--> Skip to main content
Menu

Pengertian Asas Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

Pengertian asas tata kelola pemerintahan yang baik – Seperti apakah asas tata kelola pemerintahan yang baik? Tahukah kamu apakah yang dimaksud asas tata kelola pemerintahan yang baik itu? Dalam pengelolaan lingkungan hidup ada banyak asas yang mendukungnya salah satunya yaitu asas tata kelola pemerintahan yang baik. Bagi kamu yang belum tahu atau sudah tahu tetapi lupa tentang apa itu asas tata kelola pemerintahan yang baik. Maka di sini kamu bisa menyimak penjelasan dari kami tentang apa yang dimaksud asas tata kelola pemerintahan yang baik. Langsung saja silahkan baca penjelasannya di bawah ini sampai selesai tentang apa yang dimaksud asas tata kelola pemerintah yang baik dan contoh asas tata kelola pemerintahan yang baik.
Pengertian Asas Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

Pengertian Asas Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

Asas tata kelola pemerintahan yang baik adalah bahwa pemerintahan memberikan suatu perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dijiwai oleh prinsip partisipasi, transparasi, akuntabilitas, efisiensi, dan keadilan. Dengan begitu maka tata kelola pemerintahan akan menjadi lebih baik dan teratur (Menurut pasal 2 huruf m UUPPLH-2009).

Asas tata kelola pemerintahan yang baik merupakan salah satu isu sentral yang akhir-akhir ini menjadi wacana dalam penyelenggaraan pemerintah. Yang pada intinya konsep asas tata kelola pemerintahan yang baik menghendaki penyelenggaraan tata permintaan yang efisien serta efektif. Tuntutan tersebut gencar dilakukan oleh para masyarakat sejalan dengan semakin meningkatnya tingkat pendidikan dan pengetahuan masyarakat, serta adanya pengaruh dari globalisasi.

Contoh Asas Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

  • Ketanggapan atas kebutuhan stakehoder.
  • Kesetaraan untuk berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan.
  • Kemampuan dalam memediasi perbedaan diantara stakeholder untuk mencapai consensus bersama.

Itulah pengertian asas tata kelola pemerintahan yang baik. Semgoa tulisan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan penjelasan yang bermanfaat untuk anda.