--> Skip to main content
Menu

Pengertian Colocation Server dan Keuntungan Menggunakannya

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, bisnis mempunyai banyak kebutuhan baru. Salah satunya adalah kebutuhan server yang keberadaannya sangat penting bagi perusahaan sebagai sarana untuk penunjang informasi. Nah, dalam hal ini Colocation Server termasuk yang paling banyak digunakan dalam bisnis.

Pengertian Colocation Server

Bagi kamu seorang IT, mungkin sudah familier dengan yang istilah hosting. Istilah tersebut tentu ada kaitannya dengan penggunaan server, termasuk Colocation Server. Lantas, apa itu Colocation Server? Nah, pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang pengertian Colocation Server, Keuntungan menggunakannya hingga rekomendasi provider layanan Colocation Server.

Pengertian Colocation Server

Colocation Server merupakan jenis layanan dalam bentuk lokasi khusus yang dapat digunakan untuk hosting dan hosting berbagai server data center. Dengan kata lain Colocation server adalah sebuah layanan dimana kamu bisa menyimpan server yang kamu miliki di data center yang sudah disediakan oleh provider. Penyimpanan dan pemantauan dilakukan menggunakan infrastruktur dan standar keamanan yang tinggi, baik itu secara fisik maupun non fisik.

Keuntungan Menggunakan Colocation Server

Adapun beberapa keuntungan menggunakan Colocation Server diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Skalabilitas

Colocation Server dapat memungkinkan kamu meningkatkan fasilitas dan infrastruktur server kamu sesuai dengan kebutuhan. Website bisnis pengembangannya terus berkembang, sehingga memerlukan penggunaan sistem dan fasilitas yang tepat.

2. Reliabilitas

Layanan Colocation Server menggunakan teknologi yang tepat guna sehingga performa server lebih terjamin. Disebut sebagai generator, stabilizer, baterai cadangan. Dengan demikian, maka risiko dari berbagai gangguan arus bisa terhindarkan.

3. Fasilitas

Layanan Colocation Server menyediakan fasilitas untuk mendukung kinerja server yang ideal. Dengan fasilitas instalasi yang diantaranya seperti climate control system, cooler, dan lain-lain. Untuk perlindungannya, biasanya server dipasangi dengan CCTV detekdor kebakaran, dan alat pemadam.

4. Efisiensi

Layanan Colocation Server bisa menghemat energy dan biaya. Kamu tidak perlu membeli berbagai perangkat seperti pendingin, fire detector, rak dari tim management server. Hal itu karena penyedia layanan pusat data sudah punya semuanya.

5. Performa

Collocation Server menawarkan keunggulan dalam hal kecepatan, up-time, dan kinerja yang tinggi. Apalagi pada layanan ini tersedia dengan tingkat bandwidth yang sangat besar untuk memenuhi seluruh kebutuhan server.

6. Keamanan

Colocation server merupakan layanan yang sangat aman yang sudah terjamin keamanan fisik dan non-fisiknya. Penyedia layanan dapat memberikan perlindungan terhadap server kamu 24 jam tanpa ada gangguan. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir dengan beragam jenis serangan seperti virus maupun pencurian data.

Rekomendasi Provider Layanan Colocation Server

Salah satu provider colocation server yang menawarkan layanan dengan arga yang murah adalah antmediahost.com. Provider ini menyediakan 3 pilihan data center yang dapat kamu sewa sesuai dengan kebutuhanmu. Adapun 3 data center tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. AREA31

AREA31 layanan data center yang berada di Cimanggis, AREA31 merupakanTIER III Hyperscale Data Center dan Teleport Facilitise, dengan mengusung konsep military bungker. Data center AREA31 sangat ideal digunakan untuk lokasi penyimpanan server produksi maupun data recovery center. Data center ini menerapkan 8 High-Security layer yang menawarkan tingkat keamanan yang sangat tinggi untuk kebutuhan infrastrukturmu.

2. Technovillage

Data center Technovillage berada di wilayah Cimanggis, Jawa Barat. Technovillage merupakan merupakan data center yang sangat ideal digunakan untuk lokasi penyimpanan server produksi maupun data recovery center. Data center ini memiliki fasilitas bisnis yang terintegrasi dengan Green Data Center Tier-3, ruang perkantoran dengan grade A dan pusat bisnis full service.

3. Gedung Cyber

Gedung Cyber ini berada di Jakarta Selatan. Gedung Cyber merupakan salah satu data center yang telah bersertifikat internasional RATED 3 data center dan diterbitkan oleh TIA-942. Pada layanan data center ini, kamu dapat menikmati bandwitdh indonesia yang besar dan kencang disertai dengan dukungan data berkualitas RATED 3.

Demikian penjelasan tentang pengertian colocation server dan keuntungan menggunakannya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.