--> Skip to main content

Pengertian Peradaban (Ciri-ciri Harkat Faktor dan Konsepnya)

Pengertian peradaban - Interaksi antara manusia dengan objek dan lingkungan yang berada disekitarnya merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan. Manusia selalu terkait pada kondisi penciptaan sebuah pola pikir suatu masyarakat yang kemudian membentuk sebuah budaya, dengan cakupan yang lebih luas lagi maka dapat membentuk sebuah tatanan peradaban. Lalu apa itu peradaban? Seperti apa yang dimaksud dengan peradaban? Nah dalam pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang definisi peradaban. Selain itu di sini juga kami bahas tentang ciri-ciri peradaban, serta perbedaan peradaban dengan kebudayaan. Tidak hanya itu di ini juga kami bahas tentang harkat, faktor dan konsep peradaban. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Peradaban

Pengertian Peradaban

Peradaban berasal dari bahasa arab adab yang berarti sopan santun, tata krama, perilaku yang berakhlak, bermoral. Dengan demikian peradaban adalah budaya sopan santun dan tata krama yang diwujudkan dari waktu ke waktu. Sedangkan kata peradaban berasal dari bahasa latin yaitu civitas yang artinya kota. Kemudian peradaban dalam bahasa inggris diistilahkan dengna istilah civilization dan dalam bahasa belanda adalah beschaving.

Dengan kata lain, pengertian peradaban adalah puncak dari hasil kebudayaan yang bernilai tinggi, mulia, maju, sopan, halus, indah, tertib dan sebagainya. Jadi nilai-nilai dalam peradaban itu mengandung nilai-nilai keluhuran budi dari segala bentuk hasil cipta, rasa dan karsa suatu kelompok mansusia untuk masyarakat. Semua hasil cipta, rasa dan karsa tersebut mencakup semua aspek kehidupan manusia, baik itu yang berupa fisik (misalnya banguanan, jalan), maupun yang non fisik (misalnya tatanan, nilai-nilai, seni budaya dan iptek). Secara singkatnya arti peradaban adalah tingkatan kebudayaan yang telah mencapai nilai yang luhur atau tingi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli

Teradapat beberapa arti peradaban menurut para ahli, diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

1. Pengertian Peradaban Menurut Prof MAJ Beg

Bahawa peradaban adalah pencapaian manusia dalam bentuk kota, kesenian, seni bangunan, tulisan, agama, undang-undang dan politik.

2. Pengertian Peradaban Menurut Fatah Syukur

Pengertian peradaban menurut dr h fatah syukur adalah suatu proses perubahan cara hidup manusia. Kemajuan yang telah dicapai dalam aspek bahasa, kesenian, ilmu pengetahuan, agama, sosial, politik dan hukum. Prosesnya berjalan secara berangsur-angsur dalam jangka waktu yang lama.

3. Pengertian Peradaban Menurut Huntington

Peradaban menurut huntington adalah suatu identitas terluas dari suatu budaya, yang teridentifikasi melalui dalam suatu unsur-unsur yang objektif secara umum, misalnya seperti bahasa, kebiasaan, sejarah, agama, institusi maupun melalui identifikasi diri yang subjektif.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri ciri Umum Peradaban

Peradaban memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang dapat memperjelas apa itu peradaban. Selain itu ciri-ciri atau karakteristik peradaban ini berfungsi sebagai pembeda antara peradaban dengan kebudayaan. Berikut ini adalah ciri ciri umum suatu peradaban:

  • Adanya pembangunan kota-kota baru dengan pengaturan tata ruang yang baik, modern dan indah.
  • Adanya sistem pemerintahan yang tertib karena dalam pemerintahan teersebut terdapat peraturan dan hukum yang berlaku.
  • Berbagai macam ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat seperti kesehatan, astronomi, bentuk tulisan, kesenian, arsitektur, ilmu ukur, keagamaan dan lain sebagainya.
  • Masyarakat yang lebih kompleks dalam berbagai macam jenis pekerjaan, keahlian dan sastra sosial.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Perbedaan Peradaban dengan Kebudayaan

Perbedaan antara peradaban dengan kebudayaan adalah sebagai berikut ini:

Peradaban adalah kemampuan manusia dalam menerapkan nilai-nilai kebudayaan yang selanjutnya dijadikan sebagai tolak ukur untuk kepantasan perilaku masyarakat guna meningkatkan kualitas hidupnya (perubahan ke arah kemajuan). Sedangkan kebudayaan adalah keseluruhan dari gerak, tata cara, kebiasaan, gagasan, dan nilai-nilai yang dipelajari dan diwariskan serta perilaku yang ditimbulkan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Hakikat Peradaban

Hakikat peradaban bagi manusia mempunyai kaitan yang erat dengan kebudayaan. Pada hakikatnya kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kemampuan akal (cipta) manusia menghasilkan sebuah ilmu pengetahuan. Kemampuan rasa manusia melalui alat panca indra yang dapat menghasilkan berbagai macam barang seni dan berbagai bentuk kesenian. Sedangkan karsa manusia yaitu menghendaki kesempurnaan hidup, kebahagiaan dan kemuliaan sehingga dapat menghasilkan berbagai bentuk aktivitas hidup manusia untuk dapat memenuhi kebutuhannya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Faktor Peradaban

Faktor peradaban yang mempengaruhi kebutuhan manusia diantaranya yaitu:

1. Pendidikan

Semakin tingginya tingkat pendidikan yang diperoleh manusia dalam kehidupan, maka akan semakin mudah manusia dalam menjalani kehidupannya. Selain itu, dengan pendidikan juga bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap peradaban baik itu yang positif maupun yang sebaliknya.

2. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu memberikan kemudahan bagi segala macam aktifitas manusia. Karena manusia bisa memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi hidup dan kehidupannya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Konsep Teori Peradaban

Konsep peradaban yaitu menyajikan sebuah tolak ukur yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam memberikan penilaian terhadap berbagai dinamika kehidupan masyarakat.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan singkat yang dapat kami tulis tentang pengertian peradaban (ciri-ciri, harkat, Faktor dan Konsep peradaban). Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar