Pengertian BIOS pada Komputer

Advertisement
Pengertian BIOS pada komputer – Seperti apakah bios itu? Dalam proses berjalannya sistem komputer, BIOS menjadi salah satu perangkat lunak pada komputer yang mempunyai peraanan yang sangat penting. Tanpa adanya BIOS, maka komputer bisa dipastikan tidak akan beroperasi dengan baik, bahkan tidak bisa beroperasi sama sekali. Lalu apa itu BIOS pada komputer? Mungkin masih banyak yang belum tahu dengan apa yang dimaksud BIOS pada komputer, hal itu karena jarang sekali dioperasikan secara manual oleh pengguna komputer. BIOS biasanya hanya dioperasikan ketika komputer mengalami masalah sehingga perlu install ulang sistem operasi. Nah penasaran kan denganapa yang dimaksud dengan BIOS pada komputer? Maka dari itu kamu bisa menyimak penjelasan tentang arti bios komputer dalam artikel ini. Selain memberikan definisi BIOS, dis ini juga kemi berikan beberapa penjelasan tentang fungsi BIOS pada komputer, komponen komponen pada BIOS, cara kerja BIOS pada komputer dan macam macam bios komputer.
Pengertian BIOS pada Komputer

Pengertian BIOS pada Komputer

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System. Apabila diartikan dari frasa katanya, maka BIOS bisa diartikan sebagai sistem dasar yang mengatur proses input dan output data yang terdapat pada perangkat komputer.

Pengertian bios secara lengkap adalah sebuah program yang dibuat untuk mengatur berbagai fungsi hardware (perangkat keras) yang terdapat pada perangkat komputer. BIOS merupakan perangkat instruksi elektronik yang digunakan komputer dalam memulai sistem operasi. Program BIOS berbeda dengan perangkat lunak yang lainnya. Apabila perangkat lunak kebanyakaan diinstall di bagian memory hardisk atau di media penyimpanan komputer, maka BIOS di simpan di dalam sebuah chip yang dirancang khusus berupa memory flash yang disebut sebagai CMOS.

Fungsi BIOS pada Komputer

BIOS pada dasarnya mempunyai fungsi utama yaitu mengatur tahap awal dalam proses startup komputer sekaligus sebagai perangkat yang memastikan bahwa sistem operasi komputer benar-benar sudah dimuat dalam memory. Selain itu fungsi bios pada komputer adalah sebagai berikut ini:
  • Menjalankan perintah POST (Power On Self Test)
  • Salah satu yang perlu dilakukan sebelum menginstal sistem operasi pada kommputer yaitu melakukan beberapa pengecekan di beberapa perangkat yang ada pada komputer. Selain itu, BIOS juga memberikan informasi tentang spesifikasi hardware komputer.
  • Mengatur Konfigurasi Dasar pada Perangkat Komputer
  • Merupakan bagian yang mengatur konfigurasi beberapa perangkat berdasarkan fungsinya masing-masing pada komputer. Dalam konfigurasi perangkat komputer, cara kerja bios yaitu memberikan informasi dasar yang diperlukan untuk dapat beroperasi. Proses konfigurasi ini bisa diatur sesuai kehendak pengguna perangkat komputer.
  • Membeerikan informasi dasar pada perangkat komputer
  • BIOS berfungsi seagai pemberi informasi dasar mengenai proses interaksi yang berjalan di tiap-tiap perangkat yang ada pada komputer, misalnya seperti drive dan momory yang nantinya digunakan untuk media penginstalan sistem operasi.

Komponen Komponen pada BIOS

Sebutkan komponen komponen pada bios? Supaya BIOS bisa menjalankan tugasnya dengan baik, maka diperlukan beberapa komponen pendukungnya yaitu sebagai berikut:
  • Program BIOS Setup
  • Fungsi program ini yaitu untuk mengubah konfigurasi komputer seperti tipe hard disk, disk drive, kinerja komputer, manajemen daya dan yang lainnya sesuai dengan keinginan user. BIOS umumnya menyembunyikan detail-detail perangakat yang tergolong rumit, jadi perlu sebuah keahlian apabila kita ingin mengetahui lebih dalam tentang detail-detail perangkat tersebut.
  • Driver
  • Driver ini fungsinya ditujukan untuk perangkat-perangkat keras komputer seperti input device, VGA, processor dan perangkat-perangkat lain untuk sistem operasi dasar 16 bit yang termasuk keluarga dari DOS.
  • Program Bootstraper Utama
  • Program ini merupakan program yang berperan dalam proses booting ke dalam sistem operasi yang sebelumnya sudah kita install.

Cara Kerja BIOS pada Komputer

Jelaskan cara kerja bios komputer? Mulanya BIOS melakukan proses instalasi di mana pada proses tersebut pengguna dapat melihat spesifikasi komputer, seperti melihat jumlah memory, jenis dan kapasitas hardisk, informasi tentang kartu VGA dan yang lainnya. Selain hal itu, BIOS juga melakukan sebuah pengecekan terhadap device ROM lainnya, seperti hardisk dan melakukan sebuah pengetesan terhadap RAM. Sesudah pengetesan dan pengecekan terhadap perangkat telah selesai semua, langkah berikutnya yang dilakukan BIOS yaitu mencari lokasi booting untuk memasuki sistem operasi yang sudah terinstall.

Macam macam BIOS Komputer

Produsen BIOS yang sering dijumpai ialah American Megatrends Inc (AMI). Sebenarnya masih banyak produsen BIOS yang masih belum kita ketahui. Berikut ini addalah daftar lengkap tentang macam macam bios pada komputer: Acer, Abit, AME Group, ALI (Acer Laboratories), Amptron, American Megatrends, Antec, Amstrad, ASUS, Aopen, Bare-Bone, Award, Commate, Biostar, Computer Technology, Compaq Computer, Data Expert (Expert Media), Computex, Diamond Multimedia, Dell Computer, Elitegroup Computer System, Digital Equipment Corporation (DEC), FIC, Famous Technology, Fujitsu, Flexus, Gemlight, Gateway, Intel, IBM, Jetway, Jamicon, Koutech, J-Mark, Micron, Matsonic, NEC, Mylex, Packard Bell, NCR, Pine Group, Phoenix dan PC Partner.

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian BIOS pada komputer. Semoga uraian yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru