Pengertian GPRS

Pengertian GPRS - Kemunculannya GPRS itu didahului dengan penemuan telepon genggam generasi 1G dan 2G yang selanjutnya mencetuskan ide tentang penemuan GPRS. Penemuan GPRS tersebut terus berkembang sampai dengan kemunculannya generasi 3G, 3,5G dan 4G. Perkembangan teknologi komunikasi yang terus dikembangkan itukarena adanya keinginan untuk selalu memperbaiki kinerja, kemampuan serta efisiensi dari teknologi yang telah ada sebelumnya. Nah sekarang kembali lagi ke topik pembahasan yaitu tentang GPRS. Tahukah kalaian apa itu GPRS? Mungkin banyak orang yang tahunya kalau GPRS itu sebatas jaringan internetan. Bagi kalian yang kurang tahu atau belum tahu tentang apa yang dimaksud GPRS, maka kali ini kami akan menjelaskan definisi GPRS. Berikut ini penjelasan tentang pengertian GPRS yang dapat anda pahami.
Pengertian GPRS

Pengertian GPRS

GPRS atau General Packet Radio Service adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket-paket menggunakan gelombang radio. GPRS merupakan perkembangan dari teknologi GSM. GPRS memungkinkan pengiriman data sampai pada kecepatan 115 Kbps.

GPRS merupakan sebuah teknologi yang dpat memungkinkan pengiriman serta penerimaan data yang lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan teknologi CSD (Circuit Switch Data). Penggabungan antara layanan telepon seluler dengan General Packet Radio Service (GPRS) dapat menghasilkan generasi baru yang dikenal dengan 2.5G. Sistem GPRS bisa dipakai untuk mentransfer data (dalam bentuk paket data) yang berhubungan dengan email, MMS (data gambar), WAP (Wireless Application Protocol) dan www (World Wide Web).

JIka kita menggunakan koneksi GPRS, maka kita membutuhkan ponsel yang mendukung teknologi GPRS dan sim card dari operator seluler tertentu yang menyediakan layanan GPRS serta layanan GPRS tersebut telah diaktifkan pada ponsel kita. Berikutnya kita membutuhkan perangkat yang menghubungkan ponsel ke komputer, seperti infrared, kabel data, atau bluetooth. Jika ponsel dan komputer telah terhubung, kita harus menginstall driver ponsel agar dapat dikenali oleh komputer dan mengatur setting untuk koneksi ke Internet menggunakan GPRS. Koneksi Internet dengan GPRS dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi koneksi GPRS sebagai berikut.
  • Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS.
  • Software yang digunakan.
  • Dukungan filter dan aplikasi yang digunakan.

Komponen komponen GPRS

Adapun komponen-komponen utama dalam jaringan GPRS adalah sebagai berikut ini:
  • Serving GPRS Support Node (SGSN) adalah gerbang penghubung antara jaringan BTS/BSS ke jaringan GPRS. Fungsi dari komponen SGSNadalah untuk mengantarkan paket data ke MS, update pelanggan ke HLR dan registrasi pelanggan baru.
  • Gateway GPRS Support Node (GGSN) adalah gerbang penghubung antara jaringan GPRS ke jaringan internet. Komponen GGSN berfungsi sebagai interface ke Public Data Network (PDN), information routing, network screening, user screening, dan juga address mapping.
  • PCU yaitu komponen pada level BSS yang menyambungkan antara terminal ke jaringan GPRS.

Cara kerja GPRS

Berikut ini adalah cara kerja dari komponen GPRS yang telah disebutkan diatas.
- Serving GPRS Support Node (SGSN) bertugas sebagai:
  1. Mengirimkan paket ke Mobile Station (MS) dalam satu area.
  2. Mengirimkan sejumlah pertanyaan ke HLR untuk mendapatkan profile data pelanggan GPRS (management mobility).
  3. Melakukan deteksi MS-GPRS yang baru dalam sebuah area servis yang menjadi tanggung jawabnya (location management).
  4. Serving GPRS Support Node dihubungkan ke BSS pada GSM menggunakan koneksi Frame Relay lewat Packet Control Unit (PCU) di dalam BSC.

- Gateway GPRS Support Node (GGSN) bertugas sebagai:
  1. Interface ke jaringan IP external seperti public internet atau mobile service provider.
  2. Melakukan update informasi routing dari Protokol Data Units (PDU) ke Serving GPRS Support Node (SGSN).

GPRS menggunakan sistem komunikasi paket switch sebagai suatu cara untuk melakukan transmisi data. Packet switcch sendiri merupakan suatu sistem dimana data yang akan ditransmisi dibagi dalam paket/ bagian-bagian kecil kemudian ditransmisikan dan dirubah menjadi data semula.

Sistem ini mampu melakukan transmisi sebanyak ribuan bahkan jutaan paket setiap detiknya. Transmisi inidilakukan lewat Public Land Mobile Network (PLMN) dengan memakai IP backbone. Sebab dengan ini memungkinkan untuk penggunaan kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna yang lain, sehingga secara teori untuk biaya GPRS lebih mudah dibanding dengan biaya akses CSD (Circuit Switch Data).

GPRS dirancang untuk menyediakan layanan transfer packet data di jaringan GSM dengan kecepatan yang labih baik jika dinbanding GSM. Kecepatan yang lebih baik tersebut diperoleh dengan memakai coding scheme (CS) yang tidak sama denga GSM.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang apa yang dimaksud GPRS. Semoga Pengertian GPRS dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru