Skip to main content

Pengertian Marketplace dan Contohnya

Pengertian marketplace dan contohnya – Istilah marketplace pastinya sudah sering anda dengar. Karena belakangan ini, industri marketplace Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat. Keberadaan marketplace sangat membantu memudahkan masyarakat Indonesia dalam berbelanja online. Lalu apa yang dimaksud dengan marketplace? Nah bagi kamu yang belum tahu tentang definisi marketplace, maka di sini kami akan menjelaskan tentang apa itu marketplace dan contohnya. Langsung saja simak penjelasan tentang pengertian e-marketplace dan contohnya berikut ini.

Pengertian Marketplace dan Contohnya

Pengertian Marketplace

Pengertian marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di internet (memfasilitasi proses jual beli). Dengan kata lain definisi marketplace adalah aplikasi pihak ketiga dalam transaksi online yang menyediakan tempat untuk berjualan dan fasilitas pembayaran. Jadi marketplace tidak hanya membantu mempromosikan produk saja akan tetapi juga menjembatani transaksi online antara penjual dengan pembeli.

Pada dasarnya konsep yang terdapat pada marketplace kurang lebih seperti pasar tradisional. Pihak marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual, karena tugas marketplace adalah menyediakan tempat atau fasilias bagi para penjual yang ingin berjualan, membantu mereka untuk menemukan pelanggan dan mengatur transaksi menjadi lebih mudah dan simpel. Banyak pula yang menggambarkan marketplace itu seperti departement store online.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Marketplace Menurut Ahli

Terdapat beberapa pengertian marketplace menurut para ahli. Adapun definisi marketplace menurut para ahli adalah sebagai berikut ini:

1. Pengertian Marketplace Menurut Opiida

Marketplace ialah media online berbasis internet (web based) yang merupakan tempat untuk melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara penjual dengan pembeli. Pembeli bisa mencari suplier sebanyak-banyaknya dengan kriteria yang diinginkan, sehingga akan memperoleh sesuai dengan harga pasar. Sedangkan bagi penjual/ supplier bisa mengetahui perusahaan-perusahaan yang membutuhkan produk atau jasa mereka.

2. Pengertian Marketplace menurut Brunn, Jensen dan Skoovgard (2002)

Bahwa menurut Brunn, Jensen dan Skoovgard marketplace terbagi menjadi 2 macam yaitu marketplace horizontal dan vertikal:

  • Marketplace horizontal merupakan marketplace yang dikategorikan berdasarkan produk yang dijual dan biasanya dapat dijangkau oleh banyak konsumen umum karena terjangkau. Contoh marketplace horizontal adalah: pakaian, gadget, accessories, makanan dan lain-lain.
  • Marketplace vertikal merupakan marketplace yang dikategorikan berdasarkan produk khusus yang dijual dan hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan khusus suatu perusahaan atau kebutuhan industri. Contoh marketplace adalah bahan baku, penjualan baja, penjualan beton, penjualan logam, dan lain-lain.

3. Pengertian Marketplace Menurut Wikipedia

Bahwa marketplace adalah suatu bentuk perdagangan yang dilakukan melalui media elektronik. Dimana perdangan elektronik sendiri merupakan penyebaran, penjualan, pemasaran, pembelian barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau jaringan komputer.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Marketplace

Terdapat beberapa contoh marketplace di indonesia. Adapun beberapa contoh marketplace adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Zalora, Blibli, JD.ID, Elevenia, SEVA Mobil Bekas dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Nah itulah penjelasan singkat yang dapat kami uraikan tentang pengertian marketplace dan contohnya. Semoga penjelasan di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Newest Post
Buka Komentar
Tutup Komentar