Pengertian Kerja Sama

Pengertian Kerja Sama - Manusia adalah makhluk sosial, itu artinya manusia tidak bisa hidup sendiri namun harus hidup berdampingan dengan manusia yang lain. Hal itu dikarenakan manusia setiap saat memerlukan bantuan dari orang lain dalam menjalani kehidupannya. Salah satu contoh apabila ingin menggapai suatu tujuan tertentu manusia akan saling kerja sama untuk mencapai tujuan yang ingin diraihnya tersebut. Kerja sama dapat dilakukan dengan orang yang berada di lingkungan yang ada di sekitarnya. Sebagai contoh orang-orang yang berada di lingkungan sekolah, lingkungan perusahaan, dan lingkungan masyarakat mereka saling bekerja sama. Kerja sama tentunya dapat terbentuk karena adanya suatu kepentingan yang samma salah satunya kepentingan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang apa itu kerja sama. Mungkin diantara kalian ada yang belum tahu apa yang dimaksud kerja sama bisa membaca artikel berikut ini.
Kerja sama yaitu

Pengertian Kerja Sama

Pengertian Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama merupakan interaksi yang paling penting karena pada hakikatnya manusia tidaklah bisa hidup sendiri tanpa orang lain sehingga ia senantiasa membutuhkan orang lain. Kerja sama dapat berlangsung manakala individu-individu yang bersangkutan memiliki kepentingan yang sama dan memiliki kesadaran untuk bekerja sama guna mencapai kepentingan mereka tersebut.

Dalam sebuah lembaga ataupun perusahaan biasanya kerja sama tim telah menjadi suatu kebutuhan untuk mewujudkan keberhasilan dalam mencapai tujuannya. Kerja sama tim bisa menjadi sebuah dorongan sebagai energi ataupun motivasi bagi setiap individu yang tergabung dalam tim kerja tersebut. Apabila kerja sama tim bisa berjalan baik, maka kelancaran dalam komunikasi dan rasa tanggung jawab setiap individu dalamm tim akan dapat terbentuk.

Cara Membina Kerjasama

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membina kerjasama agar bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai apa yang diharapkan.

- Tentukan tujuannya
Dengan adanya tujuan yang jelas, maka kerjasama dapat berjalan dengan baik, lancar dan teratur sesuai apa yang diharapkan.

- Siapkan profil
Apabila anda tergabung dengan sebuah kerja sama tim, maka anda perlu menggali materi-materi mengenai diri anda dan gali juga latar belakang diri anda, termasuk juga hal-hal apa saja yang menari dari diri anda.

- Buat kesan positif
Buat kesan positif atau kesan baik ketika anda memulai kerja sama dengan suatu tim dan pertahankan terus.

- Hargai setiap pendapat dan kebiasaan rekan kerja
Dalam sebuah tim kerja sama setiap individu tentunya mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda terutama dalam memberikan pendapat. Jadi  pada saat melakukan kerjasama kita harus menghormati dan menghargai setiap pendapat dari anggota yang lain, hal itu agar kerjasama yang dilakukan bisa berjalan secara harmonis dan baik.

- Tunjukan antusiasme
Tunjukan antusiasme anda kalau memang senang dapat bekerja sama dan mengenal orang-orang yang ada di lembaga/ organisasi tersebut, lakukan hal sepeerti itu secara tulus.

- Tawarkan bantuan
Apabila kamu memang merasa sanggup jangan sungkan untuk menawarkan bantuan kepada orang lain saat melakukan kerjasama.

- Selalu fokus pada kualitas
Anda membuat jaringan kerja sama yang banyak dengan siapapun itu boleh-boleh saja, namun perlu di ingat utamakan kualitas jangan kuantitas, terutama dalam kualitas kerja.

Bentuk-bentuk Kerjasama

Adapun bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat adalah sebagai berikut:
  1. Bargaining yaitu perjanjian mengenai pertukaran barang-barang dan jasa antarindividu maupun antar kelompok. Dalam arti yang lebih luas, bargaining adalah nilai awar. Bargaining dilakukan agar proses kerja sama dapat memberi keuntungan secara adil bagi kedua belah pihak.
  2. Kooptasi yaitu proses penerimaan unsu-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi, sebagai salah satu cara untuk menghindari terjadinya kegoncangan atupun kekacauan dalam stabilitas organisasi yang bersngkutan.
  3. koalisi yaitu gabungan atau kombinasi dua kelompok atau lebih yang memiliki tujuan sama dan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut. Contoh dalam kehidupan nyata yaitu dua atau lebih partai politik berkoalisi untuk mengajukan seorang calon kepala daerah.
  4. Joint Venture, yaitu bentuk kerja sama yang dilakukan oleh dua orang/ perusahaan dalam melaksanakan suatu pekerjaan/ proyek.
  5. Atas dasar kerukunan adlah kerjasama yang didasari adanya kerukunan sesama makhluk manusia, kerjasama atas dasar kerukunan biasanya tidaka akan mengharapkan upah/ imbalan. Misalnya dalam hal bergotong royong membangun fasilitas umum, kerja bakti kebersihan lingkungan dan yang lainnya.

Manfaat kerja sama

Terdapat bebrapa manfaat yang dapat kita peroleh dalam menjalin kerjasama, berikut ini adalah manfaat kerja sama.

1. Kerja sama dapat mempererat ikatan persaudaraan
Kerja sama dalam sebuah tim kerja dapat membuat setiap individu saling berinteraksi dan saling membantu dalam menyelesaikan persoalan yang ada untuk mencapai sesuatu yang dituju. Dengan begitu maka dapat terjalin komunikasi yang baik dimana hal seperti itu bisa menambah rasa persaudaraan.

2. Kerja sama dapat menumbuhkan semangat persatuan
Dengan bekerja sama maka bisa menumbuhkan rasa semangat persatuan setiap individu yang tergabung dalam tim kerja. Agar setiap kegiatan dalam kelompok kerjasama bisa berjalan secara baik maka harus menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.

3. Kerja sama membuat Pekerjaan lebih cepat terselesaikan
Dengan menjalin kerja sama maka sesulit apapun masalah yang ada akan bisa cepat terselesaika. Sebab tidak hanya mengandalkan satu orang saja dalam menyelesaikan masalah, namun banyak orang yang bersatu, saling mendukung antara satu dengan yang lain. Dengan begitu maka pekerjaan akan cepat terselesaikan dan cepat mendapatkan hasil.

4. Dengan kerja sama pekerjaan terasa lebih ringan
Dengan bekerja sama pekerjaan yang terasa sulit akan menjadi lebih ringan dan mudah untuk diselesaikan. Hal itu karena dikerjakan oleh banyak orang yang saling memberi dukungan atara satu dengan yang lain.

Contoh kerjasama

Seperti yang telah dijelaskan diats bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, dan membutuhkan orang lain dalam menjalani hidupnya jadi bisa dikatakan kalau manusia membutuhkan kerja sama dalam menjalani kehidupannya. Berikut ini adalah contoh kerja sama yang ada dalam lingkungan sekitar kita
  • Di rumah, bekerja sama dalam membersihkan rumah bersama keluarga.
  • Di sekolah, bekerja sama menjalankan piket kebersihan kelas.
  • Di lingkungan masyarakat, kerja bakti membersihkan lingkungan agar menjadi bersih serta bebas dari segala macam penyakit.

Demikian yang dimaksud Pengertian Kerja Sama semoga bermanfaat.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru

Artikel Terkait