--> Skip to main content
Menu

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak yang Tepat

Sebaga seorang warga Negara yang bait sudah semestinya kita patuh dan taat dalam urusan membayar pajak. Hal itu karena, dengan membayar pajak, maka kita akan ikut berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan perekonomian di Negara Indonesia. Dalam hal pemenuhan kewajiban pajak, terdapat beberapa hal yang perlu anda pahami, dari mulai proses pendaftarannya, perhitungannya dan cara melakukan pembayaran, hingga pelaporan dan juga dokuen yang dipperlukan. Akan tetapi, apabila anda tidak mempunyai banyak waktu luang dan kurang begitu paham, maka ada baiknya anda bisa memanfaatkan bantuan jasa konsultan pajak seperti konsultan pajak subang.

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak yang Tepat

Konsultan pajak merupakan sesorang yang dapat memberikan jasa konsultasi terkait perpajakan kepada WP (Wajib Pajak) dalam rangka untuk melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai peraturan perpajakan yang berlaku. Adapun untuk peran dari konsultan pajak adalah memberikan konsultasi perpajakan , membantu dalam mengurus adminsitrasi perpajakan, membantu dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak, dan memberikan atensi kepada wajib pajak dalam memperoleh keadilan. Namun, sebelum anda menggunakan bantuan dari jasa konsultan pajak, ada baiknya anda tahu beberapa tips dalam memilih konsultan pajak yang tepat.

Tips Memilih Konsultan Pajak yang Tepat

Adapun beberapa tips yang perlu kamu pahami dalam memilih konsultan pajak yang tepat adalah sebagai berikut ini:

Kenali jenis jasa perpajakan yang anda butuhkan

Hal yang perlu anda lakukan sebagai wajib pajak dalam memilih jasa konsultan pajak yang tepat yaitu mengenali jenis jasa perpajakan yang sedang anda dibutuhkan. Setelah tahu jenis jasa perpajakan yang memang anda butuhakan, barulah mencari konsultan pajak yang mempunyai sertifikat konsultan pajak yang sesuai dengan jenis jasa sedang anda butuhkan.

Apabila konsultan pajak mempunyai sertifikat tingkat A, maka dapat memberikan jasa perpajakan kepada wajib pajak orang pribadi (WP OP) dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan, kecuali kepada wajib pajak yang domisilinya berada di Negara yang memiliki persetujuan penghindaran terhadap pajak berganda dengan Negara Indonesia. Kemudian, apabila konsultan pajak mempunyai sertifikat tingkat B, maka dapat memberikan jasa perpajakan kepada wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan dalam melaksankan hak dan kewajiban perpajakan kecuali untuk wajib pajak PMA (Penanaman Modal Asing), BUT (Bentuk Usaha Tetap) dan WAjib pajak yang domisilinya berada di Negara yang memiliki persetujuan penghindaran terhadap pajak berganda dengan Negara Indonesia. Lalu, apabila konsultan pajak mempunyai sertifikat tingkat C, maka dapat memberikan jasa perpajakan kepada wajib pajak orang pribadi (WP OP) dan wajib pajak badan dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan di lingkup perpajakan internasional.

Pastikan sudah mempunyai izin praktik

Sebaiknya sebagai wajib pajak anda memilih jasa konsultan pajak yang sudah mempunyai izin praktik konsultan dari pihak DJP. Dimana surat izin praktik ini dapat menjadi bukti bahwa konsultan pajak yang akan kamu pilih telah mempunyai izin seccara resmi dan telah terkualifikasi. Dengan memiliki izin praktik, itu dapat menunjukkan bahwa konsultan tersebut telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan sehingga bisa dipastikan memiliki kinerja yang profesionalisme dan lebih terjamin akuntabilitasnya.

Pilihlah konsultan yang sudah berpengalaman dan profesional

Pastikan anda memilih konsultan pajak yang berpengalaman dan profesional seperti konsultan pajak subang terbaik. Untuk memastikannya bisa anda lihat dari track record para klien yang pernah menggunakan jasanya. Perlu anda ketahui, bahwa konsultan pajak yang akuntabel itu tidak menyarankan kepada kliennya melakukan penggelapan pajak atau melakukan suatu hal yang dapat melanggar perundangan perpajakan.

Cari tahu berapa tarif konsultan pajak

Ada baiknya sebelum anda menggunakan jasa konsultan pajak anda perlu tahu dulu berapa tarifnya. Hal ini merupakan hal yang penting karena ada pula konsultan pajak yang mematok tarifmnya berdasarkan hitungan jam kerja tetapi ada pula yang mematok berdasarkan atas penyelesaian kerja.

Pilihlah konsultan pajak yang bisa menjadi partner

Mungkin banyak diantara anda yang mencari konsultan pajak hanya sebagai seorang yang dipekerjakan dan dalam pikirannya hanya terima beres atas semua hasil kerjanya. Akan tetapi ada baiknya, anda memilih konsultan pajak yang tepat dengan memandangnya sebagai partner yang bisa membantu anda. Sehingga, nantinya hubungan anda dengan sang konsultan bisa menjadi lebih terbuka dan timbul kepercayaan yang lebih untuk mendukung potensi kesuksesan perusahaan anda.

Demikian penjelasan tentang beberapa tips memilih konsultan pajak yang tepat semoga informasi di atas dapat bermanfaat.