--> Skip to main content
Menu

Pengertian Campuran Homogen, Ciri-ciri, Contoh dan Jenisnya

Pengertian campuran homogen – Campuran merupakan suatu zat yang terbentuk dari berbagai jenis zat baik itu dari zat padat, cair, maupun gas. Tentunya sifat yang terdapat pada beberapa zat pembentuknya masih ada. Pada kehidupan sehari-hari, campuran dibedakan menjadi 2 jenis yaitu campuran homogen dan heterogen. Nah kali ini yang akan kami ulas yaitu tentang apa itu campuran homogen, untuk yang campuran heterogen akan kami bahas di lain waktu. Sudah tahu kah kamu dengan apa yang dimaksud campuran homogen? Pastinya ada beberapa di antara kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan campuran homogen. Untuk itulah kami di sini akan menjelaskan seperti apakah campuran homogen itu, agar kamu yang belum tahu bisa tahu seperti apa arti dari campuran homogen. Di sini selain kami jelaskan tentang definisi campuran homogen, juga kami berikan penjelasan tentang ciri ciri campuran homogen, contoh campuran homogen, jenis jenis campuran homogen.

Pengertian Campuran Homogen

Pengertian Campuran Homogen

Campuran homogen adalah campuran dua zat atau lebih yang sudah tidak dapat terlihat lagi bidang batas antara zat-zat yang dicampurkannya atau serbasama, bidang batas tersebut tidak dapat terlihat bahkan dengan bantuan mikroskop sekalipun. Atau pengertian campuran homogen yaitu sebuah campuran yang terdiri atas dua atau lebih bahan dalam fase yang sama. Campuran homogen merupakan campuran yang terjadi antara 2 zat atau lebih dengan partikel-partikel penyusun yang sulit atau tidak bisa dibedakan.

Gula yang dilarutkan ke dalam air akan larut secara sempurna dan merata pada setiap bagian air sehingga gula tidak terlihat lagi wujudnya. Campuran yang seperti ini disebut campuran homogen. Pada campuran homogen, zat-zat yang menyusun tidak dapat diamati secara langsung. Contoh campuran homogen yang lainnya adalah sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit, udara (campuran gas-gas), dan air garam.

Campuran homogen juga dapat disebut dengan nama lain, yaitu larutan. Sebagai contoh air laut merupakan campuran homogen antara air dengan berbagai macam garam. Udara merupakan campuran homogen dari berbagai macam gas termasuk nitrogen dan oksigen. Air gula merupakan homogen antara air dan gula. Logam kuningan merupakan campuran homogen antara tembaga dan seng.

Ciri ciri Campuran Homogen

Jelaskan ciri ciri campuran homogen? ciri ciri dari campuran homogen adalah sebagai berikut ini:

  • Partikel penyusun antara satu dengan yang lainnya tidak bisa dibedakan.
  • Mempunyai rasa yang sama.
  • Mempunyai warna yang sama rata.
  • Mempunyai tingkat konsentrasi yang sama.
  • Zat yang tercampur mempunyai perbandingan yang sama.
  • Wujudnya bisa berupa padatan, gas dan cairan.
  • Campuran tidak bisa dipisahkan melalui cara mekanis, namun bisa dipisahkan dengan cara yang lebih sulit, contohnya yaitu distilasi.

Contoh Campuran Homogen

Apa saja contoh campuran homogen dalam kehidupan sehari-hari? Contoh campuran homogen yaitu sebagai berikut ini:

  • Larutan air dan gula pada minuman softdrink.
  • Air garam (air laut mempunyai kadar garam).
  • CO2 yang ada pada air (air terkarbonisasi)
  • CO (Karbon Monoksida) yang ada di udara
  • Uap air yang ada di udara
  • Campuran tembaga, perak, dan emas yaitu emas putih.
  • Campuran antara seng dan tembaga yaitu kuningan.

Jenis jenis Campuran Homogen

Macam macam campuran homogen beserta contoh jenis campuran homogen adalah sebagai berikut:

Adapun jenis-jenis campuran homogen

Gas dalam Gas

Setiap gas dapat dilarutkan dalam gas-gas yang lain dan juga dapat melarutkan gas-gas yang lain. Contoh udara merupakan campuran gas yang terdiri atas 21% oksigen, 78% nitrogen, dan 1% karbon dioksida, uap air, helium, argon, neon, dan gas-gas lainnya.

Gas dalam Zat Cair

Gas yang tercampur dengan zat cair dapat membentuk larutan. Contoh gas karbon dioksida yang larut dalam minuman bersoda.

Gas dalam Zat Padat

Berbagai jenis gas dapat larut dalam zat padat membentuk larutan. Contoh larutan gas hidrogen dalam logam paladium.

Zat Cair dalam Zat Cair

Secara umum, zat cair dapat saling larut dan melarutkan zat cair lainnya dan membentuk larutan. Contoh alkohol dalam air dan cuka dalam air. Akan tetapi, ada zat cair yang tidak larut dalam zat cair lainnya, misalnya minyak dalam air.

Zat Padat dalam Zat Cair

Larutan zat padat dalam zat cair merupakan contoh larutan yang paling banyak dikenal, diantaranya larutan gula dan larutan garam.

Zat Padat dalam Zat Padat

Campuran homogen tidak selalu dalam wujud cair, seperti larutan gula, atau dalam wujud gas seperti udara, campuran juga dapat berwujud padat, misalnya campuran yang berasal dari logam dengan logam atau dikenal dengan paduan logam atau aloi.

Itulah apa yang dapat kami jelaskan tentang apa itu pengertian campuran homogen. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat bagi anda.