Pengertian Prosa fiksi

Pengertian Prosa fiksi – Apa sih Prosa fiksi itu? Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan pengertian prosa fiksi. Istilah prosa fiksi atau yang disebut karya fiksi, juga biasa diistilahkan sebagai prosa cerita, cerita berplot, prosa narasi, ataupun narasi. Prosa fiksi adalah prosa yang berupa cerita rekaan atau khayalan/ imajinasi pengarangnya. Isi cerita tidak sepenuhnya berdasarkan pada fakta. Prosa fiksi disebut juga karangan narasi sugestif/ imajinatif.  Jadi pengertian prosa fiksi yaitu cerita atau kisah yang diemban tokoh-tokoh tertentu dengan pemeran latar serta rangkaian dan tahapan cerita tertentu yang bertolak dari hasil khayalan atau imajinasi pengarangnya sehingga bisa menjalin sebuah cerita. Rumusan yang dipaparkan dalam prosa fiksi adalah rumusan dalam artian konvensional sebab sebuah prosa fiksi justru seringkali tidak berplot atau anti cerita. Pada bentuk prosa fiksi yang non konvensional tersebut, umumnya tujuan pengarang hanya ingin menampilkan gagasan secara aktual melalui karya prosa yang diperlihatkannya. Untuk dapat memahaminya, pembaca perlu mempunyai bekal ilmu humanitas terutama pada filsafat dan psikologi.

Prosa fiksi sebagai salah satu genre sastra mengandung unsur-unsur yang meliputi: narator atau pengarang, isi penciptaan, media penyampai isi yang berupa bahasa, unsur-unsur intrinsik atau elemen-elemen nonf fiksional yang menyusun prosa fiksi itu sendiri sehingga tercipta suatu wacana. Di sisi lain, di dalam memaarkan isi, pengarang memaparkan melalui: komentar atau penjelasan, dialog atau monolog, dan melalui action.
Prosa fiksi yaitu

Prosa fiksi dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis memiliki karakteristik berbeda-beda. Secara umum, jenis prosa fiksi dibedakan menjadi 4 yaitu cerpen, novel, roman, dan dongeng. Pada dasarnya perbedaan berbagai macam bentuk dalam prosa fiksi tersebut terletak pada kadar panjang pendeknya isi cerita, jumlah pelaku yang mendukung cerita itu sendiri, serta kompleksitas isi cerita. Namun, elemen-elemen yang terkandung dalam setiap bentuk prosa fiksi maupun cara pengarang memaparkan isi cerita mempunyai kesamaan walaupun dalam unsur-usnur tertentu terdapat perbedaan. Karena itulah hasil, hasil dari telaah sebuah roman, seperti pemahaman maupun ketermpilan melalui telaah tersebut, bisa juga diterapkan dengan baik dalam rangka menelaah cerpen maupun novel.

Demikian penjelasan dari kami tentang Pengertian prosa fiksi, semoga bermanfaat penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait