Pengertian Karet Alam

Pengertian karet alam - Karet alam di Indonesia merupakan salah satu hasil pertanian yang terkemuka sebab banyak menunjang bagi perekonomian Indonesia. Dalam bidang Industri karet alam merupakan bahan baku yang cukup penting sekarang ini. Sudah tahukah kamu apa itu karet alam? Seperti apa yang kamu ketahui tentang apa pengertian karet alam? Mungkin diantara teman-teman ada yang telah mengetahui tentang apa yang dimaksud karet alam, namun ada juga yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan karet alam. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi kepada anda tentang definisi karet alam. Nah dalam penjelasan tentang karet alam ini, kami juga akan menjelaskan tentang sifat sifat karet alam, ciri ciri bahan karet alam, dan kegunaan karet alam. Berikut ini adalah penjelasannya, silahkan dipahami dengan baik.
Pengertian karet alam

Pengertian Karet Alam

Poliisoprena atau yang sering disebut karet alam yaitu polimer adisi alam yang paling penting. Karet disadap dari pohon karet dalam bentuk suspensi di dalam air yang dibuat lateks. Karet alam yang berasal dari getah karet tersusun atas monomer isoprena Karet alam bersifat lunak, lekat, dan mudah dioksidasi. Penggunaan karet alam diperlukan proses vulkanisasi terlebih dahulu, yaitu dengan cara dipanaskan pada suhu 150 derajat selsius bersama sedikit belerang. Vulkanisasi bertujuan untuk dapat membuka ikatan rangkap pada karet. Hasil vulkanisasi getah karet ini, kemudian digunakan sebagai bahan baku ban.

Karet alam adalah elastomer yang pada mulanya berawal dari lateks yang berbentuk seperti susu yang ditemukan dalam getah sebuah tanaman.

Bentuk yang telah dimurnikan dari karet alam yaitu polyisoprene kimia, yang secara sintesis juga bisa diproduksi. Secara luas karet alam telah digunakan dalam bermacam-macam aplikasi dan juga produk, seperti halnya dengan karet sintetik. Karet alam merupakan sebuah polimer yang ideal untuk aplikasi teknik dinamis atau sintesis dalam pemakian sehari-hari.

Sifat sifat Karet Alam

Mungkin anda pernah menjumpai pertanyaan jelaskan sifat sifat karet alami yang kamu ketahui? Inilah jawabannya:
  • Tahan pada suhu yang rendah.
  • Bisa menempel pada logam.
  • Mempunyai ketahanan robek dan gesek yang tinggi.
  • Mudah untuk diproses dan diproduksi.
  • Kekerasan bisa diatur dari yang sangat lembut hingga yang sangat keras atau ebonit.
  • Penampilan serta warna yang bisa diatur berkisar dari tembus pandang hingga ke yang hitam pekat.
  • Kemampuan untuk melakukan isolasi listrik atau yang sifatnya konduktif.
  • Meredam atau menyerap getaran serta suara.

Dalam beberapa kondisi yang diharapkan produk karet alam memerlukan beberapa bagian pengisi yang lain seperti karbon black, aditif-aditif yang lain seperti aging dan juga filter lainnya yang tujuannya yaitu untuk menambah kekerasan serta sifat-sifat yang khusus lainnya.

Ciri ciri Bahan Karet Alam

Karet alam mempunyai daya elastisitas yang baik, tidak mudah habis karena gesekan (tidak mudah aus), mudah untuk diolah, serta tidak mudah panas. Sifat dari bahan karet alam yaitu mempunyai daya tahan yang cukup tinggi terhadap keretakan, tanpa hentakan secara berulang, dan daya lengket yang tinggi terhadap bermacam-macam bahan.

Kegunaan Karet Alam

Karet alam tidak bisa dibandingkan dengan banyak karet sintesis dalam hal ketahanan ketahanan terhadap sinar matahari atau panas, minyak pelarut, ozon serta oksigen. Namun karet alam bisa dipengaruhi secara baik dalam beberapa kegunaan atau aplikasi sebagai berikut.
  • Selang karet.
  • Karet seal dan karet gasket.
  • Karet anti getar/ karet anti vibrasi.
  • karet untuk komponen atau peralatan listrik.
  • Karpet lantai karet.
  • Wheel Chock.

Itulah yang dapat saya jelaskan tentang apa Pengertian Karet Alam. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini bisa menambah pengetahuan kita.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru

Artikel Terkait