Skip to main content

Pengertian WiFi

Pengertian WiFi - Di zaman perkembangan teknologi seperti yang terjadi saat ini, pastinya kalian sudah tidak asing lagi apabila mendengar kata WiFi. Setiap kali kita bepergian ke tempat umum seperti kafe, restoran, perpustakaan umum stasiun dan lain-lain disediakan wifi. Jadi sekarang ini cuup banyak tempat-tempat komersil untuk menarik peanggannya dengan menyediakan WiFi gratis, untuk siapa saja yang berkunjung sambil bersantai sejenak. Namun mungkin sebagian diantara kita hanya tahu kalau WiFi dipakai sebagai perangkat internet saja. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud Wifi itu? Berikut ini saya akan berikan penjelasan tentang apa itu Wifi dalam artikel yang berjudul pengertian Wifi ini.
Pengertian WiFi

Menu Pembahasan

Pengertian WiFi

WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirim data. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi WiFi berada pada spekturm 2,4 GHz. Notebook, ponsel, dan PDA yang telah dilengkapi kemampuan untuk menangkap teknologi WiFi dapat kita gunakan untuk koneksi ke Internet. Tentu saja, kita harus berada di lokasi yang terjangkau oleh sinyal WiFi tersebut.

WiFi tidak hanya digunakan untuk mengakses Internet, WiFi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Oleh karena itu, banyak orang yang mengasosiasikan WiFi dengan "kebebasan", karena teknologi WiFi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses Internet mentransfer data dalam ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan cafe-cafe yang bertanda "WiFi Hotspot".
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Wifi

Setelah kita memahami tentang apa pengertian WiFi di atas, pastinya kita telah dapat memahami kalau salah satu fungsi WiFi yaitu untuk menghubungkan perangkat ke dalam jaringan lokal ataupun jaringan internet. Tetapi apakah hanya sebatas itu saja fungsi dari WiFi. Ternyata fungsi Wifi masih ada banyak lagi yang mungkin belum anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa fungsi WiFi tersebut.

1. Berbagi Data Antar Perangkat

Misalnya anda memiliki 2 buah perangkat elektronik, kemudian anda akan memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat yang satunya. Wifi bisa anda manfaatkan untuk berbagi data, sehingga kabel data tidak lagi diperlukan apabila terhubung ke jaringan WiFi, karena dengna Wifi lebih praktis dan efisien.

2. Menghubungkan Perangkat Ke Dalam Jaringan

Wifi berbeda dengan jaringan kabel LAN yang penggunanya terbatas. Wifi dapat digunakan di banyak komputer tanpa perlu menumbah jumlah kabel. Dengan kemampuan Wifi yang seperti itulah yang dapat memudahkan banyak pengguna untuk terhubung ke dalam jaringan.

3. Kecepatan Internet Lebih Pesat

Hal ini tentunya telah dipahami oleh banyak orang. Ketika mengakses internet dengan jaringan seluler tentunya sangat berbeda dengan Wifi. Jika kita mengakses internet dengan jaringan seluler kadang cepat kadang lambat karena tergantung keberadaan sinyal. Sedangkan kecepatan dengan menggunakan Wifi biasanya lebih terjamin kecepatannya lebih pesat. Sebagai salah satu indikasi untuk mengetahuinya anda dapat mencoba streaming video tanpa putus-putus, mengunduh dokumen yang lebih cepat serta mengakses dengan loading yang cepat.

4. Modem Dari Smartphone

Dengan adanya Wifi memang sebuah perangkat smartphone bisa tersambung ke internet sehingga seorang pengguna tidak perlu lagi menggunakan data berbayarnya. Tetapi bukan hanya itu saja, apabila smartphone anda sudah mendukung perangkat wireless, maka anda dapat menjadikan smartphone anda sebagai sebuah modem. Hal seperti ini sangat berguna apabila anda bepergian ke tempat yang tidak disediakan Wifi. Apabila paket data anda yang tersedia cukup banyak, maka pada saat ingin mengakses internet lewat laptop anda bisa memanfaatkan smartphone sebagai modem dengna menggunakan sinyal Wifi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Kerja Wifi

Secara sederhananya, cara kerja wifi yaitu dengan memanfaatkan gelombang radio. Berbagai macam data yang diminta dan dikirimkan pengguna melesat di udara dengan menggunakan gelombang radio. Supaya bisa menerjemahkan data maupun dokumen yang dikirim lewat gelombang radio, sebuah komputer harus mempunyai adaptor wireless sehingga dapat tersambung dengan Wifi.

Gelombang radio yang berupa sinyal tersebut kemudian dikirim ke router yang fungsinya sebagai penerjemah kode (decoder). Sesudah itu diterjemahkan, data tersebut dikirim ke jaringan internet dengan cara memanfaatkan koneksi ethernet. Jaringan Wifi bekerja 2 arah, setiap kali data yang diterima lewat internet dalam waktu bersamaan melalui router untuk kemudian dijadikan sebuah kode olehnya di setiap paket data. Setelah itu dikirim kembali dalam bentuk sinyal radio yang diterima adaptor komputer nirkabel.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah yang dimaksud Wi-Fi, sekarang anda sudah mengerti kan tentang pengertian Wi-Fi. Semoga penjelasan di blog temukan pengertian ini bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar