Pengertian Pembangunan berkelanjutan

Pengertian Pembangunan berkelanjutanPembangunan berkelanjutan adalah/ Pembangunan berkelanjutan yaitu/ Pembangunan berkelanjutan merupakan/ yang dimaksud Pembangunan berkelanjutan/ arti Pembangunan berkelanjutan/ definisi Pembangunan berkelanjutan.
Pengertian Pembangunan berkelanjutan

Pembangunan berkelanjutan yaitu suatu upaya sadar yang terencana yang memadukan lingkungan hidup termasuk sumber daya ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi saat ini dan generasi di masa mendatang. Dalam pembangunan berkelanjutan terdapat 3 (tiga) hal penting yang perlu diperhatikan yaitu:
- pengelolaan sumber daya alam secara bijaksana.
- pembangunan berkesinambungan sepanjang masa.
- peningkatan kualitas hidup generasi.
Pembangunan berkelanjutan merupakan pembangunan yang menekankan pada kegiatan ekonomi yang optimal, namun tetap mempertahankan kelestarian lingkungan sebagai bagian dari upaya menjaga pembangunan tersebut dalam kurun waktu yang panjang. Pembangunan berkelanjutan menghendaki pemanfaatan lingkungan sumber daya alam tidak hanya di masa sekarang, namun tetap juga optimal di masa mendatang.
Pembangunan berkelanjutan tidak hanya berkonsentrasi terhadap isu-isu lingkungan. Tetapi pembangunan berkelanjutan lebih luas dari itu, karena mencakup 3 lingkup kebijakan, diantaranya yaitu pembangunan sosial, pembangunan ekonomi, dan perlindungan lingkungan (disebut sebagai 3 pilar pembangunan berkelanjutan). Dalam dokumen-dokumen PBB, pada dokumen hasil World Summit 2005 disebutkan ke-3 pilar tadi saling berhubungan dan menjadi pilar yang mendorong dalam pembangunan berkelanjutan. Idealnya ketiga hal tersebut dapat berjalan bersama-sama dan menjadi fokus pendorong dalam pembangunan berkelanjutan.
Pembangunan berkelanjutan sebagai proses peningkatan kesejahteraan masyarakat luas suatu bangsa secara terus-menerus dan dalam waktu yang mencakup antargenerasi. Keberlanjutan pembangunan menunjuk pada kemampuan untuk tumbuh dan berubah terus-menerus agar masyarakat menikmati kesejahteraan sekurang-kurangnya sama dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi.
Itulah sedikit penjelasan yang bisa kami jelaskan tentang Pengertian Pembangunan berkelanjutan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait