Pengertian Komunikasi

Pengertian KomunikasiKomunikasi adalah/ Komunikasi yaitu/ Komunikasi merupakan/ yang dimaksud Komunikasi/ arti Komunikasi/ definisi Komunikasi.
Komunikasi yaitu

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak lain. Komunikasi awalnya bergantung pada penunjang transportasi jalan antarkota, antarprovinsi, antarnegara, bahkan sampai benua. Seiring berjalannya waktu komunikasi dapat terhubung melalui jarak jauh menggunakan berbagai alat dan teknologi, seperti telegraf (1844), telepon (1867), gelombang radio elektromagnetik (1889), radio komersial (1906), televisi broadcast (1931), kemudian berkembang melalui televisi sehingga dunia menjadi lebih kecil karena setiap orang dapat mengetahui, menyampaikan, dan mendapatkan informasi tentang yang terjadi di bagian lain dunia ini.
Dalam telekomunikasi informasi disampaikan melalui sinyal. Sinyal adalah suatu isyarat untuk melanjutkan atau meneruskan suatu kegiatan. Sinyal biasanya berbentuk tanda-tanda, lampu-lampu, suara-suara, dan sebagainya. Misalnya dalam kereta api, sinyal berarti pertanda untuk melanjutkan atau meneruskan perjalanan ke tempat/ stasiun berikutnya dan biasanya sinyal tersebut dikirim oleh stasiun yang terkait. Sinyal telekomunikasi terbagi menjadi dua, yaitu sinyal digital dan sinyal analog.
Sinyal digital merupakan hasil teknologi yang dapat mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (juga dengan biner) sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, proses informasinya pun mudah, cepat dan akurat. Transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkauan pengiriman data yang relatif dekat. Sinyal analog merupakan sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinu (continuous varying). Gelombang pada sinyal analog umumnya berbentuk gelombang sinus yang memiliki tiga variabel dasar, yaitu amplitudo, frekuensi, dan false.
Itulah penjelasan yang bisa saya bagikan tentang yang dimaksud komunikasi, semoga bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait