--> Skip to main content
Menu

Macam-macam Norma dan Contohnya

Macam-macam Norma dan Contohnya – Supaya tercipta kehidupan yang tertib dan teratur, norma dijadikan sebagai acuan dalam bertindak dan berpikir. Peranan penting norma dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari fungsinya yaitu untuk mengatur kehidupan dalam bermasyarakat. Pembagian norma dibagi menjadi 4 macam diantaranya yaitu norma kesusilaan, norma agama, norma adat, dan norma hukum. Semua norma tersebut mempunyai keterkaitan dan saling mendukung antara norma yang satu dengan norma yang lainnya.

Macam-macam Norma

Dalam artikel ini kami akan memperkenalkan kepada anda lebih jauh tentang 4 macam norma yang kami sebutkan tersebut.

Macam Macam Norma

Berikut ini penjelasan dari 4 macam norma yang sudah kami sebutkan di atas.

1. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalan peraturan hidup mengenai baik atau buruknya sebuah tindakan atau perbuatan setiap orang yang bersumber dari hati nurani. Norma kesusilaan dipercayai masyarakat sebagai tuntunan hidup yang dipercayai kebenarannya. Karena letak norma kesusilaan ini berada dalam hati nurani, maka tindakan pelanggaran norma kesusilaan ini dapat disebut pengingkaran kepada hati nurani. Orang yang melanggar norma kesusilaan ini akan mendapat sanksi yaitu perasaan gelisah, menyesal dan perasaan malu. Tetapi ada juga orang yang tidak mempunyai hati nurani tidak akan merasa menyesal atas kesalahan yang dilakukannya. Sebagai contoh orang yang melanggar norma kesusilaan yaitu berbohong kepada orang lain, mengambil hak orang lain dan lain-lain.

Selengkapnya baca Artikel: Pengertian Norma Kesusilaan dan Contohnya.

2. Norma Agama

Norma agama adalah norma tertua yang telah ada dalam kehidupan manusia. Kehadiran norma ini lahir bersamaan dengan hadirnya manusia di dunia ini. Norma agama merupakan norma yang dijadikan petunjuk hidup yang sumbernya berasal dari Tuhan. Norma agama mengajarkan untuk mematuhi segala perintah, anjuran dari Tuhan dan menjauhi larangannya. Norma agama umumnya terdapat di dalam kitab suci para pemeluk agama dan norma tersebut diyakini para pemeluk agama sebagai pedoman hidup untuk menuju jalan kebenaran. Norma agama sebagian besar bersifat universal (umum). Maksudnya yaitu bahwa norma tersebut berlaku untuk semua golongan manusia yang ada di dunia ini terlepas dari agama yang dipeluknya.

Contoh norma agama yaitu semua agama mengajarkan kepada umatnya agar tidak berbuat jahat kepada orang lain. Jika melanggarnya maka akan memperoleh sanksi berupa dosa dan akan di siksa di akhirat.

Selengkapnya baca Artikel: Pengertian Norma Agama dan Contohnya.

3. Norma Adat

Norma adat adalah sebuah peraturan hidup yang beersumber dari tradisi yang berlaku pada sekelompok masyarakat yang dipercayai sebagai pedoman, tuntunan, panduan dalam hidup sehari-hari. Norma ini diwariskan secara turun-temurun dan kelestariannya dijaga untuk diwariskan ke generasi berikutnya. Norma adat sifatnya tidak universal, maksudnya steiap kelompok masyarakat mempunyai norma adat yang berbeda-beda. Karena itulah maka sanksi bagi orang yang melanggar norma adat berasal dari kelompok itu juga. Pada umumnya orang yang mempunyai wewenang untu mengawasi penggunaan norma adat adalah seorang ketua adat atau pemimpin adat.

Selengkapnya baca Artikel: Pengertian Norma Adat dan Contohnya.

4. Norma Hukum

Norma hukum adalah aturan berupa perintah dan larangan yang sumbernya berasal dari Negara melalui lembaga atau badan yang berwenang. Norma hukum sifatnya memaksa dan tegas, bagi yang melanggar akan dikenai sanksi yang tegas. Di dalam kehidupan bermasyarakat norma hukum mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjaga ketertiban. Setiap orang mempunyai tugas untuk mengetahui, memahami hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat. Adanya norma hukum ini akan membuat hak dan kewajiban warga masyarakat terpelihara dan terjaga sehingga kehidupan menjadi tertib, teratur dan terciptanya kedamaian.

Selengkapnya baca Artikel: Pengertian Norma Hukum dan Contohnya.

Demikian penjelasan singkat yang dapat kami berikan tentang Macam Macam Norma dan Contohnya semoga dapat memberikan manfaat.