Pengertian Norma Kesusilaan dan Contohnya

Pengertian Norma Kesusilaan dan Contohnya – Kali ini akan kami jelaskan tentang apa itu norma kesusilaan? Sebetulnya, tanpa kita sadari norma telah tertanam dalam diri manusia yaitu berada dalam hati sanubari manusia. Norma kesusilaan selalu muncul mengiringi perjalanan hidup manusia hadir dalam wujud kesadaran hati nurani. Karena adanya norma kesusilaan inilah yang bisa membuat kita menjadi pantas disebut sebagai manusia serta dapat membedakan diri kita dengan makhluk lainnya yang diciptakan Tuhan. Setiap manusia tentunya mempunyai norma kesusilaan, akan tetapi beberapa diantaranya ada yang menyangkal, menolak bahkan melakukan perlawanan pada norma yang telah ada. Contoh sederhananya, misalnya anda pernah berbohong mengenai sesuatu hal, dan diwaktu yang sama hati sanubari anda sadar bahwa perkataan yang telah anda ucapkan itu salah, namun anda masih tetap berbohong. Itu hanya merupakan salah satu contoh dan masih banyak contoh-contoh lainnya. Untuk penjelasan yang lebih jauh tentang artikel norma kesusilaan, baca uraian berikut ini.
Norma Kesusilaan

Pengertian Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan yaitu aturan sosial yang bersumber dari hati nurani dan menghasilkan akhlak atau perilaku, dengan begitu maka orang akan bisa membedakan mana yang dianggap baik dan buruk. Norma kesusilaan dilakukan atas dasar hati nurani, karena itulah norma kesusilaan tergolong dalam norma tidak tertulis. Norma kesusilaan merupakan norma yang telah ada sejak dulu, karena norma ini lahir bersamaan dengan keberadaan manusia atau kelahiran manusia. Di dalam jiwa manusia pastinya tertanam norma kesusilaan tanpa mengenal bangsa, masyarakat dan batas wilayah. Dan jika seseorang telah melanggar norma ini maka orang tersebut dianggap sebagai orang yang tidak bermoral atau orang yang asusila. Karena itulah maka norma kesusilaan ini juga disebut dengan norma moral.
Baca juga Artikel: Pengertian Norma: Apa itu Norma?
Setelah membahas tentang Pengertian norma kesusilaan, maka selanjutnya akan kami bagikan tentang

Contoh Norma Kesusilaan.

Berikut ini adalah Contoh norma kesusilaan yang dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari:
Berperilaku dan Bertindak Jujur
Salah satu contoh norma kesusilaan yaitu berperilaku dan bertindak jujur. Contoh berperilaku dan bertindak jujur yaitu pada saat seseorang telah menemukan sebuah benda atau barang milik orang lain, jika dia seorang yang berperilaku dan bertindak jujur maka dia pasti akan mengembalikan barang yang telah ditemukannya kepada pemilik barang tersebut.
Membicarakan hal-hal yang baik dan sopan
Dalam kehidupan manusia sehari-hari, berbicara merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan karena manusia membutuhkan yang namanya bicara untuk berkomunikasi. Dalam berbicara kita harus berusaha membicarakan sesuatu yang baik karena berbicara yang baik akan berdampak baik, dan jika berbicara tentang hal-hal yang tidak baik/ negatif maka dapat menimbulkan hal yang negatif. Apabila seseorang membicarakan hal-hal yang baik mengenai orang lain, maka apa yang dibicarakan yang baik-baik itu akan kembali pada dirinya sendiri. Apabila tidak ada sesuatu hal yang baik untuk dibicarakan, maka sebaiknya jangan bicara.
Jika Melakukan Kesalahan Meminta Maaf
Salah satu bentuk norma kesusilaan yaitu jika melakukan kesalahan maka harus meminta maaf. Jika anda melakukan kesalahan segeralah meminta maaf dan janganlah lari dari kesalahan atau malah menyalahkan orang lain. Jadi bersikaplah kesatria yang bertanggung jawab atas kesalahan sehingga dengan bagitu maka anda pati akan jadi orang yang dipercaya.
Tidak boleh mengambil hak orang lain
Manusia merupakan makhluk sosial sehingga tidak bisa dipungkiri kalau manusia hidup dengan orang lain dan saling membutuhkan. Di dalam hidup manusia yang saling membutuhkan satu sama lain maka manusia tidak bisa bertindak semaunya. Contoh tindakan semaunya yaitu mengambil hak orang lain, itu akan merugikan orang lain. Maka dari itu dalam menjalani kehidupan ini kita harus saling menghargai dan jangan pernah mengambil hak orang lain agar hidup kita selalu tentram.
Hormat terhadap orang yang lebih tua dan menghargai orang yang lebih muda
Dalam pergaulan sehari-hari hendaknya diterapkan norma kesusilaan agar tercipta keharmonisan. Dalam pergaulan kita harus bersikap sopan santun terhadap orang lain. Misalnya jika ada orang yang umurnya lebih tua dari kita maka kita harus menghormatinya, dan jika teman kita umurnya lebih muda dari kita maka kita perlu menghargainya, dan bersikap sopan terhadapnya. Dengan begitu maka akan terasa tentram dan harmonis.
Mengenakan pakaian sesuai dengan situasi
Cara berpakaian yang baik juga termasuk dalam norma kesusilaan. Dalam berpakaian hendaknya menyesuaikan warna kulit, bentuk tubuh, situasi, warna baju, waktu, tempat dan juga acara yang didatangi. Hendaknya dalam berpakaian, mengenakan pakaian yang mampu membentuk keserasian dengan penampilan sesuai situasi dan kondisi. Jika mengenakan pakaian sembarangan maka akan timbul keanehan dan menjadi pusat perhatian orang di sekitar kita.
Sanksi terhadap pelanggar Norma Kesusilaan
Yang menjadi dasar norma kesusilaan yaitu bisikan hati yang mengarah pada kebenaran yang tertanam dalam setiap orang. Karena itulah maka sanksi yang dikenakan terhadap pelanggar norma kesusilaan sifatnya individual. Pelanggaran norma kesusilaan merupakan bentuk pengingkaran pada hati nurani. Sanksi yang diterapkan terhadap orang yang melanggar norma kesusilaan ini dapat berupa rasa sakit batin (rasa malu, gelisah, dan penyesalan) dan juga dapat berupa pengucilan secara fisik (diusir, bahkan dipenjara).
Demikian penjelasan mengenai Norma Kesusilaan: Apa itu Norma Kesusilaan?, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait