Skip to main content

Pengertian Obligasi dan Jenis jenis Obligasi

Pengertian obligasi dan jenis jenis obligasi – Sering kali dalam dalam dunia keuangan kita mendengar istilah Obligasi. Istilah obligasi sering disebut dengan pernyataan uang. Nah sudah tahukah kamu apa itu obligasi? Mungkin teman-teman yang bergerak dalam bidang keuangan sudah tahu tentang apa yang dimaksud obligasi. Namun bagi kamu pastinya masih ada yang asing dengan apa yang dimaksud dengan obligasi. Untuk itu agar kamu bisa tahu seperti apakah obligasi itu, maka dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tentang arti obligasi, juga pengertian obligasi menurut para ahli dan jenis jenis obligasi. Silahkan simak ya berikut ini adalah penjelasan tentang definisi obligasi dan jenisnya.

Pengertian Obligasi dan Jenis jenis Obligasi

Pengertian Obligasi

Pengertian obligasi adalah sebuah surat tanda pengakuan utang yang diterbitkan oleh penerbit obligasi kepada para pemegang obligasi. Definisi obligasi lain yaitu sebuah sertifikat yang isinya tentang kontrak antara pihak investor dengan pihak perusahaan, yang menyatakan bahwa investor pemegang obligasi yang telah meminjamkan sejumlah uang pada perusahaan. Perusahaan yang telah menerbitkan obligasi berkewajiban untuk membayar bunga secara reguler sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan dan pokok pinjaman ketika jatuh tempo.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Obligasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi obligasi menurut para ahli:

  • Pengertian obligasi menurut Rahardjo (2003 : 8), bahwa obligasi adalah sebuah produk pengembangan dari surat utang jangka panjang.
  • Pengertian obligasi menurut Fakhrudin dan Hardianto (2001 : 15), bahwa obligasi adalah sertifikat atau surat berharga yang isinya tentang kontrak antara pihak si pemberi pinjaman (investor) dengan pihak yang diberi pinjaman (issuer).
  • Pengertian obligasi menurut Drs. Bambang Riyanto (1997 : 128), bahwa obligasi adalah suatu pengakuan hutang yang dikeluarkan oleh pemerintah/ perusahaan/ lembaga-lembaga lain sebagai pihak yang berhutang yang mempunyai nilai nominal tertentu serta kesanggupan dalam membayar bunga serta periodik atas suatu dasar presentase tertentu yang tetap.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Obligasi

Harga pasar (nilai pasar) suatu obligasi secara umum bergerak berlawanan arah dengan perubahan suku bunga. Apabila suku bunga secara umum bisasanya turun, maka harga atau nilai obligasi akan meningkat, hal itu karena biasanya semua investor berinvestasi pada obligasi. Tak hanya itu, apabila suku bunga secara umum lebih cenderung meningkat, maka harga atau nilai obligasi akan mengalami penurunan, sebab para investor lebih cenderung untuk menanam uangnya di bank. jenis-jenis obligasi berdasarkan penerbitnya adalah sebagai berikut ini.

  • Corporate bond adalah obligasi yang diterbitkan oleh suatu perusahaan.
  • Government Bond atau Treasury Bond adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah.
  • Municipal bond adalah sebuah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah guna untuk membiayai proyek tertentu di daerah.

Sebelum berinvestasi pada obligasi, disarankan bagi para investor untuk memperhatikan peringkat obligasi, yaitu mengenai penilaian tentang kemungkinan gagal bayar pada obligasi. Selain obligasi biasa terdapat pula obligasi konversi yaitu obligasi yang bisa ditukarkan dengan saham biasa pada harga tertentu. Obligasi konversi bagi emitan merupakan suatu daya tarik yang ditunjukkan kepada para investor untuk meningkatkan penjualan obligasi. Jenis obligasi lain dikelompokan menjadi berikut ini:

  • Coupon Rate Obligasi (Obligasi dengan Fixed Rate) adalah jenis obligasi yang memberikan bunga tetap. Biasanya bunga dibayarkan setiap 6 bulan sekali atau satu tahun sekali.
  • Obligasi Floating Rate adalah suatu jenis obligasi yang memberikan bunga mengambang menyesuaikan dengan bunga yang berlaku di pasar.
  • Obligasi Zero Coupon adalah jenis obligasi dengan bunga nol atau jenis obligasi yang hanya memberikan sekali aliran kas masuk saja pada saat sudah jatuh tempo. Dikarenakan obligasi ini tanpa bunga sehingga supaya menarik bagi pembeli obligasi, maka jenis obligasi ini dijual dengan discount atau dijual dengan harga yang di bawah harga nominalnya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Seperti itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian obligasi dan jenis jenis obligasi. Semoga apa yang telah kami jelaskan pada blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar