--> Skip to main content
Menu

Pengertian Business Software dan Jenisnya

Viral News - Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak yang mengimplementasikan kegiatan keseharaiannya dengan teknologi, salah satunya dalam kegiatan bisnis. Dalam operasional sebuah bisnis, dari pada menggunakan cara yang manual maka akan lebih mudah dan menguntungkan jika menggunakan business software. Nah apa itu business software? Bagi anda yang belum tahu silahkan simak penjelasan tentang pengertian business software dan jenisnya berikut ini:

Pengertian Business Software dan Jenisnya

Pengertian Business Software

Business software adalah sebuah perangkat lunak yang didesain dan dirancang secara khusus untuk membantu memudahkan kegiatan operasional bisnis. Seperti yang telah diketahui, bahwa saat ini ada berbagai aspek yang perlu ditangani dengan baik agar bisnis dapat berjalan lancar, sebagai ccontoh kebutuhan dalam mengolah data invoice, perpajakan, memahmi perilaku pelanggan, dan masih banyak yang lainnya. Beberapa hal tersebut tentu dapat diselesaikan dengan mudah berkat adanya perangkat lunak yang dikenal dengan istilah business software.

Perangkat lunak yang diimplementasikan tentu harus sesuai dengan skala bisnis yang dijalankan. Jika bisnis yang dijalankan semakin besar, maka akan software yang dibutuhkan akan semakin kompleks dan mutakhir. Hal tersebut karena, data bisnis akan terus mengalami perkembangan dan akan menjadi semakin banyak. Sehingga dalam hal ini peran business software yang sesuai dan memadai kebutuhan sangat diperlukan.

Jenis-jenis Business software

Terdapat beberapa jenis business software yang sering digunakan dalam menjalankan kegiatan operasional bisnis. Adapun beberapa jenis-jenis software tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Software akuntansi

Software akuntansi merupakan jenis business software yang dapat memudahkan dalam mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan dalam bisnis seperti mengelola utang piutang, invoice dan lain-lain. Dengan menggunakan software akuntansi, maka pekerjaan seorang akuntan akan menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Software CRM

Software CRM (Customer Relationship Management) adalah business software yang dapat membantu memaksimalkan penjualan dengan memahami perilaku konsumen. Sistem dalam software ini dapat membaca kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen melalui interaksi dengan para konsumen. Dengan demikian, menggunakan software CRM ini akan bisa mendapatkan insight yang lebih baik tentang apa yang diperlukan konsumen.

3. Software Payroll

Software Payroll adalah business software yang memudahkan dalam mengelola proses penggajian. Selain itu, dengan software payroll pengelolaan hal yang berhubungan dengan human resource juga menjadi lebih praktis dan cepat.

4. Software ERP

Softare ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan business software yang membantu dalam mengelola kegiatan harian, seperti pengadaan barang, proses produksi dan lain-lain. Dengan software ini, maka pekerjaan bisnis menjadi lebih terfasilitasi juga bisa mendapatkan informasi yang terkait dengan tepat. Dengan demikian maka perusahaan bisa membuat keputusan terkait bisnis dengan cepat karna data yang ada bisa lebih terorganisir dengan jelas.

5. Software pajak

Software pajak merupakan business software yang membantu memudahkan dalam mengurus perpajakan. Dengan software ini maka kewajiban pajak bisnis akan bisa teratur secara baik dan terperinci melalui sistem sehingga bisa terhindar dari pelanggaran pajak.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuis tentang Pengertian Business Software dan Jenisnya, semoga dapat bermanfaat.