--> Skip to main content

Pengertian SPSS dan Kegunaannya serta Fitur dasar SPSS

Pengertian spss dan kegunaannya – Pertama kali SPSS dirilis pada tahun 1998. Selanjutnya sejak tahun 2009 SPSS diakuisisi oleh IBM Corporation sebagai software IBM Analytic. Kemudian software ini disebut sebagai IBM SPSS Statistik. Software tersebut dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java. Kemudian untuk penggunaan lebih lanjut juga diintegrasikan dengan bahasa pemrograman Phyton dan Microsoft Net. SPSS tersedia untuk berbagai platform daintaranya yaitu Windows, Linux, Mac OS. Lalu seperti apa sih pengertian program SPSS dan kegunaannya? Nah bagi kamu yang belum tahu apa itu SPSs dan fungsinya, kamu bisa mempelajari tentang pengertian SPSS dan fungsinya di sini. Selain itu di sini juga kami bahas tentang fitur dasar SPSS untuk menambah pemahaman.

Pengertian SPSS dan Kegunaannya

Pengertian SPSS

SPSS adalah singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences. Pengertian SPSS adalah aplikasi atau software yang digunakan untuk melakukan analisis statistika tingkat lanjut, analisis string, analisis data dengan menggunakan algoritma machine learning dan analisis big data yang bisa diintegrasikan untuk membangun platform data analisis. Di kalangan peneliti dan stastistikawan SPSS sangat populer digunakan untuk membantu melakukan perhitungan terkait dengan analisis data. SPSS menyediakan library untuk perhitungan statistik dengan antarmuka yang interaktif, sehingga menjadikannya sebagai software analisis data tingkat lanjut, yang populer di berbagai instansi, universitas maupun perusahaan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian SPSS menurut Para Ahli

Terdapat definisi SPSS menurut para ahli. Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian SPSS menurut ahli:

SPSS menurut Jonathan Sarwono (2006:1) bahwa SPSS (Statistical Product and Service Solution adalah program aplikasi yang digunakan untuk melakukan perhitungan statistik dengan menggunakan komputer. Kelebihan dari program ini yaitu kita bisa melakukan perhitungan statistik secara cepat dari yang sederhana hingga yang rumit, yang jika dilakukan secara manual akan memerlukan waktu yang lebih lama.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kegunaan SPSS

SPSS digunakan di berbagai instansi, universitas dan perusahaan untuk melakukan analisis data. Adapun beberapa contoh kegunaan program SPSS adalah sebagai berikut ini:

  • Melakukan riset pemasaran atau market research.
  • Kuesioner atau analisis data survey.
  • Data Mining.
  • Representasi data statistik.
  • Untuk mendokumentasikan data.
  • Untuk keperluan pemerintah seperti lembaga BPS.
  • Untuk penelitian akademik mahasiswa.
  • Untuk membantu dalam pengambilan keputusan suatu perusahaan.
  • Untuk penelitian kesehatan masyarakat.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fitur SPSS

Terdapat beberapa fitur dasar SPSS, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Statistika Deskriptif

Statistika deskriptif adalah metode-metode yang berhubungan degnan hal pengumpulan data dan penyajian data, sehingga bisa didapatkan suatu informasi dari data tersebut. Adapun contoh statistika deskriptif yang sering digunakan beberapa diantaranya adalah menghitung rata-rata (mean), menentukan nilai tengah (median), nilai yang sering muncul (modus), ragam, standar deviasi dan lain-lain.

2. Statistika Bivariat

Statistik bivariat adalah analisis yang dilakukan untuk melakukan pengujian antar 2 variabel secara simultan. Contoh statistik bivariat adalah teorema bayes, uji t, uji non parametrik, ANOVA, dan lain-lain.

3. Regresi Linear

Regresi linear adalah sebuah alat ukur yang dipergunakan untuk mengukur hubungan suatu linear variabel independen dengan variabel dependen.

4. Identifikasi Kelompok

Beberapa metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kelompok diantaranya yaitu analisis faktor, analisis cluster (two-step, K-mean, hierarchical) dan discriminan.

5. Analisis Spasial

Analisis spasial adalah metode-metode yang digunakan untuk pengolahan data GIS (Geographic Information System).

6. R Extension

R Extension SPSS yaitu aplikasi dalam bentuk plugin yang bisa diinstall atau dipasang untuk melakukan implementasi algoritma yang dimasukkan pengguna dengna menggunakan bahasa pemrograman R.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan tentang pengertian SPSS dan kegunaannya serta fitur dasar SPSS. Semoga degnan penjelasan dalam blog temukan pengertian diatas dapat menambah wawasan kita.

Buka Komentar
Tutup Komentar