Pengertian Cerpen dan Ciri-Ciri Cerpen

Advertisement
Pengertian cerpen dan ciri-ciri cerpen – Dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah pernahkah kamu mendapati pertanyaan seperti ini “apa yang dimaksud cerpen dan sebutkan ciri cirinya“? Tahukah kamu apa yang dimaksud cerpen dan ciri cirinya? Mungkin kamu ada yang tahu apa yang dimaksud dengan cerpen dan ciri cirinya namun ada juga yang belum tahu apa itu cerpen dan ciri-cirinya. Untuk itulah di sini kami akan memberikan jawaban atas pertanyaan tentang apa yang dimaksud dengan cerpen dan sebutkan ciri ciri cerpen. Di sini kami akan memberikan penjelasan tentang definisi cerpen dan ciri cirinya. Langsung saja silahkan anda simak, berikut ini penjelasan tnetang arti cerpen dan cirinya.
Pengertian Cerpen dan Ciri-Ciri Cerpen

Pengertian Cerpen

Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek. Cerpen adalah cerita yang wujud fisiknya berbentuk pendek. Karena dalam pengertian cerpen tersebut serasa masih belum jelas, maka dari itulah kita perlu mengetahui penjelasan cerpen secara lebih jelas. Seberapa pendekkah cerpen itu? Berapa jumlah kata cerita yang disebut cerpen? Untuk mengetahuinya berikut ini penjelasannya.

Ukuran panjang atau pendeknya sebuah cerita itu memang relatif, namun pada umumnya, sebuah cerita pendek adalah cerita yang dapat habis dibaca kurang lebih sepuluh menitan atau setengah jam. Mengenai jumlah katanya kurang lebih 500 sampai 5000 kata. Karena itulah, cerpen sering diungkapkan sebagai sebuah cerita yang bisa dibaca dalam sekali duduk. Umumnya ceita pendek itu bertema sederhana. Jumlah tokoh dalam cerita pendek juga terbatas. Selain itu jalan cerita yang digunakan sederhana dan latar yang digunakan meliputi ruang lingkup yang terbatas.

Ciri ciri Cerpen

Dengan memahami pengertian cerpen dan penjelasannya di atas, maka didapatkan ciri-ciri cerpen adalah sebagai berikut ini.
  • Alur lebih sederhana.
  • Hanya terdiri dari satu alur atau plot.
  • Latar digambarkan sesaat dan dalam lingkup yang terbatas.
  • Tokoh hanya sedikit.
  • Watak dan tokoh diterangkan atau diceritakan secara singkat.
  • Banyaknya tokoh terbatas.
  • Habis dibaca dalam sekali duduk.
  • Terdiri dari 3 halaman hingga 10 halaman.

Demikian penjelasa yang kami berikan tentang artikel tentang pengertian cerpen dan ciri-ciri cerpen. Semoga apa yan telah kami jelaskan dalam blog temukan pengertian di atas dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru