--> Skip to main content

Pengertian Sistem Pengolahan Data

Pengertian sistem pengolahan data - Dalam artikel sebelumnya saya sudah menjelasakan tentang pengertian data dan pada penjelasan kali ini adalah Sistem pengolahan data. Apa itu sistem pengolahan data? Bagi teman-teman yang mungkin belum tahu, teman-teman bisa menyimak penjelasan tentang definisi sistem pengolahan data dalam artikel ini. Di sini selain kami jelaskan tentang pengertian sistem pengolahan data secara umum, juga kami jelaskan pengertian sistem pengolahan data menurut para ahli. Oke, langsung sja simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian Sistem Pengolahan Data

Pengertian Sistem Pengolahan Data

Sistem pengolahan data adalah suatu kesatuan yang saling berhubungan atau terintegrasi untuk membentuk suatu sistem antara data, perangkat keras, perangkat lunak, prosedure pengolahan, dan tenaga pelaksana. Lebih singkatnya sistem pengolahan data yaitu system yang melakukan tugas mengolah data. Sistem pengolahan data menghasilkan output/ informasi yang akan digunakan oleh perorangan atau kelompok baik didalam mupun diluar perusahaan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Sistem Pengolahan Data Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian pengolahan data dalam sistem komputer menurut beberapa ahli diantaranya yaitu sebbagai berikut ini:

Pengolahan Data Menurut Sugiyono

Pengolahan data adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti dan berguna yaitu berupa sebuah informasi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengolahan Data Menurut Hastono

Pengolahan data merupakan bagian dari serangkaian kegiatan yang meliputi editing, coding, processing, dan Cleaning.

  • Editing adalah kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pengecekan pengisian formulir atau kuesioner apakah jawaban yang terdapat pada kuesioner sudah lengkap, jelas, relevan, dan konsisten.
  • Coding adalah kegiatan mengubah data berbentuk huruf menjadi data berbentuk bilangan atau angka.
  • Processing adalah memasukan data dari setiap responden yang telah diberikan kode ke dalam program komputer untuk dilakukan pengolahan.
  • Cleaning adalah memeriksa kembali data yang telah di entry untuk memastikan tidak adanya kesalahan pada saat proses entry data.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengolahan Data Menurut Notoatmodjo

Pengolahan data adalah data diolah menggunakan komputer yang meliputi editing, coding, Tabulating, Data entry, cleaning data dan tabulating data.

  • Editing merupakan upaya yang dilakukan untuk memeriksa kembali kebenaran data yang didapatkan atau dikumpulkan.
  • Coding adalah memberikan kode numerik atau angka terhadap data yang terdiri dari beberapa kategori.
  • Tabulating adalah data yang diubah menjadi kode lalu disusun dan dikelompokkan ke dalam tabel-tabel.
  • Data entry adalah memasukkan data yang sudah dikumpulkan kedalam tabel (database pada komputer), lalu membuat distribusi frekuensi sederhana.
  • Processing merupakan jawaban dari responden yang sudah diterjemahkan menjadi bentuk angka, kemudian diproses supaya menjadi mudah dianalisis.
  • Cleaning yaitu mengecek kembali untuk mengetahui kesalahan kode, lengkap maupun tidaknya data yang telah dimasukkan dan lain sebagainya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian sistem pengolahan data. Semoga penjelasan yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian di atas, dapat bermanfaat bagi kita semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar