Skip to main content

Pengertian Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia

Pengertian pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia - Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia yang menjadi pedoman dan landasan bagi bangsa Indonesia. Pancasila terbentuk dari kesepakatan rakyat Indonesia yang mewakili karakteristik dan keberagaman yang ada pada masyarakat Indoensia. Tidak hanya itu, pancasila juga merupakan perjanjian luhur bangsa Indonesia. apa yang dimaksud dengan pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia? Definisi pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia inilah yang akan kami bahas di sini. Jadi bagi kamu yang belum tahu seperti apa makna pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia. Maka kamu bisa membaca arti pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia sebagai berikut ini.

Pengertian Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia

Pengertian Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia

Makna pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia adalah pancasila merupakan keputusan akhir bagi bangsa Indonesia yang harus diamalkan dan dilestarikan oleh seluruh rakyat Indonesia. Keberagaman yang melekat pada masyarakat Indonesia lah yang merupakan salah satu faktor yang menjadikan pancasila sebagai perjanjian luhur. Perjanjian luhur itu telah dilakukan pada 18 Agustus 1945, yaitu pada saat PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) telah menerima Pancasila dan menetapkan dasar negara secara konstitusional dalam Pembukaan UUD 1945.

Di dalam isi pancasila, terdapat sila yang mencantumkan perjanjian luhur untuk seluruh rakyat Indonesia yaitu pada sila yang pertama yang bunyinya “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sila tersebut menandakan bahwa keberagaman agama yang ada di Indonesia tidak menghalangi setiap rakyat untuk bersatu dalam membangun Indonesia.

Selain keberagaman agama yang terdapat di Indonesia, keberagaman budaya juga menjadi sebuah tolak ukur kenapa pancasila disebut sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia. Karena keberagaman suku bangsa dan agama, menyatakan bahwa mereka bisa bersatu atas nama bangsa indonesia, yang menjadikannya pancasila sebagai perjanjian luhur yang menyangkut seluruh rakyat Indonesia.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang bisa kami tulis tentang pengertian pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia. Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar