Skip to main content

Pengertian Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Pengertian pancasila sebagai kepribadian bangsa indonesia – Nilai-nilai pancasila merupakan ideologi terbuka yang menunjukkan kepribadian bangsa Indonesia itu sendiri. Kepribadian bangsa adalah setiap sifat yang tampak dalam prilaku sebuah bangsa yang membuatnya berbeda dengan bangsa yang lain. Lalu seperti apakah yang dimaksud pancasila sebagai kepribadian bangsa indonesia? Bisakah kamu menjelaskan pengertian pancasila sebagai kepribadian bangsa indonesia? Jika belum bisa, maka pada pembahasan ini lah kami akan mengulas tentang apa yang dimaksud dengan pancasila sebagai kepribadian bangsa indonesia. Tidak hanya itu di sini juga kami bahas tentang kepribadian bangsa indonesia di era globalisasi. Jadi bagi kamu yang belum tahu arti pancasila sebagai kepribadian bangsa indonesia, bisa menyimak penjelasan yang kami berikan sebagai berikut.

Pengertian Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Pengertian pancasila sebagai kepribadian bangsa indonesia

Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia adalah perwujudan dari nilai-nilai budaya bangsa Indonesia sendiri yang diyakini kebaikan dan kebenarannya. Sebelum ditetapkannya Pancasila sebagai dasar yang sah, Indonesia memang sudah sejak dahulu menganut nilai-nilai budaya luhur yang telah tercipta di tengah-tengah masyarakat nenek moyang Indonesia. Pancasila digali dari budaya bangsa Indonesia sendiri yang sudah ada, tumbuh, dan berkembang berabad-abad lamanya. Oleh karena itu, Pancasila adalah pribadi bangsa Indonesia itu sendiri yang hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak keberadaanya sebagai sebuah bangsa. Pancasila merangkum nilai-nilai yang sama yang terkandung dalam adat-istiadat, kebudayaan, dan agama-agama yang ada di Indonesia. Dengan demikian, Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia juga mencerminkan jiwa sekaligus pandangan hidup rakyat Indonesia.

Dengan kata lain makna pancasila sebagai kepribadian bangsa indonesia adalah bahwa pancasila mengandung nilai, norma etika dan juga budaya yang bersumber dari seluruh sejarah perjalanan hidup bangsa Indonesia sehingga bisa menginspirasi setiap orang untuk bertingkah laku, bertindak, dan bertutur dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, setiap tindakan dan perkataan kita bisa mencerminkan pancasila.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kepribadian Bangsa Indonesia di Era Globalisasi

Globalisasi terjadi hampir di segala segi kehidupan. Secara umum globalisasi merupakan suatu proses dalam sistem masyarakat secara global yang tidak terpengaruh dengan batas wilayah. Pada hakikatnya globalisasi merupakan sebuah mekanisme yang muncul dari sebuah pemikiran yang dibentuk dan diperkenalkan pada bangsa lain. Adanya globalisasi tentunya akan berdampak pada perubahan kepribadian suatu bangsa. Agar bangsa indonesia tidak kehilangan kepribadian dalam era globalisasi, maka kita harus berupaya untuk:

  • Membentengi diri dengan budaya negara kita yang baik, bisa dengan melestarikan budaya yang baik yang ada di negara kita.
  • Menyaring budaya yang berasal dari luar yang tidak baik, supaya kita tidak terpengaruh.
  • Lebih menerapkan nilai-nilai kepribadian bangsa dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Bagaimana sekarang kamu sudah tahu kan apa pengertian pancasila sebagai kepribadian bangsa indonesia. Semoga penjelasan yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar