Pengertian BitCoin: Apa itu BitCoin

Pengertian BitCoin - Belakangan ini transaksi jual beli di Internet semakin berkebang pesat. Perkebangannya bukan hanya dalam proses transaksinya saja yang beraneka ragamm, tetapi sekarang sudah muncul sebuah mata uang virtual baru yang disebut dengan BitCoin. Mungkin diantara kita masih banyak yang belum tahu tentang apa itu BitCoin. Bahkan mungkin baru pertama kali mendengar namanya. Maka dari itulah dalam artikel kali ini kami akan mengulas tentang apa itu BitCoin. 

Pengertian Bitcoin

Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual yang dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Bitcoin  dapat digunakan untuk bertransaksi online. Mata uang Bitcoin seperti halnya Dollar atau Rupiah, tetapi hanya tersedia di dalam dunia digital. Mungkin konsepnya terdengar seperti eGold, meskiupn sebenarnya berbeda jauh. Apabila ditanya bagaimana bentuk mata uang ini, maka bentuknya yang jelas bukanlah seperti mata uang fisik yang diterbitkan oleh sebuah bank, juga bukan mata uang dari sebuah negara. Yang jelas bitcoin berbentuk mata uang digital yang sama sekali tidak terikat oleh otoritas atau pihak manapun. Jadi bentuk dari mata uang bitcoin yaitu berbentuk layaknya sebuah file.
Pengertian BitCoin

Mata uang BitCoin dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka, dan juga menggunakan jaringan peer-ke-peer tanpa administrator tunggal atau terpusat (mata uang yang terdesentrasi). Bukan seperti mata uang yang apda umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utamanya. BitCoin menggunakan sebuah database yang disalurkan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P (SiPeer-to-SiPeer) ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar.

Kelebihan BitCoin

Bitcoin mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan mata uang lainnya, berikut ini adalah kelebihan dari bitcoin.

Transfer instant secara peer to peer

BitCoin berjalan tanpa mempunyai server pusat karena menggunakan jaringan peer to peer. Server yang digunakan untuk penyimpanan bersifat desentralisasi dan terdistribusi – dibagi ke berbagai server yang dijalankan setiap pengguna yang tersambung ke dalam jaringan.

Bisa Transfer ke mana saja.

BitCoin dapat dikirimkan ke mana saja dalam hitungan detik, tidak seperti emas. Bitcoin dapat dikirim kapanpun anda mau dari manapun anda berada. Hal itu karena pengiriman bitcoin dapat terjadi hanya dengan modal koneksi internet dan smartphone.

Biaya transfer sangat kecil.

Biaya pengiriman BitCoin dapat dihilangkan hingga gratis, tetapi agar transaksi lebih cepat biasanya dompet BitCoin anda akan memotong biaya antara 500 – 3000 rupiah, itupun tidak peduli berapa jumlah uang yang akan dikirimkan.

Transaksi bitcoin bersifat pseudonymous.

Seluruh transaksi yang pernah dilakukan sekaligus saldo BitCoin yang dimiliki oleh seseorang dapat kita lihat, akan tetapi kita tidak akan tahu siapa pemilik dari alamat BitCoin tersebut jika pemiliknya tidak memberitahunya sendiri. Sebenarnya setiap pengguna BitCoin dapat memilih apkah namanya ingin ditampilkan atau tidak, tetapi walaupun seorang pengguna merahasiakan identitasnya, seluruh transaksi akan tetap tercatat dan bisa dipantau oleh publik.

Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.

Apabila bitcoin telah dikirim dan diterima orang lain, transaksi tidak bisa dibatalkan kecuali orang tersebut bersedia untuk mengirim balik BitCoin tersebut.

Bitcoin tidak dikontrol oleh pemerintah atau lembaga apapun.

BitCoin menggunakan database Blockchain tidak dikontrol oleh pihak manapun, tetapi sangat terbuka untuk umum. Karena itulah sangat mustahil bagi seseorang untuk memalsukan transaksi di dalam Blockchain.  Semua transaksi secara live tercatat dan tersebar ke dalam jutaan server. Bagi mereka yang berkeinginan untuk memalsukan atau mengubah data transaksi BitCoin, harus meretas jutaan server tersebut secara bersamaan itu merupakan hal yang sangat mustahil dan tidak mungkin.

Jumlah BitCoin terbatas

Di seluruh dunia suplai BitCoin hanya terdapat 21 juta BitCoin. Sistem penciptaan Bitcoin yang terus berkurang setiap 4 tahun sekali seperti sistem ekonomi berdasarkan deflasi. Jika supply BitCoin semakin terbatas maka harga bitcoin akan cenderung naik.

Siapa yang Menerbitkan BitCoin

Sebuah BitCoin baru, diciptakan melalui proses yang disebut dengan “mining”. Para miner menggunakan kommputer yang canggih untuk menguraikan matematika kommpleks untuk menemukan block baru BitCoin, miner yang dapat menemukan blockakan dihadiahi sejumlah bitcoin. Awalnya hadiah setiap ditemukannya 1 block ada 50 BTC, namun sekarang per block 25 BTC. Untuk selanjutnya akan terus berkurang diiringi dengan bertambahnya sirkulasi BitCoin. Sistem memastikan kalau di dunia ini maksimal BitCoin yang beredar hanya 21 BTC, ini bertujuan agar nantinya tidak akan terjadi inflasi.

Apakah BitCoin aman?

Mungkin anda berpikir kalau sistem bitcoin yang open source dapat memungkinkan seorang yang mempunyai kemampuan dalam bidang komputer yang jenius bisa membobol sistem bitcoin dan menerbitkan bitcoin untuk dirinya sendiri. Namun dalam kenyataanya sistem yang ada di BitCoin sudah direview dari berbagai kalangan dengan status tanpa cacat. Setiap data transaksi yang ada di masa yang telah lampau tersimpan di seluruh peer jaringan secara berurutan. Setiap ada transaksi baru akan diverifikasi oleh sejumlah peer baru yang telah dinyatakan valid.

Jadi sistem BitCoin statusnya aman, yang tidak aman yaitu pengguna dan money exchanger. Seperti halnya seperti password internet banking. Seorang hacker dapat dengan mudah mencuri sejumlah uang yang anda miliki jika komputer yang anda gunakan terserang virus.

Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin

Anda bisa mendapatkan BitCoin dengan cara membeli dan mining. Untuk membeli bitcoin anda dapat melakukanya dengan membuka banner bitcoin.id berikut ini: 
https://vip.bitcoin.co.id/ref/johansupriyanto/1

Kemudian daftar/ registrasi, deposit/ setor saldo  rupiah. Setelah saldo terisi maka anda akan dapat membeli Bitcoin dan menjual Bitcoin. Akun Bitcoin.id dapat dijadikan sebagai wallet untuk menerima dan menyimpan Bitcoin.

Apakah Membeli BitCoin dapat Menguntungkan?

Pertanyaan itu seperti halnya saham apa yang perlu dibeli besok. Jawabannya tidak ada yang dapat memastikannya. Namun kalau dilihat dari perkembangan mmedia yang meliputnya mmenyebabkan antusiasmme tentang bitcoin dimana-mana. Saya meyakini kalau harga bitcoin akan terus naik berlipat-lipat. Hal itu terbukti, sebagai contoh lihat saja pada  tanggal 15 Juni 2017 Jam 17:00  harga 1 BTC (satu bitcoin) diperjual belikan dengan kisaran harga 34.344.900 rupiah.
Apa itu BitCoin
15 Juni 2017

Sedangkan sekarang 24 Desember 2017 jam 19:45 harga 1 BTC (satu bitcoin) diperjualkan dengan kisaran harga 235.501.000 rupiah. Dalam waktu 6 bulan saja kenaikannya sudah sangat fantastis. Jadi sangat beruntung sekali yang membeli bitcoin saat harganya masih rendah atau ketika harganya turun dan menjualnya ketika harganya naik. Harga bitcoin selalu naik turun dari waktu ke waktu.
Apa itu BitCoin
24 Desember 2017

Cara Mendapatkan BitCoin Gratis

Ada juga beberapa cara mendapatkan bitcoin secara gratis yaitu dengan cara kita melihat iklan, dalam waktu yang ditentukan oleh penyedia bitcoin gratis. Cara mendapatkan bitcoin gratis silahkan anda buka banner yang kami berikan setelah penjelasan ini. Kemudian silahkan daftar/ registrasi setelah itu lihatlah iklannya satu persatu maka anda akan mendapatkan bayaran bitcoin. Setelah mencapai ambang pembayaran bitcoin yang telah ditentukan maka anda dapat menarik atau Withdrawals ke dalam wallet bitcoin yang sebelumnya telah anda miliki untuk menerima dan menyimpan bitcoin. Setelah bitcoin masuk ke dalam  wallet kita maka anda dapat menariknya ke rekening bank yang kita miliki. Buka banner bitcoin gratis berikut ini untuk mendaftar dan mendapatkan bitcoin gratis.
https://btcclicks.com/?r=f8eaaeb3

https://coinbulb.com/?r=johansupriyanto

https://ref.adbtc.top/510089

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian Bitcoin. Semoga informasi dari blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru