--> Skip to main content

Pengertian Analisis Citra dan Contohnya

Analisis citra termasuk salah satu teknik pengolahan tingkat tinggi (High-Level Processing) dalam pengolahan citra digital. Apa itu analisis citra? Bagi kamu yang belum tahu seperti apa yang dimaksud dengan analisis citra, maka di sini kamu bisa menyimak penjelasannya. Karena dalam postingan ini kami akan membahas tentang pengertian analisis citra. Selain itu juga kami berikan beberapa contoh analisis citra. Langsung saja berikut ini penjelasannya.

pengertian analisis citra

Pengertian Analisis Citra

Analisis citra adalah kegiatan menganalisis citra sehingga dapat menghasilkan informasi untuk memberikan ketetapan keputusan. Analisis citra merupakan kegiatan melakukan analisis citra sehingga menghasilkan informasi untuk menetapkan suatu keputusan. Terdapat beberapa hal yang bisa diidentifikasi dari sebuah citra misalnya ukuran file citra, format file citra, resolusi citra, dimensi citra, jumlah pixel, dan lain-lain.

Terdapat beberapa macam software yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan informasi dari sebuah citr, misalnya: Microsoft Office Picture Manager, Microsoft Paint, Adobe Photoshop Gimp, Image Analyzer, Digimizer, dan lain-lain. Analisi citra biasanya didampingi bidang ilmu kecerdasan buatan/Artificial Intelegent yaitu pengenalan pola (pattern recognition) menggunakan logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan, dan lain-lain.

Sebenarnya Dalam ilmu komputer terdapat 3 bidang studi yang berhubungan dengan citra, namuni tujuan ketiganya berbeda, yaitu:

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Analisis Citra

Jenis operasi analisis citra bertujuan untuk menghitung besaran kuantitatif dari citra untuk menghasilkan deskripsinya. Teknik analisis citra dapat mengekstraksi ciri-ciri tertentu untuk membantu dalam identifikasi sebuah objek. Terkadang proses segmentasi dibutuhkan untuk mengalokasi objek yang diinginkan dari sekelilingnya. Contoh analisis citra dengan tingkatan pengolahan tingkat tinggi /high level processing adalah:

  • Edge Detection (Pendeteksi tepi obyek)
  • Boundary (Ekstraksi Batas)
  • Representasi daerah (region).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan singkat yang dapat kami sampaikan tentang pengertian analisis citra dan contohnya. Semoga penjelasan yang telah kami uraikan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar