--> Skip to main content
Menu

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Mempunyai tubuh yang sehat tentu menjadi keinginan setiap orang. Hanya saja untuk bisa mendapatkannya harus bisa melakukan kebiasaaan hidup sehat setiap hari secara konsisten. Sebenarnya cara untuk menjaga kesehatan tubuh tidaklah begitu sulit, karena kamu dapat mengikuti Tips kesehatan yang akan kami bagikan dalam postingan ini.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Terdapat beberapa tips yang perlu kamu perhatikan dan perlu kamu terapkan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Adapun beberapa tips tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

Mengonsumsi makanan yang sehat dan rutin berolahraga

Kesehatan tubuh dapat dipengaruhi oleh makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Oleh karena itu, agar kesehatanmu terjaga makanlah makanan yang mengandung karbohidrat (nasi merah, roti gandum, quinoa, dan oat), lemak sehat (kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, ikan air tawar dan ikan laut), vitamin dan mineral (brokoli, asparagus, kembang kol, kale, jamur, mentimun, lobak, kubis, terong, paprika, wortel, dan labu), protein (daging tanpa lemak, telur, susu, dan produk olahan susu). Penting juga untuk mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, apel, anggur, blueberry, mangga, lemon, nanas, , pir, stroberi, pisang, dan yang lainnya.

Selain itu untuk menjaga kesehatan juga harus diimbangi dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga selain baik untuk kesehatan juga dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit seperti osteoporosis, radang sendi, diabetes, stroke, kanker, hipertensi, hingga depresi. Usahakan untuk melakukan olahraga secara rutin selama 20 sampai 30 menit setiap hari.

Tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol

Berhenti merokok dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal tersebut karena kebiasaan merokok dapat menyebabkan terjadinya berbagai penyakit seperti penyakit pernapasan, kanker, dan kardiovaskular. Untuk dapat berhenti merokok caranya melakukan aktivitas yang bisa mengalihkan ingatan pada rokok misalnya dengan berolahraga secara rtuin, menerapkan pola makan yang sehat, membersihkan rumah, menjalankan suatu hobi tertentu. Selain dengan tidak merokok, juga harus bisa menghentikan kebiasaan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Minum beralkohol dapat membuat tubuh menjadi mudah terinfeksi bakteri maupun virus sehingga bisa membuat kesehatan menjadi menurun. Selain itu alkohol juga dapat memicu beragam penyakit seperti penyakit ginjal, kanker dan hati.

Cukupi waktu untuk beristirahat

Mencukupi waktu tidur setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal tersebut karena tidur dengan cukup dapat membuat tubuh menjadi segar, memperbaiki sel-sel tubuh, meningkatkan suasan hati, dan mempertajam ingatan. Waktu tidur yang baik itu dilakukan antara 7 jam sampai 8 jam setiap hari.

Mengontrol Stres

Stres yang terjadi secara terus menerus dapat membuat imun tubuh menjadi lemah, sehingga dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Maka dari itulah sangat penting untuk mengontrol stres, agar kesehatan tubuh bisa lebih terjaga. Cara mengontrol stres bisa dengan berolahraga, meditasi, berbicara dengan orang terdekat yang bisa dipercaya, dan melakukan berbagai aktivitas yang positif lainnya.

Menjaga kebersihan diri dan Lingkungan sekitar

Menjaga kesehatan diri maupun lingkungan sekitar merupakan tips hidup sehat agar bisa terhindar dari berbagai kuman dan virus yang menjadi sumber penyakit. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan yaitu:

  • Mandi setiap hari sebanyak 2 kali sehari.
  • Rajin mencuci tangan terutama sebelum menyentuh atau menyiapkan makanan dan juga sesudah makan.
  • Mencuci peralatan makanan dengan bersih.
  • Memotong kuku.
  • Membersihkan rumah dan lingkungannya setiap hari.
  • Membuang sampah pada tempatnya.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan tubuh, semoga beberapa tips di atas dapat bermanfaat bagi kamu.