Pengertian Rangkaian Hambatan Campuran

Advertisement
Pengertian rangkaian hambatan campuran - Hambatan atau yang disebut resistor bisa dirangkai satu dengan yang lain untuk memperoleh nilai hambatan tersebut. Dalam merangkai hambatan ada yang dirangkai secara seri seri dan ada yang paralel. Namun ada juga yang dirangkai secara campuran (seri dan paralel). Untuk penjelasan rangkaian hambatan seri, baca artikel: Pengertian Rangkaian Hambatan Seri. Sedangkan untuk penjelasan rangkaian hambatan paralel silahkan baca artikel: Pengertian Rangkaian Hambatan Paralel. Sedangkan uantuk rangkaian hambatan campuran akan kami ulas dalam artikel kali ini. Di sini nanti juga akan kami berikan contoh rangkaian hambatan campuran dan rumus rangkaian hambatan campuran.
Pengertian Rangkaian Hambatan Campuran

Pengertian Rangkaian Hambatan Campuran

Rangkaian hambatan campuran adalah rangkaian yang merupakan gabungan dari rangkaian hambatan seri dan paralel. Rangkaian hambatan sering kali disebut sebagai rangkaian hambatan gabungan atau kombinasi. Ada juga yang menyebutnya rangkaian hambatan seri paralel. Mengenai rumus dan ketentuan yang digunakan sama dengan rumus dan ketentuan yang digunakan dalam rangkaian hambatan seri dan paralel. 

Contoh Rangkaian Hambatan Campuran

Pengertian Rangkaian Hambatan Campuran

Dalam gambar contoh rangkaian hambatan campuran tersebut terdapat sebanyak 5 buah hambatan yang disusun secara campuran/ gabungan seri dan paralel. Untuk menentukan berapa total hambatan pengganti rangkaian tersebut bisa kita peroleh dengan langkah-langkah berikut ini:
  • R2 dan R3 seri maka hambatan penggantinya yaitu Rs = R2 + R3
  • Rs, R4, dan R5 paralel maka hambatan penggantinya yaitu 1/Rp = 1/Rs + 1/R4 + 1/R5
  • R1 dan Rp ialah seri maka Rtotal = R1 + Rp

Untuk mempermudah perhitungan dahulukan menghitung yang seri dulu, kemudian hitunglah yang paralel. Terakhir lakukanlah penjumlahan dari rangkaian total keduanya (tergantung dari bentuk rangkaian campurannya). Contohnya perhatikan pada gambar berikut ini.
Pengertian Rangkaian Hambatan Campuran

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tetang pengertian rangkaian hambatan campuran. Semoga tulisan dalam blog temukan pengertian ini bisa menambah pengetahuan kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru