Pengertian Norma Adat dan Contohnya

Pengertian Norma Adat dan Contohnya – Tahukah kamu apa itu norma adat? Norma adat adalah suatu aturan atau kaidah yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat secara turun temurun yang diyakini sebagai sesuatu yang dinilai baik. Norma adat sebagai pelengkap hkum tertulis, karena norma adat termasuk dalam hukum yang tidak tertulis. Yang menjadi sumber hukum adat ialah kebiasaan, kepatuhan dan kepantasan yang berkembang dan berlaku di suatu  masyarakat tertentu. Pertumbuhan norma adat ini tumbuh seiring dengan perkembangan yang ada dalam masyarakat. Orang yang melanggar norma adat akan dikenakan sanksi, sanksinya bisa berupa dikucilkan dari masyarakat.
Norma Adat
Baca juga Artikel: Pengertian Norma: Apa itu Norma?
Norma adat sebagai norma yang berkembang turun-temurun, norma adat juga dijadikan sebagai pegangan hidup yang berjalan dan berlaku. Umumnya masyarakat tidak mau merubah norma adat karena takut berkurangnya keberuntungan atau juga takut terjadi bencana yang melanda kehidupan mereka. Umumnya masyarakat yang masih memegang teguh norma adat, hidup dalam masyarakat tradisional.
Berikut ini akan saya jelaskan beberapa tentang

Contoh Norma Adat

Adapun Contoh norma adat yang sampai sekarang berjalan di Indonesia yaitu Pada orang Batak (Tapanuli) dilarang melakukan pernikahan yang marganya sama. Kenapa begitu karena orang batak meyakini pernikahan dengan marga yang sama itu sama saja pernikahan dengan sesama saudara. Begitu juga yang terjadi pada masyarakat suku Dayak. Dalam masyarakat suku dayak mewajibkan pernikahan antarkeluarga yang masih ada dalam satu rumpum suku bangsa yang bersangkutan. Pernikahan tersebut disebut dengan sistem endogami.
Baca juga Artikel: Pengertian Norma Agama dan Contohnya
Demikian penjelasan yang dapat kami uraian mengenai Pengertian Norma Adat dan Contohnya, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait