--> Skip to main content

Apa Itu Lavender Oil Dan Manfaat Lavender Oil

Lavender oil merupakan salah satu minyak esensial yang spesial. Di mana sudah sejak dulu minyak esensial telah banyak digunakan karena mempunyai berbagai manfaat dalam dunia kecantikan. Lalu apa itu lavender oil? Nah bagi kamu yang belum tahu seperti apa yang dimaksud lavender oil, maka di sini kamu bisa menyimak pembahasan tentang pengertian lavender oil. Karena di sini akan kami jelaskan tentang arti dan manfaat lavender oil. Oke langsung saja simak penjelasan pengertian dan manfaat lavender oil berikut ini.

lavender oil

Apa Itu Lavender Oil

Pengertian lavender oil adalah minyak esensial yang berasal dari bunga lavender. Lavender (lavandula) merupakan tanaman asli daratan Mediterania. Saat ini lavender telah banyak di tanam di seluruh belahan dunia. Tanaman lavender digunakan untuk memproduksi minyak esensial. Minyak diekstraksi melalui proses destilasi uap, di mana bunga lavender dikukus, uapnya ditangkap, kemudian minyaknya dipisahkan dan dikumpulkan dari airnya.

Biasanya lavender oil bisa ditemukan di toko-toko makanan sehat/ toko herbal atau obat. Lavender oil sendiri mempunyai banyak kegunakan. Selain digunakan sebagai aromaterapi dan untuk pereda rasa sakit, lavender oil juga dapat digunakan sebagai bahan dasar kosmetik dan produk perawatan tubuh.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Lavender Oil

Terdapat beberapa manfaat lavender essential oil yang perlu kita ketahui. Adapun manfaat atau khasiat lavender oil adalah sebagai berikut ini.

Manfaat Lavender Oil Untuk Wajah

Manfaat lavender oil untuk kulit wajah daintaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Mengatasi jerawat

Lavender oil mempunyai kandungan antiseptik dan antiinflamasi. Dimana kandungan tersebut dapat mencegah dan membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat dan mengatasi peradangan jerawat pada kulit. Selain itu lavender oil juga dapat mengontrol produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah.

2. Mencerahkan kulit

Lavender oil dapat mengurangi kondisi diskolorasi atau warna yang tidak merata pada kulit, termasuk juga bintik-bintik hitam. Selai itu juga dapat mengurangi noda, warna kemerahan pada kulit dan mengatasi hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit.

3. Menyamarkan kerutan

Lavender oil kaya akan molekul antioksidan, yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Dimana radikal bebas tersebut bisa menyebabkan penyakit, termasuk pembentukan garis-garis halus dan kerutan pada wajah atau penuaan.

4. Membantu pemulihan luka

Lavender oil mengandung linanool yang dapat membantu mengobati luka, mengurangi rasa gatal pada kulit, mempercepat proses pemulihan sekaligus membantu menjadikan kulit terasa lebih halus.

5. Mengatasi eksim

Biasanya masalah kulit seperti eksim terjadi ketika kulit terasa kering dan gatal. Dengan kandungan antiseptik pada lavender oil, maka dapat meredakan rasa gatal akibat eksim. Ketika diaplikasikan, kulit menjadi terasa lebih lembap dan dipercaya akan mempercepat proses pemulihan eksim.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Lavender Oil Untuk Rambut

Berikut ini adalah beberapa manfaat lavender oil untuk rambut:

1. Membantu pertumbuhan rambut

Lavender oil dapat mempercepat pertumbuhan dan membuat rambut lebih tebal. Bahkan juga sering digunakan untuk mengatasi rambut rontok hingga kebotakan.

2. Mempunyai kandungan antimikroba alami

Kandungan antimikroba pada lavender oil dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Berbagai problem kulit kepala seperti gatal-gatal, ketombe dan infeksi dapat dicegah dengan cara mengoleskan lavender oil secara teratur.

3. Dapat meringankan dan mengatasi inflamasi

Lavender oil dapat digunakan untuk mengatasi kekeringan dan infeksi pada kulit kepala. Selain untuk mengurangi inflamasi, juga dapat membantu dalam proses penyembuhan.

4. Dapat Mencegah dan menghilangkan kutu rambut

Jika digunakan secara teratur, lavender oil dapat membantu mencegah munculnya kutu, bahkan juga bisa untuk treatmen agar kutu dapat hilang selamanya dari kepala kita.

5. Mempunyai efek relaksasi yang menenangkan

Aroma yang wangi dan lembut menjadi ciri khas lavender oil, yang dapat membantu menenangkan pikiran. Karena aromanya yang khas, maka lavender oil dapat digunakan sebagai aromaterapi. Menghirup aroma wangi lavender oil dapat membantu menjaga mood agar lebih rileks, tenang dan tentunya menyenangkan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan tentang apa itu lavender oil dan manfaat lavender oil. Semoga penjelasan yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar