--> Skip to main content

Pengertian Public Relations Tujuan Tugas dan Keahlian

Public relations kini menjadi salah satu profesi yang banyak diminati. Selain keren, profesi public relations sangatlah menjanjikan dan juga menantang. Seiring dengan adanya perusahaan jasa layanan public relations atau public relations agency, membuat profesi ini menjadi semakin dikenal akan fungsi dan manfaatnya yang sangat penting. Apalagi saat ini memiliki public relations menjadi kewajiban bagi perusahaan modern yang berhubungan dengan masyarakat luas. Profesi ini dapat digeluti oleh seseorang dari berbagai latar belakang pendidikan. Akan tetapi, mereka yang menjadi seorang public relations biasanya berasal dari pendidikan komunikasi dan pemasaran. Jika membahas tentang public relations, pastinya akan muncul pertanyaan di benak kita tentang apa itu public relations? Nah berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Public Relations

Pengertian Public Relations

Public relations secara bahasa diartikan sebagai hubungan masyarakat atau yang dikenal dengan humas. Public relations adalah proses interaksi antara suatu organisasi dengan masyarakat untuk menciptakan opini publik, menanamkan pengertian, memberikan persepsi, menciptakan partisipasi publik, dan menumbuhkan motivasi. Tujuan dari proses ini adalah agar saling menguntungkan, untuk menanamkan keinginan yang baik sehingga perusahaan bisa mendapatkan citra yang baik dari publik.

Dapat pula didefinisikan bahwa public relations adalah suatu bentuk usaha yang dilakukan secara sengaja dan terus menerus untuk membangun dan mempertahankan hubungan timbal balik yang baik antara perusahaan dengan masyarakat secara umum.

Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian atau definisi public relations menurut ahli:

1. Public Relations Menurut Frank Jefkins

Public relations adalah sesuatu yang merangkum komunikasi yang terencana secara menyeluruh, baik itu ke dalam maupun ke luar organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan yang spesifik atas dasar saling pengertian.

2. Public Relations Menurut Ipra

Public relations adalah suatu kegiatan yang saling pengertian agar bisa mendapatkan sisi positif atau citra yang baik dari masyarakat.

3. Public Relations Menurut Wilcox

Public relations adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi public, memperkenalkan berbagai macam prosedur dan kebijakan dari suatu individu maupun organisasi berdasarkan dari kepentingan public, dan membuat perencanaan serta pelaksanaan suatu program kerja dalam upaya untuk bisa mendapatkan pengertian dan juga pengakuan dari public.

Tujuan Public Relations

Secara umum tujuan public relations adalah untuk membangun dan memelihara reputasi positif untuk perusahaan, merek, produk maupun jasa. Selain itu juga untuk membina serta memelihara hubungan strategis dengan publik, calon pelanggan, mitra, karyawan, investor dan lain-lain yang berkepentingan. Dimana nantinya dapat membantu dalam menghasilkan sesuatu yang positif. Citra yang terbentuk dari masyarakat ini diharapkan dapat mencerminkan perusahaan atau organisasi adalah pihak yang sukses, relevan dan jujur.

Sementara tujuan public relations menurut Rosady Ruslan adalah sebagai berikut:

  • Untuk menciptakan citra perusahaan yang positif dan baik untuk publik dan konsumen.
  • Sebagai otomatisasi pemasaran, saling pengertian antara perusahaan dengan kelompok sasaran.
  • Agar sinergi antara fungsi kehumasan dan pemasaran bisa lebih berkembang.
  • Untuk membangun pengakuan dan kesadaran merek.
  • Sebagai dukungan bauran dalam pemasaran.

