Pengertian Dividen dan Jenisnya

Advertisement
Advertisement
Pengertian dividen dan jenisnya - Berbicara tentang sebuah laba dan saham pada sebuah perusahaan, ada yang namanya dividen. Tahukah kamu Apa itu dividen? Mungkin diantara kamu ada yang sudah tahu dengan apa yang dimaksud dividen dan ada juga yang belum? Nah topik pembahasan kami kali ini yaitu tentang apa yang dimaksud dengan dividen dan jenis jenis dividen. Bagi kamu yang belum tahu seperti apakah dividen itu, kamu bisa menyimak pembahasan yang kami ulas tentang definisi dari dividen secara umum dan pengertian dividen menurut para ahli beserta jenis-jenisnya ini. Oke langsung saja di simak penjelasan tentang jenis-jenis dan arti dari dividen adalah sebagai bberikut ini.
Pengertian Dividen dan Jenisnya

Pengertian Dividen

Dividen adalah pembagian laba atau keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Itu artinya bahwa besarnya dividen tergantung dari besarnya saham masing-masing pemilik. Pembagian ini akan mengurangi jumlah laba ditahan dan kas yang tersedia bagi perusahaan, namun distribusi keuntungan kepada para pemilik memang merupakan tujuan utama dari sebuah bisnis. Jumlah dividen yang akan dibagikan diusulkan oleh Dewan Direksi da disetujui di dalam rapat umum pemegang saham.

Ada pula yang menyatakan arti dari dividen adalah suatu bentuk pembayaran yang dilakukan kepada para pemegang saham yang sumbernya berasal dari keuntungan perusahaan. Kebijakan dari dividen berpengaruh sekali terhadap laba dan kas dalam suatu perusahaan dan cenderung akan lebih menguntungkan para pemilik saham apabila tidak dikelola dengan sebuah kebijakan yang benar.

Suatu perusahaan bisa saja tidak melakukan pembagian dividen dengan suatu tujuan yaitu penggunaan laba untuk kepentingan ekspansi atau pengembangan bisnis. Tetapi perusahaan pada umumnya menerbitkan dividen untuk meningkatkan kepercayaan kepada pera pemegang saham untuk jangka panjangnya. Selain itu untuk menarik para investor baru yang ingin mencari sumber pendapatan tetap.

Pengertian Dividen Menurut Para ahli

Definisi kebijakan dividen menurut para ahli adalah sebagai berikut ini.
  • Pengertian Dividen menurut Baridwan (1997), dividen yaitu bagian dari laba yang dibagikan kepada para pemegang saham yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah saham yang dimiliki para pemegang saham. Besarnya dividen yang diperoleh pemegang saham dapat mengalami perubahan dari tahun sebelumnya, sesuai dengan besarnya laba di tahun berikutnya.
  • Pengertian Dividen menurut Scott Besley dan Eugene F. Brigham Brigham (2005), dividen adalah pembagian yang dilakukan oleh para pemegang saham atas keuntungan yang di diperoleh perusahaan, baik itu dari laba yang diperoleh pada periode yang sedang berjalan maupun laba pada periode yang sebelumnya.
  • Pengertian Dividen menurut Paul D. Kimmel, Jerry J. Weygandt, dan Donald E. Kieso (2011), definisi saham yaitu distribusi yang dilakukan oleh perusahaan kepada para pemegang saham secara proporsional sesuai dengan kepemilikan saham. Bisa juga dikatakan bahwa para investor hanya akan menerima laba sesuai dengan persentase investasinya pada perusahaan tersebut.
  • Pengertian Dividen menurut Jamie Pratt (2011), bahwa dividen yaitu distribusi uang tunai, saham atau properti kepada para pemegang saham suatu perusahaan. Dividen dinyatakan oleh resolusi dewan direksi korporasi setiap triwulan, dan jumlahnya diumumkan atas dasar basis per lembar saham.
  • Pengertian Dividen menurut Nikiforous K. Laopodis (2013), bahwa dividen adalah pembayaran tunai yang dilakukan perseroan kepada para pemegang saham. Dividen tersebut merepresentasikan pemegang saham terhadap penerimaan langsung ataupun tidak langsung atas investasi mereka pada perusahaan.

Jenis jenis Dividen

Jelaskan jenis jenis dividen? Jenis jenis dividen adalah sebagai berikut.
  • Dividen tunai adalah metode yang paling umum untuk pembayaran atau pembagian keuntungan yang dibayarkan secara tunai dan dikenai pajak pada saat tahun pengeluarannya.
  • Dividen saham adalah pembagian dividen yang dilakukan melalui penambahan jumlah saham (dalam bentuk saham tambahan), tetapi mengurangi nilai setiap saham dengan tujuan untuk tidak mengubah kapasitas pasar. Biasanya dihitung berdasarkan dari proporsi terhadap jumlah saham yang dimiliki. Contoh saham dividen yaitu setiap 100 saham yang dimiliki, dibagikan 5 saham tambahan. Metode ini seperti stock split yang dilakukan dengan menambahkan jumlah saham sambil mengurangi nilai tiap saham sehingga tidak akan mengubah kapitalisasi pasar.
  • Dividen properti adalah metode pembagian dividen yang dibayarkan dalam bentuk aset, misalnya dalam bisnis properti, tetapi pembagian dividen dengan cara seperti ini jarang sekali dilakukan dalam bisnis.
  • Dividen interim adalah dividen yang diumumkan dan dibagikan sebelum perusahaan selesai membukukan keuntungan tahunan (sebelum tahun buku perseroan berakhir).
  • Dividen hutang yaitu pembagian dividen kepada para pemegang saham dalam bentuk perjanjian tertulis, yang mana perusahaan akan membayarkan sejumlah kas di waktu mendatang. Dividen hutang dapat berbentuk bunga atau tidak berbunga, dan dapat pula diperjual belikan kepada para pemegang saham yang lain.
  • Dividen likuidasi adalah dividen yang dikeluarkan ketika dewan direksi akan melakukan likuidasi bisnis dan mengembangkan seluruh aset bersih yang tersisa kepada para pemegang saham berupa uang tunai.

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian dividen dan jenisnya. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru