Skip to main content

Pengertian Plasma Darah dan Kandungannya serta Fungsinya

Pengertian plasma darah dan kandungannya serta fungsinya - Plasma darah merupakan cairan dalam tubuh yang tidak kalah penting dengan sel darah merah, sel darah putih dan trombosit. Nah tahukah kamu apa itu plasma darah? Bisakah kamu menjelaskan apa yang dimaksud dengan plasma darah? Bagi kamu yang pernah mempelajarinya pastinya sudah tahu kan apa yang dimaksud plasma darah, namun bagi yang belum pernah mempelajari seperti apakah yang dimaksud plasma darah itu pastinya akan kesulitan untuk menjelaskan definisi plasma darah. Untuk itu agar kamu yang belum tahu seperti apakah plasma darah itu, maka di sini kami akan menjelaskan tentang pengertian atau arti plasma darah beserta kandungan plasma darah dan fungsi plasma darah.

Pengertian Plasma Darah dan Kandungannya serta Fungsinya

Pengertian Plasma Darah

Plasma darah adalah komponen darah yang berbentuk cairan warnanya kuning yang menjadi medium sel-sel darah, di mana sel darah ditutup. 55% dari volume atau jumlah darah adalah plasma darah. Volume plasma darah terdiri atas 90% air dan 10% adalah larutan protein, ion mineral, glukosa, hormon, faktor koagulasi, dan karbon dioksida. Pada proses ekskresi plasma darah juga merupakan medium.

Plasma darah bisa dipisahkan dalam sebuah tuba yang berisi darah segar yang sudah dibubuhi dengan zat anti koagulan yang kemudian diputar sentrifugal hingga sel darah merah jatuh ke dasar tuba, sel darah putih akan ada di atasnya dan membentuk lapisan buffy coat, plasma darah berada di atas lapisan tersebut dengan kepadatannya berkisar 1.025 kg/l atau 1025 kg/ m3. Serum darah merupakan plasma tanpa fibrinogen, sel serta faktor koagulasi lain. Fibrinogen menempati sebanyak 4% alokasi protein dalam plasma yang termasuk faktor penting dalam sebuah proses pembentukan darah.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kandungan Plasma Darah

Pengertian Plasma Darah dan Kandungannya serta Fungsinya

Jelaskan kandungan yang terdapat dalam plasma darah? kandungan pada plasma darah adalah sebagai berikut ini.

  • Terkandung zat makanan dan mineral, seperti glukosa, gliserin, asam amino, asam lemak, garam mineral, dan kolesterol.
  • Zat yang dihasilkan dari sel-sel yaitu hormon, antibodi dan enzim.
  • Protein dalam darah yaitu albumin, protrombin, gammaglobulin, fibrinogen, tromboplastin, anttheofilik.
  • Oksigen, karbon dioksida dan nitrogen.
  • Asam urat dan urea.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Plasma Darah

Fungsi plasma darah adalah sebagai berikut ini:

  • Sebagai alat pengangkut hasil oksidasi untuk dibuang melalui alat ekskresi.
  • Sebagai alat pengangkut air sekaligus menyebarkan ke dalam tubuh.
  • Untuk menjaga temperatur suhu tubuh
  • Sebagai alat pengangkut oksigen dan disebarkan ke seluruh tubuh.
  • Untuk menjaga dan mengatur keseimbangan asam basa dalam tubuh.
  • Sebagai alat pengangkut getah hormon dari kelenjar buntu.
  • Untuk mencegah terjadinya infeksi terhadap sel darah putih.
  • Sebagai alat pengangkut sari makanan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian plasma darah dan kandungannya serta fungsinya. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat bagi kita.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar