Skip to main content

Pengertian Organisme Heterotrof Beserta Contohnya

Pengertian organisme heterotrof beserta contohnya – Berdasarkan pemenuhan energinya, organisme hidup bisa dibedakan menjadi 2 macam yaitu autotrof dan heterotrof. Nah pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang apa itu organisme heterotrof. Sedangkan untuk organisme autotrof akan kami bahas di lain waktu. Mungkin bagi kamu yang belajar biologi tentang organisme sudah tahu tentang apa yang dimaksud organisme heterotrof. Namun bagi kamu yang belum mempelajarinya pastinya belum tahu seperti apa yang dimaksud dengan organisme heterotrof. Untuk itu di sini kami akan membahas tentang arti organisme heterotrof dan jenis organisme heterotrof beserta contoh organisme heterotrof berdasarkan jenis makanannya.
Pengertian Organisme Heterotrof Beserta Contohnya

Pengertian Organisme Heterotrof

Kata Heterotrof berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata Heterone yang artinya lainnya dan trophe yang artinya nutrisi. Heterotrof merupakan organisme yang membutuhkan senyawa organik di mana karbon akan diekstrak untuk pertumbuhannya. Heterotrof dikenal sebagai konsumer atau organisme yang tidak bisa membuat makanan sendiri dalam rantai makanan dan hanya bergantung dengan yang lain. Jadi organisme heterotrof adalah organisme yang tidak dapat menyusun zat anorganik menjadi zat organik sehingga untuk mendapatkan makanannya harus dengan cara memakan organisme lain.

Jenis Organisme Heterotrof

Organisme Heterotrof berdasarkan jenis maknanya dibedakan menjadi herbivora, karnivora, omnivora, scavenger dan detritivor. Berikut ini adalah contoh organisme heterotrof berdasarkan jenis makanannya.
  • Herbivora adalah pembakaran tumbuhan. Pada tingkatan rantai makanan, herbivora adalah konsumber I. Contoh hewan herbivora adalah: ulat, belalang, kelinci, rusa dan sapi.
  • Karnivora adalah pemakan daging. Seluruh konsumber II dan seterusnya termasuk karnivora. Dikarenakan memangsa hewan yang lain, maka hewan karnivora disebut sebagai predator. Predator memperoleh mangsanya dengan cara memburu mangsanya. Contoh hewan karnivora adalah kucing, ular, elang, laba-laba dan kodok.
  • Omnivora adalah pemakan segala. Hewan omnivora bisa memakan tumbuhan maupun daging. Contoh omnivora adalah orang utan, kera, siamang, beruang dan manusia. Biasanya hewan omnivor mendominasi ekosistem, kecuali apabila ekosistem sudah terganggu. Manusia termasuk organisme omnivora yang dapat beradaptasi dengan segala bentuk kondisi lingkungan, terutama karena akal pikirannya. Karena itulah manusia mendominasi bumi. Untuk itu sekarang kita harus sadar, bahwa manusia tidak berada di luar lingkungan, tetapi menjadi bagian dari lingkungan tersebut. Maka dari itu kita haruslah selalu menjaga lingkungan kita dengan baik.
  • Scavenger adalah pemakan bangkai yaitu hewan yang memakan tubuh hewan lain yang telah mati. Contoh scavenger adalah burung nasar.
  • Detritivor adalah organisme pemakan detritus. Detritus adalah serpihan-serpihan organisme yang dapat berupa serpihan daun, batang ataupun potongan hewan. Contoh hewan detritivor adalah rayap, cacing tanah, dan serangga tanah.

Demikian penjelasan tentang pengertian organisme heterotrof beserta contohnya yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar