--> Skip to main content

Pengertian Laundry Kiloan dan Tips Laundry Kiloan

Laundry kiloan kini menjadi sebuah bisnis yang dibutuhkan oleh banyak orang. Seiring berjalannya waktu, kini masyarakat modern sering tidak mempunyai waktu untuk mencuci baju sehingga urusan mencuci dipercayakan kepada jasa laundry kiloan. Karena jasa laundry dianggap lebih menghemat waktu dan tenaga ditengah padatnya rutinitas yang dilakukan. Nah apa itu laundry kiloan? Seperti apakah yang dimaksud laundry kiloan itu ? Silahkan simak penjelasan tentang pengertian laundry kiloan dalam artikel ini, karena di sini akan kami bahas beserta dengan tips laundry kiloan.

laundry kiloan

Pengertian Laundry Kiloan

Arti kata laundry dalam bahasa Indonesia yaitu penatu, pakaian kotor, dan cucian. Kemudian penatu adalah fasilitas atau usaha tempat dimana pakaian dicuci dan dikeringkan. Sedangkan pengertian laundry menurut istilah adalah suatu bentuk usaha yang bergerak dalam bidang jasa, lebih tepatnya jasa mencuci dan menyetrika baju. Selanjutnya, pengertian laundry kiloan adalah laundry yang menggunakan sistem pembayaran berdasarkan berat material per kilo yang dilaundry. Berat material tersebut didapatkan dengan cara menimbang berat material sebelum disebut dan dibawa petugas laundry.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Laundry Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian laundry menurut ahli:

1. Pengertian Laundry Menurut Sihite Richard

Dalam bukunya Laundry and Dry Cleaning, Laundry adalah merawat semua bahan-bahan textile milik hotel, yang harus senantiasa melakukan operasinya sesuai rencana kerja, baik harian maupun bulanan yang sudah ditetapkan pimpinan.

2. Pengertian Laundry Menurut Bagyono

Laundry merupakan bagian dari housekeeping yang mempunyai tanggung jawab atas pencucian, baik itu pencucian untuk pakaian tamu (laundry, dry cleaning dan pressing), seragam milik karyawan maupun linen-linen hotel (house laundry) dan juga pencucian untuk pakaian atau linen dari luar hotel (outside laundry).

3. Pengertian Laundry Menurut Darsono

Dalam bukunya tata geraha hotel (housekeeping), laundry merupakan bagian hotel yang mempunyai tanggung jawab dalam hal pencucian, baik itu pencucian pakaian milik tamu, seragam milik karyawan maupun linen-linen hotel.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tips Laundry Kiloan

Bagi kamu yang memutuskan untuk menjalankan usaha bisnis laundry kiloan, ada banyak hal yang harus diperhatikan supaya pelanggan datang dan memilih tempat laundry anda untuk dijadikan tempat langganan. Nah berikut ini adalah beberapa tips sukses laundry kiloan:

1. Tentukan lokasi yang tepat

Lokasi yang tepat akan sangat menentukan keberlangsungan suatu usaha. Apapun usaha yang digeluti, lokasi menjadi variable yang sangat menentukan keberlangsungan sebuah usaha. Nah, dalam menjalankan usaha laundry kiloan anda bisa menentukan lokasi berdasarkan target pasarnya. Apabila target pelanggan anda mahasiswa, maka carilah lokasi dekat kampus. Apabila targetnya pegawai carilah lokasi yang berada dekat dengan kosan/ kontrakan yang lokasinya dekat perkantoran. Kemudian jika target anda adalah pasangan suami-istri, carilah lokasi perumahan yang penduduknya padat.

2. Cari karyawan yang kompeten

Apapun bentuk jenis bisnisnya, karyawan yang baik dan berkompeten merupakan salah satu kunci supaya bisnis anda bisa tetap maju. Jika bisnis laundry, pastikan bahwa karyawan anda bisa mencuci dan menyetrika dengan baik, mau untuk belajar serta mempunyai tanggung jawab.

3. Tentukan harga

Tentukanlah harga yang bisa bersaing dengan usaha laundry yang lain. Anda Pastikan bahwa harga yang anda tawarkan kepada pelanggan sesuai dengan kualitas yang akan didapatkan oleh pelanggan anda.

4. Tingkatkan pelayanan

Pelayanaan yang baik bisa dimulai dari keramahan staf pada saat menerima ataupun menyerahkan hasil cucian. Kemudian memastikan kondisi pakaian sesudah selesai dicuci dalam keadaan baik, hingga kualitas dari hasil cucian yang memuaskan. Buka sejak pagi, sehingga saat orang mau berangkat kuliah atau kerja bisa sekalian menitipkan cucian kotornya. Yang terakhir jaga kepercayaan konsumen laundry dengan baik.

5. Perhatikan waktu

Ketika anda menjanjikan waktu kepada pelanggan pastikan mereka bisa menerima pakaiannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jangan sampai pada saat pelanggan datang mengambil pakaian mereka, anda bilang belum selesai dicuci. Karena kekecewaan pelanggan bisa menjadi hal buruk bagi usaha anda. Mereka bisa menceritakan pengalaman buruk tersebut kepada orang lain sehingga dapat berpengaruh terhadap kinerja usaha laundry anda.

Baca juga: Pengertian Kepuasan pelanggan

6. Hati-hati terhadap pakaian milik pelanggan

Mengingat usaha laundry berurusan dengan barang milik banyak orang, maka harus berhati-hati, jangan sampai ceroboh dan mendapatkan komplain dari pelanggan. Jangan lupa pisahkan pakaian putih dengan pakaian yang berwarna agar tidak kena lunturan pakaian yang berwarna. Jangan sampai pakaian pelanggan tertukar. Nah, kehati-hatian saat memperlakukan pakaian pelanggan sangatlah penting karena dapat mempengaruhi usaha laundry yang anda jalankan.

7. Lakukan pemasaran

Apapun bisnisnya, rasanya akan terasa sia-sia jika tidak memasarkannya. Karena melalui pemasaran yang baik bisnis anda akan dikenal oleh banyak orang. Anda bisa memasarkan bisnis laundry kiloan secara offline maupun online agar dikenal banyak orang.

8. Promo menarik

Promo yang menarik bisa dengan memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang pertama kali mencuci ditempat laundry anda. Bisa juga dengan memberikan promo gratis cuci 1 kg setelah melakukan pencucian sebanyak 10 kali. Promosi menarik ini tentunya bisa menjadi cara bagi anda untuk mendapatkan pelanggan baru.

9. Berikan pelayanan yang bervariasi

Apabila mulanya hanya menerima jasa laundry kiloan, anda bisa memberikan pelayanan yang lain misalnya laundry ekspres, laundry untuk barang-barang tertentu seperti karpet, selimut, tas dan lain-lain. Selain itu bisa juga dengan menawarkan varian pewangi yang berbeda agar konsumen bisa memilih wangi yang mereka sukai.

10. Mengatur keuangan dengan baik

Sebuah bisnis dapat berkembang pesat tentunya harus diimbangi dengan pengaturan keuangan yang baik. Bisa diawali dengan mencatat semua biaya operasional yang dikeluarkan, memastikan bahwa catatan setiap transaksi yang terjadi sudah tepat, hingga biaya untuk perawatan peralatan-peralatan jika ada kerusakan. Apabila pencatatan keuangan tidak dilakukan secara rinci, maka keuangan bisnis anda akan mengalami kekacauan.

11. Gali ilmu dari yang sudah lebih dulu berpengalaman

Tak ada salahnya jika mau bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman pada bidang Laundry. Anda dapat memulai bertanya pada forum-forum online, bisa juga bertanya secara langsung kepada mereka yang telah sukses lebih dahulu dalam bisnis laundry kiloan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian laundry kiloan dan tips laundry kiloan, semoga penjelasan di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar