--> Skip to main content
Menu

Pengertian Website Pendidikan, Tujuan dan Manfaatnya

Jika dulu untuk bisa mendapatkan informasi pendidikan seperti informasi pendaftaran sekolah, informasi beasiswa, dan lain-lain kita harus datang ke tempatnya secara langsung. Akan tetapi, kini segala informasi tersebut bisa kita dapatkan dengan mudah melalui website pendidikan. Keberadaan website pendidikan ini tentu tidak terlepas dari peran penting jasa pembuat website seperti Serindit Creatives. Lalu, seperti apa sih website pendidikan itu? Apa tujuan dan manfaatnya? Berikut penjelasannya.

Pengertian Website Pendidikan

Pengertian Website Pendidikan

Website pendidikan adalah sebuah website yang memiliki peran sebagai media informasi dari suatu lembaga pendidikan. Umumnya setiap lembaga pendidikan seperti sekolah memiliki website tersendiri, dari mulai strutur tertinggi seperti Kemdikbud hingga strukter terbawah seperti sekolah. Website pendidikan umumnya memiliki beberapa fitur beberapa diantaranya seperti profil sekolah, kalender akademik, konsultasi belajar dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat pula fitur pendukung seperti e-learning, pendaftaran siswa baru secara online, raport online dan lain sebagainya.

Tujuan Website Pendidikan

Tujuan dari website pendidikan adalah untuk menyebarkan informasi seputar pendidikan secara luas kepada para siswa, calon siswa hingga masyarakat luas. Itulah kenapa isi atau konten dari website pendidikan harus terupdate. Sehingga, pengunjung website dapat mengetahui informasi terbaru tentang lembaga pendidikan tersebut secara online.

Manfaat Website Pendidikan

Setelah tahu seperti apa pengertian website pendidikan dan tujuannya, lantas apa manfaatnya? Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat website pendidikan baik dari sisi pelajar maupun pemilik websitenya.

1. Sebagai Media Informasi

Menyampaikan informasi secara online, memang lebih cepat dibanding secara offline. Apalagi kini hampir setiap orang sudah mempunyai smartphone yang memudahkan dalam mengakses informasi apapun secara online.

Website pendidikan hadir untuk memberikan berbagai informasi seputar pendidikan. Jadi siapapun yang mengunjungi website tinggal mengakses informasi apa yang ingin dicari misalnya informasi pendaftaran, informasi beasiswa, informasi jurusan, dan lain-lain.

2. Media untuk Penerimaan Siswa Baru

Sekarang ini proses penerimaan siswa baru tidak perlu datang langsung ke sekolah, karena proses tersebut bisa dilakukan secara online melalui website. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi calon siswa yang lokasinya jauh atau yang berasal dari luar kota.

Karena proses penerimaan siswa baru dilakukan secara online, maka calon pendaftar dapat mengakses kapan pun dan dimanapun asal terkoneksi dengna internet. Coba bayangkan apabila calon siswa alamatnya jauh dari sekolah atau di luar kota tentu membutuhkan waktu berjam-jam untuk ke sekolah hanya untuk mendaftar. Namun, berkat adanya website pendidikan, maka proses pendaftaran menjadi lebih mudah.

3. Sebagai Media Pembelajaran

Melalui website pendidikan, guru dapat membagikan materi pembelajaran dan juga tugas kepada para siswanya. Sehingga, siswa bisa mengunduh materi yang ada di website tersebut dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya.

4. Dapat Meningkatkan Reputasi Lembaga Pendidikan

Website pendidikan dapat meningkatkan reputasi lembaga pendidikan karena informasi tentang prestasi siswa yang berhasil diraih bisa ditampilkan di website. Dengan demikian informasi tersebut akan bisa dilihat oleh masyarakat secara luas dan tentunya mereka yang melihatnya akan berantusias untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut dengan harapan memperoleh pengajaran terbaik.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Website Pendidikan, Tujuan Dan Manfaatnya, semoga penjelasan yang kami tulis di atas dapat bermanfaat.