Pengertian Campuran homogen

Pengertian Campuran homogenCampuran homogen adalah/ Campuran homogen yaitu/ Campuran homogen merupakan/ yang dimaksud Campuran homogen/ arti Campuran homogen/ definisi Campuran homogen.
Pengertian Campuran homogen

Campuran homogen adalah campuran dua zat atau lebih yang sudah tidak dapat terlihat lagi bidang batas antara zat-zat yang dicampurkannya atau serbasama, bidang batas tersebut tidak dapat terlihat bahkan dengan bantuan mikroskop sekalipun.
Gula yang dilarutkan ke dalam air akan larut secara sempurna dan merata pada setiap bagian air sehingga gula tidak terlihat lagi wujudnya. Campuran yang seperti ini disebut campuran homogen. Pada campuran homogen, zat-zat yang menyusun tidak dapat diamati secara langsung. Contoh campuran homogen yang lainnya adalah sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit, udara (campuran gas-gas), dan air garam.
Campuran homogen juga dapat disebut dengan nama lain, yaitu larutan. Sebagai contoh air laut merupakan campuran homogen antara air dengan berbagai macam garam. Udara merupakan campuran homogen dari berbagai macam gas termasuk nitrogen dan oksigen. Air gula merupakan homogen antara air dan gula. Logam kuningan merupakan campuran homogen antara tembaga dan seng.
Adapun jenis-jenis campuran homogen
- Gas dalam Gas
Setiap gas dapat dilarutkan dalam gas-gas yang lain dan juga dapat melarutkan gas-gas yang lain. Contoh udara merupakan campuran gas yang terdiri atas 21% oksigen, 78% nitrogen, dan 1% karbon dioksida, uap air, helium, argon, neon, dan gas-gas lainnya.
- Gas dalam Zat Cair
Gas yang tercampur dengan zat cair dapat membentuk larutan. Contoh gas karbon dioksida yang larut dalam minuman bersoda.
- Gas dalam Zat Padat
Berbagai jenis gas dapat larut dalam zat padat membentuk larutan. Contoh larutan gas hidrogen dalam logam paladium.
- Zat Cair dalam Zat cair
Secara umum, zat cair dapat saling larut dan melarutkan zat cair lainnya dan membentuk larutan. Contoh alkohol dalam air dan cuka dalam air. Akan tetapi, ada zat cair yang tidak larut dalam zat cair lainnya, misalnya minyak dalam air.
- Zat Padat dalam Zat cair
Larutan zat padat dalam zat cair merupakan contoh larutan yang paling banyak dikenal, diantaranya larutan gula dan larutan garam.
- Zat Padat dalam Zat Padat
Campuran homogen tidak selalu dalam wujud cair, seperti larutan gula, atau dalam wujud gas seperti udara, campuran juga dapat berwujud padat, misalnya campuran yang berasal dari logam dengan logam atau dikenal dengan paduan logam atau aloi
Itulah apa yang dapat kami jelaskan tentang apa yang dimaksud Campuran homogen, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda.

Artikel Terkait