--> Skip to main content
Menu

Pengertian Yandex Fungsi dan Layanan Yang Diberikan

Selain google, yahoo, dan bing yang kita kenal sebagai search engine, ada juga search engine lain yang dapat digunakan untuk mencari informasi di internet yaitu Yandex. Nah, apa seperti apa itu Yandex? Bagi kamu yang belum tahu, maka bisa menyimak penjelasan yang kami tulis di sini tentang pengertian yandex, fungsi, dan fitur-fiturnya.

Pengertian Yandex

Pengertian Yandex

Pengertian yandex adalah sebuah perusahaan berbasis teknologi yang berasal dari Negara Rusia yang menyediakan layanan mesin pencari atau search engine seperti halnya Google, Yahoo, dan Bing. Yandex merupakan mesin pencari yang dapat membuat para penggunanya bisa mengakses pencarian sesuai dengan keyword atau kata kunci yang diketikkan.

Yandex ini mempunyai cara kerja yang dapat memberikan hasil pencarian relevan dan bermanfaat bagi para penggunanya sembari meningkatkan berbagai macam algoritma yang berteknologi tinggi untuk lebih memaksimalkan hasil pencariannya agar menjadi lebih baik. Tidak hanya itu saja, Yandex juga terlibat dalam urusan yang berhubungan dengan internet dan teknologi yang kemampuannya seperti Google.

Fungsi Yandex

Yandex sebagai perusahaan teknologi mempunyai berbagai layanan yang berfungsi untuk memudahkan pengguna, seperti sebagai mesin pencari, kecerdasan buatan, bahkan sebagai analytic, dimana dibangunnya semua itu bertujuan untuk membantu para penggunanya dalam berselancar di internet.

Maka dari itulah, fungsi Yandex sebagian besar seperti halnya search engine pada umumnya. Dimana penggunanya cukup mengetikkan kata kunci pencarian kemudian menekan enter. Setelah itu, akan tampil beberapa referensi informasi yang relevan atau sesuai dengan apa yang dicari.

Selain itu di Yandex terdapat juga fitur pencarian gambar, video dan hasil pencarian lain seperti halnya yang terdapat pada Google. Hal menarik yang terdapat pada Yandex yaitu menyediakan sebuah tombol yang dapat digunakan untuk mencari informasi di mesin pencari Google atau Bing jika merasa kurang puas dengan hasil pencarian yang ditampilkan di Yandex. Tujuan utama Yandex adalah membantu para penggunanya agar bisa menikmati internet secara efisien, khususnya bagi warga Rusia yang menjadi tempat asal Yandex. Namun, Yandex juga dapat digunakan di berbagai Negara secara Internasional.

Layanan Yang Terdapat Pada Yandex

Sebagai mesin pencari, tentunya Yandex mempunyai berbagai macam layanan yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. Tiap-tiap layanan Yandex mempunyai fungsi tersendiri yang bisa digunakan untuk tujuan tertentu. Adapun beberapa layanan yang terdapat pada Yandex yaitu sebagai berikut:

  • Yandex.Browser: Selain sebagai mesin pencari, Yandex juga telah meluncurkan browser atau peramban web sendiri, yang bernama Yandex Browser. Fungsi Yandex Browser seperti halnya Chrome milik Google.
  • Yandex.Images: Sebuah layanan pencarian gambar yang dapat digunakan dengan menggunakan keyword atau juga bisa dengan menggunakan sebuah gambar.
  • Yandex.Video: Sebuah layanan yang dapat memungkinkan penggunanya bisa mencari video maupun film tertentu.
  • Yandex.Mail: Sebuah layanan e-mail yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang tidak terhingga. Yandex.Mail ini mirip seperti Gmail milik Google.
  • Yandex.Translate: Layanan terjemahan teks secara online seperti halnya google translate.
  • Yandex.Connect: Sebuah layanan B2B untuk konektivitas di jaringan.
  • Yandex.DNS: Sebuah layanan DNS publik secara gratis yang dapat dinikmati oleh penggunanya.
  • Yandex Disk: Sebuah layanan penyimpanan cloud yang dimiliki oleh Yandex layaknya Google Drive milik Google.
  • Yandex.Money: Sebuah layanan digital yang dapat memungkinkan penggunanya bisa melakukan pembayaran elektronik ke berbagai vendor maupun ke pengguna lain.
  • Yandex.Taxi: Sebuah layanan yang dapat menjadi penghubung antara pengguna dengan perusahaan jasa taksi yang ada di Rusia.

Demikian penjelasan tentang pengertian yandex, fungsi dan fitur-fiturnya, semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.