Pengertian Paragraf Persuasi dan Contohnya

Advertisement
Pengertian paragraf persuasi dan contohnya - Pernah menjumpai pertanyaan ini: jelaskan yang dimaksud dengan paragraf persuasi? Biasanya pertanyaan tentang jelaskan pengertian paragraf persuasi itu kita jumpai dalam di sekolah dalam pelajaran bahasa Indonesia. Karena dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah ada meteri yang membahas tentang paragraf persuasi. Masih ingatkah kamu dengan apa yang dimaksud dengan paragraf persuasi dan contohnya? Jika kamu lupa atau belum dapat tentang apa yang dimaksud paragraf persuasi dan contohnya, maka di sinilah kami akan membahas tentang definisi paragraf persuasi dan contohnya. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut ini.
Pengertian Paragraf Persuasi dan Contohnya

Pengertian Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang tujuannya untuk mempengaruhi, membujuk, merayu, atau menghimbau pembaca sehingga pembaca terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis. Paragraf persuasi merupakan sebagian dari jenis-jenis paragraf atau macam-macam paragraf. 

Pengertian Paragraf Persuasi Menurut Ahli

  • Pengertian paragraf persuasi menurut Targian (1994 : 113) adalah karangan yang bisa menarik minat, serta bisa meyakinkan bahwa pengalaman membaca adalah suatu hal yang sangat penting.
  • Pengertian paragraf persuasi menurut Kaffer (2001 : 119) adalah persuasi bertujuan untuk menggubah pikiran orang lain supaya bisa menerima dan melakukan sesuatu yang kita inginkan.
  • Pengertian paragraf persuasi menurut Kaffer (2011 : 118) adalah usaha untuk membujuk seseorang agar mau mengikuti tujuan yang kita hendaki tanpa adanya pemaksaan.
  • Pengertian paragraf persuasi menurut Vitale dalam bukunya yang berjudul Hypnotic Writing (2007 : 29) adalah bahwa hypnotic writing yaitu dengan sengaja memakai kata-kata untuk mengadu orang ke keadaan mental yang terfokus di mana mereka akan cenderung untuk membeli produk maupun jasa anda.

Contoh Paragraf Persuasi

Untuk lebih memahami seperti apa paragraf persuasi itu, maka kita perlu melihat contoh paragraf persuasi. Untuk itu berikut ini bisa dilihat contoh paragraf persuasi.

Namanya juga kegiatan nonakademik jadi sah-sah saja untuk dijalankan, apalagi jika bisa memaksimalkan diri sehingga dapat menghasilkan prestasi yang gemilang. Satu yang perlu diingat, sebagai seorang pelajar, kegiatan yang utama yaitu belajar. Anda harus pintar-pintar untuk membagi waktu. Percayalah, segala sesuatu kegiatan positif akan menghasilkan sebuah kesuksesan.

Fakta yang menunjukkan Paragraf Persuasi
Paragraf persuasi diatas bertujuan untuk mempengaruhi para pembaca supaya dapat berprestasi di bidang nonakademik dan agar giat dalam belajar.

Lihat juga: Pengertian Paragraf Eksposisi dan Contohnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian paragraf persuasi dan contohnya. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru