber daya dan upaya yang meliputi kepandaian tentang produk baru, menentukan cara baru, memasarkan produk dan mengatur permodalan operasionalnya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai nilai lebih, dengan berbagai resiko yang dihadapinya. Sehingga arti wirausaha adalah orang yang berani melakukan usaha dengan segala resiko untuk meraih suatu kesuksesan.

Jadi inti dari pengertian wirausaha adalah seseorang yang melakukan kegiatan usaha secara mandiri dengan tujuan menghasilkan suatu barang atau jasa.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Wirausaha Secara Etimologi

Arti wirausaha secara etimologi itu berasal dari kata “wira” dan “usaha”. Kata wira artinya pejuang, pahlawan, teladan, gagah berani, berbudi luhur, berwatak agung, dan manusia unggul. Kata “wira: juga dipakai dalam kata “perwira”. Sedangkan kata usaha artinya adalah perbuatan untuk mencapai suatu tujuan. Jadi wirausaha secara etimologi adalah seorang pejuang atau pahlawan yang melakukan suatu perubahan untuk mencapai suatu tujuan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang definisi wirausaha menurut para ahli:

Pengertian Wirausaha Menurut KBBI

Pengertian wirausaha menurut KBBI adalah bahwa wirausaha itu sama dengan wiraswasa, yaitu orang yang berbakat atau pandai dalam mengenali produk baru , menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk melakukan pengadaan produk baru, memasarkan produk dan mengatur permodalan operasinya.

Pengertian Wirausaha Menurut Syamsudin Suryana

Wirausaha menurut syamsudin suryana adalah seseorang yang mempunyai karakteristik percaya diri, mampu berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil risiko yang wajar, berjiwa kepemimpinan yang lugas, kreatif dan menghasilkan inovasi serta berorientasi pada masa depan.

Pengertian Wirausaha Menurut Kathleen

Arti dari wirausaha yaitu seseorang yang mengatur, menggerakkan dan berani dalam mengambil kemungkinan untuk pekerjaan yang digerakkan dalam dunia usaha.

Pengertian Wirausaha Menurut Savary

Pengertian wirausaha menurut savary tahun 1723, bahwa pengertian wirausaha menurut asal katanya itu berasal dari kata Entreprenur yang terdapat pada buku yang berjudul “kamus dagang”, pengertian entreprenur yaitu orang yang membeli sebuah barang dengan harga yang pasti meskipun orang tersebut belum mengetahui berapa nilai ekonominya saat dijual.

Pengertian Wirausaha Menurut Peter F Drucker

Wirausaha adalah ability to create the new and different yang berarti suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan yang berbeda.

Pengertian Wirausaha Menurut Richard Cantillon 1755

Jelaskan pengertian wirausaha menurut richard cantillon? Arti wirausaha menurut richard cantillon yaitu seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang baru dan unik.

Pengertian Wirausaha Menurut Geoffrey G Meredith (1995)

Wirausaha menurut geoffrey g meredith adalah orang yang mempunyai kemamuan untuk melihat dan menilai berbagai kesempatan bisnis mengumpulkan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk mengambil keuntungan daripadanya dan untuk mengambil tindakan yang tepat agar bisa memastikan kesuksesan.

Pengertian Wirausaha Menurut Zimmerer 1996

Jelaskan pengertian wirausaha menurut zimmerer? Bahwa wirausaha menurut zimmer adalah suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dallam memecahkan berbagai persoalan dan menemukan suatu peluang untuk memperbaiki kehidupan usahanya.

Pengertian Wirausaha Menurut Say (1996)

Wirausaha yaitu orang yang mempunyai kemampuan untuk melakukan suatu koordinasi, organisasi serta pengawasan. Wirausaha mempunyai pengetahuan yang luas mengenai lingkungan dan membuat berbagai keputusan mengenai lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal serta menghadapi ketidakpastian agar bisa mendapatkan keuntungan.

Pengertian Wirausaha Menurut Mas'ud MMachfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004)

Menyatakan bahwa wirausaha adalah seorang inovator yang dapat mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang dapat dijual, yang bisa memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu biaya dan kecakapan yang tujuannya untuk memperoleh keuntungan.

Pengertian Wirausaha Menurut Encyclopedia of Americana

Wirausaha adalah seseorang yang berani mengambil risiko dengan menyatukan berbagai fungsi produksi, bahan baku, tenaga kerja, termasuk modal dan menerima imbalan berupa laba dari nilai pasar yang dihasilkan.

Pengertian Wirausaha Menurut Arif f Hadipranata

Bahwa wirausaha adalah sosok yang mengambil suatu kemungkinan yang dibutuhkan untuk mengelola dan mengatur semua masalah dan menerima beberapa keuntungan finansial maupun non finansial.

Pengertian Wirausaha Menurut Prawirokusumo

Jelaskan pengertian wirausaha menurut prawirokusumo? Wirausaha menurut prawirokusumo ialah mereka yang melakukan berbagai upaya kreatif dan inovatif dengan cara mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan sebuah peluang dan perbaikan hidup.

Pengertian Wirausaha Menurut Raymond W.Y. Ko

Jelaskan pengertian wirausaha menurut raymond? Menurut raymond, wirausaha ialah orang yang mampu dalam merancang dan menciptakan suatu gagasan menjadi sebuah realita.

Pengertian Wirausaha Menurut Kasmir

Arti dari wirausaha adalah seseorang yang mempunyai jiwa pemberani yang berani dalam mengambil kemungkinan untuk membuka sebuah usaha di berbagai peluang yang ada.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri ciri Wirausaha

Terdapat beberapa ciri ciri wirausaha yang berhasil, ciri ciri wirausaha adalah sebagai berikut ini:

  • Mempunyai keberanian dalam mengambil keputusan dan risiko.
  • Mempunyai daya kreasi dan inovasi yang tinggi.
  • Mempunyai semangat dan kemauan yang keras.
  • Mempunyai jiwa kepemimpinan.
  • Bisa menganalisis secara tepat.
  • Mempunyai sifat hemat (tidak konsumtif).
  • Bisa berfikir jangka panjang untuk masa depan (berorientasi pada masa depan).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan Wirausaha

Wirausaha mempunyai banyak sekali tujuan, adapun tujuan wirausaha adalah sebagai berikut:

  • Untuk menumbuhkan kesadaran kewirausahaan yang kuat dan tangguh.
  • Untuk meningkatkan jumlah wirausaha yang baik dan berkualitas.
  • Untuk membudayakan sikap yang pantang menyerah, selalu semangat, berperilaku baik dan kewirausahaan pada msyarakat.
  • Untuk mewujudkan kemampuan wirausaha sehingga mammpu menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian wirausaha dan ciri cirinya beserta tujuannya. Semoga apa yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar