Pengertian Metode On The Job Training

Advertisement
Pengertian metode on the job training – Dalam dunia kerja kita sering mendengar istilah training atau yang dikenal sebagai pelatihan kerja. Nah dalam melakukan training sendiri terdapat berbagai metode yang dapat digunakan. Salah satu metode training yang paling populer yaitu metode on the job training. Apa itu metode on the job training? Tahukah kamu seperti apa yang dimaksud metode on the job training itu? Nah dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian metode pelatihan on the job training, agar nantinya kamu bisa tahu dan menjelaskan seperti apa definisi metode on the job training itu. Selain itu juga kami jelaskan tahapan on the job training dan macam macam on the job training.
Pengertian Metode On The Job Training

Pengertian Metode On The Job Training

Metode on the job training adalah sebuah proses yang terorganisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kebiasaan kerja beserta sikap karyawan. Atau on the job training yaitu metode pelatihan dengan cara calon pekerja atau pekerja ditempatkan pada situasi pekerjaan yang sebenarnya, di bawah bimbingan serta pengawasan dari pegawai senior atau yang sudah berpengalaman ataupun seorang supervisor (metode yang mengajarkan calon pekerja tersebut di pekerjaan yang sebenarnya).

Bisa juga di definisikan Metode On The Job Training ialah metode pelatihan pegawai yang mempelajari pekerjaannya dengan mengamati pekerja lain yang sedang bekerja, dan kemudian mengobservasi perilakunya. Metode ini sangat tepat untuk mengajarkan skill yang dapat dipelajari dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Manfaat metode ini adalah peserta belajar dengan perlengkapan yang nyata dan dalam lingkungan pekerjaan yang jelas.

Tahapan On The Job Training

Berikut ini adalah beberapa tahapan on the job training:
  • Mempersiapkan calon pekerja (karyawan baru) yang akan dilatih.
  • Mempersiapkan pekerjaan yang akan dilakukan oleh calon pekerja (karyawan baru) tersebut.
  • Melakukan percobaan untuk melakukan pekerjaan.
  1. Ajarkan dan jelaskan langkah demi langkah secara pelan-pelan.
  2. Lakukan perbaikan apabila ada kesalahan.
  3. Jangan membiarkan calon pekerja (karyawan baru) tersebut melakukan pekerjaannya sendiri.
  4. Jalankan pekerjaan seperti biasanya.
  • Flow Up.
  1. Identifikasikan calon pekerja (karyawan baru) mana yang butuh bantuan.
  2. Perbaiki kesalahan mereka sebelum kesalahan tersebut menjadi sebuah kebiasaan.
  3. Lakukan pengurangan pengawasan secara bertahap, periksalah hasilnya (kualitas dan kuantitasnya) dari waktu ke waktu.
  4. Bagi mereka yang sudah melakukan pekerjaan dengan baik berilah pujian.
  5. Mendorong mereka untuk melakukan pekerjaan agar mencapai standar dan kualitas yang baik.

Macam macam On The Job Training

Dalam metode on the job training terbagi menjadi beberapa metode. Macam pelatihan on the job training adalah sebagai berikut:
  • Latihan Instruktur Pekerjaan (Job Instruction Training). Memberikan petunjuk-petunjuk tentang pekerjaan secara langsung pada pekerjaan terutama dipergunakan untuk melatih para calon pekerja (karyawan baru) mengenai cara-cara pelaksanaan pekerjaan sekarang. Dalam metode ini didaftarkan semua langkah-langkah yang perlu untuk dilakukan dalam pekerjaan secara urut sesuai dengan urutannya.
  • Rotasi Pekerjaan (Job Rotation). Dalam rotasi jabatan karyawan diberikan sebuah kesempatan untuk memperoleh pengetahuan pada bagian-bagian organisasi yang berbeda dan juga praktek bermacam-macam keterampilan melalui cara berpindah pindah dari satu bagian pekerjaan ke bagian pekerjaan yang lainnya.
  • Apprenticeships yaitu proses belajar dari seseorang atau beberapa orang yang lebih berpengalaman. Metode ini dipergunakan dalam mengembangkan keahlian perorangan, dengan begitu para pekerja atau karyawan yang bersangkutan bisa mempelajari berbagai aspek dari pekerjaannya.
  • Coaching yaitu sebuah cara pelaksanaan pelatihan yang mana atasan mengajarkan keahlian serta keterampilan kerja kepada bawahnnya. Pada metode ini pengawasan dibutuhkan sebagai petunjuk dalam memberitahukan kepada peserta tentang tugas dan pekerjaan ruti yang akan dilakukan dan bagaimana cara untuk mengerjakannya.


Demikian yang bisa kami jelaskan tentang Pengertian Metode On The Job Training. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian tersebut dapat memberikan manfaat kepada anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru