--> Skip to main content
Menu

Pengertian dari Pergerakan Lempeng Transform, Contoh & Batas

Pengertian dari pergerakan lempeng transform – Dari waktu ke waktu kulit bumi selalu mengalami perubahan. Tentunya kondisi tersebut telah menjadi bahan pemikiran para ahali dalam mengungkap proses perubahan dan perkembangan kulit bumi dari masa lalu, sekarang dan prediksi pada masa mendatang. Salah satu hal yang mempengaruhi perubahan dan perkembangna kulit bumi adalah pergerakan lempeng transform. Apa itu pergerakan lempeng transform? Bagi kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud pergerakan lempeng transform, maka di sini kami akan memberikan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan pergerakan lempeng transform beserta dengan contoh pergerakan lempeng transform dan batas pergerakan lempeng. Oke langsung saja berikut ini pengertian gerakan transform lempeng tektonik.

Pengertian dari Pergerakan Lempeng Transform

Pengertian dari Pergerakan Lempeng Transform

Pergerakan lempeng transform adalah sebuah pertemuan antara 2 lempeng tektonik yang bergerak secara horizontal dan berlawanan arah. Dalam proses tersebut tidak terjadi pembentukan lapisan baru maupun terjadi penyusutan yang dilakukan oleh salah satu lempeng terhadap lempeng yang lain.

Contoh Pergerakan Lempeng Transform

Contoh gerakan transform lempeng tektonik adalah Mid-Ocean Ridges dan patahan San Andreas yang terjadi di California.

Selain teori lempeng tektonik, perubahan permukaan bumi juga dikarenakan adanya tenaga geologi yang terdiri dari tenaga endogen dan tenaga eksogen.

  • Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang bersifat membangun. Bagian-bagian dari tenaga endogen adalah sebagai berikut ini.
    1. Tektonisme adalah perubahan letak lapisan kulit bumi yang disebabkan oleh adanya tenaga endogen dengan arah horizontal dan vertikal.
    2. Vulkanisme adalah gerakan magma yang berasal dari dalam bumi yang terdiri dari intrusi (tidak sampai permukaan bumi) dan ekstrusi (sampai permukaan bumi).
    3. Gempa bumi adalah gerakan kulit bumi yang disebabkan adanya kekuatan dari patahan bumi. Gempa bumi dibedakan menajdi gempa tektonik (patahan atau retakan), gempa vulkanik dan gempa runtuhan.
  • Tenaga Eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi yang sifatnya merombak relief / bentuk permukaan. Tenaga eksogen meliputi pengikisan (erosi) dan pengendapan (sedimentasi).

Batas Pergerakan Lempeng

Pergerakan antara satu lempeng dengan lempeng yang lain berdampingan membentuk sebuah interaksi sehingga batas-batas pergerakan lempeng dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

Pengertian dari Pergerakan Lempeng Transform

1. Pergerakan Divergen

Pergerakan Divergen adalah pergerakan lempeng di mana lempeng-lempeng bergerak saling menjauh antara satu dengan yang lainnya di mana pada gerak ini gaya yang bekerja yaitu gaya tensional (tarikan). Divergen menyebabkan naiknya magma dari pusat bumi dan membentuk kerak samudera atau lantai samudera. Contoh pergerakan divergen adalah Mid Ocean Ridges (MOR) yang terjadi di dasar samudera Atlantik.

2. Pergerakan Konvergen

Pergerakan Konvergen adalah pergerakan lempeng di mana lempeng-lempeng bergerak saling mendekati antara satu dengan yang lainnya di mana pada gerak ini gaya yang bekerja ialah gaya kompresional. Terdapat 3 jenis pergerakan konvergen yaitu sebagai berikut:

  1. Subduksi adalah pergerakan konvergen di antara lempeng benua dengan lempeng samudera, di mana lempeng samudra terjadi menunjam ke bawah lempeng benua karena berat jenis yang dimiliki oleh lempeng benua lebih ringan dibanding dengan lempeng samudera. Contoh subduksi adalah palung yang memanjang dari sebelah barat Sumatra, selat jawa sampai ke selatan NTT (Nusa Tenggara Timur).
  2. Obduksi adalah pergerakan konvergen di antara kerak benua dengan kerak samudera, di mana kerak benua menunjam di bawah kerak samudra. Terajadinya penunjaman tersebut yaitu karena adanya perubahan dari batas lempeng divergen menjadi konvergen yang salnjutnya penunjaman itu membawa kerak benua berbenturan dengan kerak samudera.
  3. Kolisi adalah gerakan konvergen di antara lempeng benua dengan lempeng samudera. Kedua lempeng tersebut mempunyai massa jenis yang sama sehingga dapat membentuk pegunungan lipatan yang tinggi. Contoh kolisi yaitu pegunungan himalaya.

3. Pergerakan Transform

Pergerakan Transform adalah pergerakan lempeng di mana lempeng-lempeng tersebut bergerak dengan saling berpapasan. Gerakan tersebut sejajar serta tidak tegak lurus di mana menghasilkan sesar mendatar berjenis strike slip fault. Contoh pergerakan transform adalah sesar San Andreas yang ada di Amerika Serikat.

Itulah penjelasan yang dapat kami bagikan tentang pengertian dari pergerakan lempeng transform, beserta contoh pergerakan lempeng transform dan batas pergerakan lempeng. Semoga penjelasan yang sudah kami bagikan dalam blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat bagi kita.