Tugas Public Relations

Jika dilihat dari tujuan public relations, maka seorang public relations tentunya memiliki tugas-tugas yang harus dijalankan. Adapun tugas public relations adalah sebagai berikut ini:

  • Menyusun program komunikasi korporat, terkhusus untuk yang memiliki persepsi atau citra.
  • Menjalankan fungsi komunikasi korporat secara terencana dan berkesinambungan.
  • Melaksanakan evaluasi dan pemantauan kegiatan atau program komunikasi yang sedang berjalan.
  • Menyediakan beragam informasi untuk perusahaan terafiliasi tentang langkah-langkah yang akan dicapai perusahaan untuk menyelesaikan masalah dan melakukan suatu perubahan.
  • Memperoleh informasi atas nama perusahaan atau organisasi dari publik atau pihak eksternal.
  • Sebagai manajemen untuk media komunikasi internal perusahaan.
  • Memberikan jawaban atas suatu pertanyaan, keluhan dan masukan yang dapat mempengaruhi perusahaan.

Selain beberapa tugas-tugas di atas seorang public relation juga memiliki tugas internal untuk perusahaan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Membuat suatu program komunikasi internal.
  • Melaksanakan audit komunikasi internal.
  • Membuat saluran komunikasi secara horizontal maupun vertical.
  • Memberikan motivasi terhadap karyawan.
  • Menyelesaikan dan menghindari konflik.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Public Relations

Jika dilihat tugas yang dijalankan oleh seorang public relations, tentunya seorang public relations harus memiliki beberapa keahlian. Adapun beberapa keahlian yang harus dimiliki seorang public relations adalah sebagai berikut:

1. Komunikasi

Komunikasi menjadi suatu keterampilan yang sangat mendasar dan harus dimiliki oleh seorang public relations. Karena itulah, seorang yang berprofesi sebagai public relations harus hebat dalam berkomunikasi verbal, seperti public speaking, presentasi dan interview. Selain itu, sebagai seorang public relations juga harus hebat dalam hal berkomunikasi non-verbal, seperti membuat press release, tulisan dalam website perusahaan, tata bahasa dan juga editing.

2. Riset

Seorang public relations bekerja dengan banyak klien dengan berbagai kepentingan. Sehingga seorang public relations harus dapat melakukan riset terkait dengan apa yang dibutuhkan klien dengan tepat dan cepat. Tak heran apabila seorang yang berprofesi sebagai public relations harus dapat melakukan berbagai riset tentang tata cara berpikir deduktif, induktif, penelitian pustaka, wawancara hingga browsing.

3. Mampu berpikir dan menguasai bahasa asing

Globalisasi dalam sebuah bisnis membuat seorang public relations perlu menguasai berbagai bahasa untuk menjalin komunikasi dengan baik. Mengapa demikian? Hal itu karena klien public relations bisa saja berasal dari luar negeri atau bisa saja kliennya bekerja pada perusahaan multinasional yang memiliki keberagaman budaya dan bahasa. Sehingga, dalam membuat strategi bisnis perusahaan, pastinya seorang public relations harus paham dengan bahasa yang digunakan kliennya. Selain itu, saat ini bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan riset juga banyak yang berasal dari luar negeri. Maka tidak heran apabila keterampilan bahasa menjadi suatu hal yang sangat penting bagi seorang public relations.

4. Mengerti tentang Social Media

Keahlian selanjutnya yang bisa menjadi nilai tambah bagi seorang public relations adalah mampu mengoperasikan berbagai platform social media dengan baik. Bahkan bila perlu seorang public relations harus memiliki pengetahuan analitik dari social media yang digunakannya. Karena keahlian dalam mengoperasikan social media diperlukan bagi seorang public relations, sehingga kini telah ada social media agency yaitu agen perusahaan sebagai pihak ketiga yang dapat membantu dalam hal merancang, membuat, dan mengelola kegiatan pemasaran atau branding di social media.

Selain itu, keterampilan yang lainnya yang tidak kalah penting untuk dikuasai oleh seorang public relations yaitu mudah bergaul, mampu berpikir secara kreatif, problem solving, dan memiliki manajemen waktu yang baik. Sebab seorang public relations akan sering dihadapkan dengan deadline dalam menjalankan pekerjaannya.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian public relations, tujuan, tugas dan keahlian yang harus dimiliki oleh seorang public relations. Semoga penjelasan yang telah kami tulis melalui postingan ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar