Skip to main content

Pengertian Iri Hati dan Cara Menghilangkan Iri Hati

Pengertian iri hati – Iri hati merupakan penyakit hati yang bisa merusak dan berdampak buruk bagi kita, tetapi ada pula sifat iri hati yang membuat kita menjadi orang yang sukses. Apa itu iri hati? Tentunya-teman-teman pernah mengalami apa yang dimaksud dengan iri hati, namun belum tahu definisi iri hati. Untuk itulah pada pembahasan ini kami akan mengulas arti iri hati. Seperti apakah iri hati itu, mari simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Iri Hati dan Cara Menghilangkan Iri Hati

Pengertian Iri Hati

Iri hati adalah penyakit hati di mana perasaan merasa tidak senang apabila melihat orang lain memperoleh kebahagiaan atau nikmat dari Allah SWT. Kemudian orang yang iri hati tersebut cenderung berusaha untuk menyainginya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Iri Hati

Contoh iri hati dalam kehidupan sehari hari yaitu tidak senang jika melihat orang lain sukses dalam belajar, berdagang, dalam hal kekayaan dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Larangan Iri Hati

Larangan iri hati dalam islam karena iri hati dapat menimbulkan berbagai hal berikut ini:

  • Jika berlebihan, maka bisa menjadi dengki, artinya bukan saja tidak senang melihat orang lain yang memperoleh kenikmatan, namun mengharapkan agar kenikmatan tersebut berpindah pada dirinya.
  • Bisa menimbulkan perasaan ujub atau perasaan jengkel pada orang lain yang menandinginya atau menyainginya.
  • Bisa menimbulkan perbuatan jahat.
  • Bisa menimbulkan perasaan takabur.
  • Dapat membuat seseorang menjadi berpandangan sempit, senang mendapatkan kesuksesan, namun tidak mau berusaha dan bekerja keras.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Iri Hati yang Diperbolehkan

Iri hati yang diperbolehkan dalam islam adalah iri hati yang positif maksudnya yaitu sifat yang tidak mau kalah dalam hal mendapatkan kenikmatan yang dicapai oleh orang lain. Dalam hal ini seseorang bisa berperasaan: jika orang lain mendapatkan kenikmatan/ kesuksesan, saya pun pasti bisa. Kemudian ia berusaha dengan bekerja keras untuk dapat mencapai kesuksesan tersebut. Melalui jalan seperti itulah, ia mampu mencapai apa yang ia cita-citakan, seperti yang telah dianjurkan dalam firman Allah SWT yaitu berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Menghilangkan Iri Hati

Cara menghilangkan iri hati dalam islam yaitu bisa dengan cara menjauhkan diri dari sebab-sebab yang dapat menimbulkan sifat iri hati. Selain itu kita harus menyadari sepenuhnya bahwa setiap orang akan memperoleh nikmat dari Allah SWT, sebagaimana yang telah disebutkan dalam firmanNYA sebagai berikut.

Pengertian Iri Hati dan Cara Menghilangkan Iri Hati
Artinya: "Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain. (karena) bagi orang laki-laki ada bagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita pun ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu (Q.S. An-Nisa' :32 )".
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian iri hati, semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian tersebut dapat memberikan manfaat.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar